10 Bisnis Baru yang hadir di masa pandemi covid-19

10_bisnis_baru_yang_hadir_di_masa_pandemi_covid-19

Sejak kasus COVID-19 mewabah dan diberlakukannya kebijakan pembatasan sosial, bisnis tatap muka seperti restoran, ritel, EO, dan masih banyak lainnya mau tidak mau harus menghadapi waktu-waktu kritis. Meski tidak dapat diprediksi kapan kondisi akan pulih kembali seperti semula, tetapi ini telah menjadi pengalaman belajar yang luar biasa terutama bagi para wirausahawan.Hal ini dikarenakan kondisi masyarakat yang harus menjalani gaya hidup baru “new normal” yang berbeda dengan gaya hidup sebelumnya memicu adanya kebutuhan baru dan beberapa niche market baru. Wirausahawan yang inovatif, kreatif, dan berani mengambil resiko tentu saja akan memanfaatkan momen tersebut karena bisa menjadi peluang bisnis potensial. Apa saja peluang bisnis itu? Berikut adalah 10 bisnis baru yang telah hadir di masa pandemi COVID-19.

Agensi pemasaran digital

Seperti yang telah kita ketahui, banyak bisnis yang berbondong-bondong bertransformasi ke ranah daring/ online semenjak pandemi COVID-19. Hal ini mengingat mereka tidak memiliki pilihan lain akibat jarak sosial yang memang sangat berdampak pada penurunan efisiensi pemasaran dan tingkat penjualan offline secara signifikan. Tetapi tidak bisa dipungkiri bahwa berkutat di ranah online yang memiliki jangkauan sangat luas dimana tidak terbatas tempat dan waktu tidaklah semudah yang diharapkan. Dan, ternyata masih banyak para pelaku usaha yang tidak punya waktu untuk melakukannya atau bahkan tidak memiliki keahlian dibidang tersebut secara terperinci sehingga membutuhkan bantuan oleh profesional.Jika Anda memiliki keahlian itu, sekarang adalah waktu yang tepat untuk meluncurkan bisnis pemasaran digital. Anda bisa menawarkan jasa strategi konten, manajemen media sosial, SEO, pembuatan website, desain grafis, konsultasi digital marketing, dan banyak lagi.

Kelas kebugaran virtual

Sektor kebugaran adalah salah satu diantara banyak yang menghadapi guncangan besar karena pembatasan aktivitas masyarakat di seluruh dunia. Pada saat yang sama, pandemi COVID-19 telah membuat sadar banyak orang untuk mempertahankan gaya hidup sehat dan meningkatkan kekebalan tubuhnya dengan berusaha untuk tetap bugar. Jika Anda telah berkecimpung di industri kebugaran ataupun memiliki latar belakang pendidikan jasmani, kinesiologi, nutrisi, atau ilmu olahraga. Maka Anda bisa menawarkan layanan kebugaran jarak jauh dengan menerjemahkannya ke dalam kelas virtual. Anda bisa merekam video latihan aktivitas kebugaran untuk kemudian bisa diakses oleh konsumen. Bisa juga dengan mengadakan kelas live streaming melalui aplikasi video conference seperti Zoom Meetings yang mana cara ini belakangan menjadi sangat populer. Tawarkan berbagai tingkat keterampilan untuk menjangkau semua kalangan. Baik itu para penggemar kebugaran hingga mereka yang baru ingin memulainya dari dasar.

Kelas kuliner virtual

Orang suka makan dan minum dan banyak yang selalu mencari kreasi menu-menu yang unik untuk dicoba. Jika Anda memiliki latar belakang kuliner atau hanya menguasainya sebagai hobi, pertimbangkan untuk berbagi keahlian Anda dengan dunia. Mirip seperti peluang bisnis baru sebelumnya, kelas kuliner virtual ini bisa Anda mulai dari menawarkan kelas memasak online yang diajarkan melalui Zoom. Atau bisa juga dengan memfilmkannya untuk kemudian ditayangkan di media streaming video seperti YouTube. Saat bisnis berkembang, dimana orang-orang telah mulai merasa nyaman dengan pertemuan langsung Anda mungkin dapat mencoba membuka kelas fisik.

Content creator

Bisnis ini adalah bisnis yang bagus untuk dijalankan karena selama Anda memiliki komputer atau laptop, beberapa keahlian khusus dan koneksi internet, Anda dapat bekerja dari manapun meski itu jauh dari tempat klien. Karena banyaknya platform digital yang telah menjadi wadah berbagi informasi dan alat pemasaran. Maka perusahaan dan pemangku kepentingan lain tentu memerlukan konten yang dikemas secara apik untuk disajikan di platformnya. Dalam hal ini, Anda bisa menawarkan diri sebagai content creator atau pembuat konten yang membuat konten-konten digital. Seperti artikel blog, konten di YouTube, TikTok, Instagram atau bahkan menjadi penerjemah online hingga menulis resume. Ada banyak perusahaan diluar sana yang membutuhkan layanan ini.

