banner iklan

10 Barang Terlaris Untuk Dropshipping Tahun 2024

Sindhu Partomo
Ilustrasi Aset

Daftar Isi


Pengertian Dropshipping

Dropshipping adalah teknik pemasaran barang tanpa memiliki stok barang apapun. Caranya adalah dengan memilih barang yang paling banyak dicari orang, lalu “menjual”-nya lewat postingan di internet, baik media sosial atau aplikasi serta situs marketplace.

Prinsip utama dropship sebenarnya adalah sistem pre-order. Artinya, kita menerima pesanan (order) dari pembeli, dan menerima pembayaran lebih dulu. Lalu, kamu sebagai penjual akan memesan barang “jualan” kamu dari pihak vendor, dan dikirimkan ke pembeli. Kamu lalu bisa mengambil sedikit keuntungan dari harga jual yang ada.

Keunggulan Dropshipping

1. Modal

Menjadi dropshipper tidak memerlukan modal banyak. Kamu hanya perlu menyediakan waktu, koneksi internet, dan mencari informasi vendor-vendor terpercaya untuk barang yang ingin kamu jual. Ada tiga hal penting yang harus jadi modal kamu untuk memulai dropshipping, yaitu:

A. Pilih barang yang banyak dicari pembeli

Jangan memulai usaha kalau belum punya pelanggan! Cari tahu barang apa saja yang paling banyak dicari di pasaran, supaya kamu tidak kehabisan order.

B. Pelajari cara promosi di media sosial

Di era TikTok, IG Live dan short videos ini, media sosial bukan cuma jadi alat promosi paling efektif, tapi bahkan juga gratis. Kamu wajib melakukan promosi di media sosial kalau ingin sukses seperti dropshipper lainnya.

C. Pilih vendor berkualitas

Meski bergelar dropshipper, bukan berarti pembeli tidak akan menyalahkan kamu atas kualitas barang yang buruk, lho. Karena itu, jangan sampai kamu salah memilih vendor. Pilihlah yang reputasinya baik, kualitas produksinya bagus, dan tepat waktu dalam memenuhi order.

2. Risiko

Walaupun kamu tetap menanggung risiko reputasi, tapi risiko menjadi dropshipper jauh lebih kecil daripada menjadi reseller. Karena, saat menjadi reseller kamu harus memiliki modal dalam jumlah yang signifikan untuk membeli barang. Apalagi kalau kamu harus memikirkan risiko saat pengiriman barang, bila barang rusak atau kedaluwarsa.

3. Waktu Fleksibel

Kamu yang memilih usaha dropshipping bisa mengatur sendiri waktu kerja, dan bisa bekerja dari mana saja. Kamu bahkan bisa memilih libur di hari kerja atau bekerja di hari libur bila ingin pendapatan lebih, misalnya.

10 Barang Terlaris Untuk Dropshipping

Jadi, apa saja barang-barang yang banyak dicari konsumen dari dropshipper? Berdasarkan tren Google, 10 barang paling banyak dicari di Indonesia tahun 2024 adalah:

  1. Baju
  2. Sepatu
  3. Bunga
  4. Aksesoris handphone
  5. Buku catatan custom
  6. Jam tangan
  7. Speaker bluetooth
  8. Lampu hias
  9. Vape/pod kit
  10. TWS/wireless earbuds

Bagaimana, tertarik untuk memulai bisnis dropshipping di tahun 2024 ini? Kalau kamu mau mempelajari tips dan trik bisnis, akuntansi, atau seputar software bisnis ERP, klik di sini.

Ukirama ERP memudahkan ratusan perusahaan mengelola bisnis setiap hari

Jadwalkan Demo

Sindhu Partomo
Sindhu Partomo

Seorang penulis dengan fokus pada Branding dan Digital Marketing

You Might Also Like