Menjual mainan edukatif

Karena kebijakan sekolah daring yang kini masih diterapkan, anak-anak menghabiskan lebih banyak waktu di depan layar daripada sebelumnya. Tak jarang hal tersebut membuat anak-anak bosan. Disisi lain, para pengajar dan orang tua masih berusaha mencari alternatif untuk mencari solusi untuk memicu pemikiran analitis dan stimulasi kreatif kepada anak didik khususnya pada tingkat dasar dan balita. Kondisi ini menciptakan peluang bisnis baru yang cukup potensial. Yaitu Anda bisa membuat atau menjual kembali mainan edukasi baik fisik maupun digital. Dimana mainan tersebut nantinya dapat digunakan oleh orang tua mengajari anak-anaknya untuk belajar sambil bermain dan bersenang-senang. 

Tutor bimbel

Pembelajaran secara daring terkadang juga justru membuat orang tua kerepotan. Terlebih bagi orang tua yang memiliki keterbatasan dalam mengajarkan materi pelajaran sedangkan juga harus menyelesaikan pekerjaan rumah lainnya. Kondisi ini tak ayal membuat banyak orang tua memerlukan jasa tutor bimbingan belajar (bimbel). Sehingga bisnis tutor bimbel cukup menjanjikan di masa pandemi seperti sekarang ini. Adapun tutor bimbel ini dapat dilakukan dengan kunjungan langsung ke rumah dengan tetap menerapkan protokol kesehatan maupun secara daring.

Jasa virtual event organizer

Meskipun tidak bisa berkumpul, para pebisnis, instansi, organisasi, dll tetap bisa menyelenggarakan suatu acara dengan melakukan webinar secara virtual. Akan tetapi, mereka mungkin tidak punya waktu untuk merencanakan dan mengkoordinasikan acara virtual unik mereka sendiri, terlebih jika acara tersebut berskala besar. Jasa virtual EO (event organizer) lah solusi praktisnya.Jika Anda memiliki kemampuan dalam bidang ini Anda dapat menawarkan untuk membantu merencanakan dan membuat jadwal acara virtual agar dapat terealisasikan dan berjalan dengan lancar. Baik Anda menawarkan menjadi MC, moderator, maupun menyediakan dan menangani semua kebutuhan event virtual seperti, membuat server, menyiapkan peralatan untuk event webinar dan keperluan lainnya.

Reseller & marketer online

Sebelum pandemi pun transaksi belanja online terus mengalami peningkatan setiap tahunnya. Apalagi saat pandemi ketika belanja secara offline dibatasi, orang-orang pun akan lebih sering berbelanja secara online. Jika Anda memiliki kepekaan yang sangat baik untuk trend produk masa kini dan teknik penjualan yang luar biasa, maka memulai bisnis reseller online bisa menjadi panggilan Anda. Anda dapat membuat kesepakatan terlebih dahulu dengan salah satu toko yang akan menjadi mitra Anda. Kemudian membeli produk yang menjanjikan darinya kemudian menjualnya kembali dan mengambil untung dari perbedaan harga beli dengan harga jual. Atau bisa juga dengan menjadi marketer yang membantu memasarkan produk mitra kepada pembeli dan mengambil komisi untuk Anda sendiri.

Berjualan masker dan produk-produk kesehatan

Masker adalah alat pelindung kesehatan yang paling menonjol di tengah pandemi. Permintaan masker di pasar akan terus ada karena sudah menjadi sebuah protokol kesehatan yang wajib ditaati oleh setiap orang. Peluang ini dapat Anda manfaatkan pula. Anda bisa memproduksinya sendiri ataupun membelinya dari pemasok dengan harga miring untuk kemudian dijual kembali. Selain masker, produk-produk kesehatan lainnya juga tidak boleh Anda kesampingkan. Yaitu seperti produk sabun pencuci tangan, hand sanitizer juga multivitamin bahkan madu, jamu, dll.

Bisnis tanaman hias

Satu lagi bisnis baru yang hadir di masa pandemi COVID-19 adalah bisnis tanaman hias. Bisnis tanaman hias sebenarnya bukanlah bisnis baru, karena peminat tumbuhan hias selalu ada dan tidak pernah sepi. Lalu, dikarenakan pembatasan sosial yang tidak jarang membuat orang merasa stress akibat merasa terkurung di dalam rumah, maka banyak orang yang memilih untuk bertani/ berkebun merawat tanaman hias sebagai media healing.Demikian 10 bisnis baru yang hadir di masa pandemi COVID-19 dan bisa Anda coba. Semoga dengan adanya informasi tersebut dapat membantu Anda dalam merintis bisnis baru dan tetap produktif di masa pandemi.


You Might Also Like