10 Manfaat ERP Untuk Sistem Peternakan Ayam

Sindhu Partomo
Ilustrasi Peternakan Ayam

Daftar Isi


Apa Itu Sistem ERP?

Software ERP atau Enterprise Resource Planning merupakan sistem terpadu yang digunakan oleh perusahaan untuk mengintegrasikan atau menghubungkan proses proses yang ada serta merencanakan kebutuhan sumber daya dari perusahaan. Sistem ERP bertugas membantu perusahaan dalam mengelola operasional seperti penjualan, pembelian, produksi, keuangan, rantai pasok (supply chain), bisa juga sampai manajemen proyek dan sumber daya manusia. Tapi, apa saja manfaat ERP untuk sistem peternakan, misalnya peternakan ayam?

10 Manfaat ERP Untuk Sistem Peternakan Ayam

Sistem perencanaan sumber daya perusahaan (ERP), dalam konteks peternakan ayam, memberikan berbagai manfaat bagi perusahaan tersebut. Berikut adalah beberapa manfaat kunci dari penerapan software ERP dalam industri peternakan ayam:

1. Mengelola Stok

ERP membantu dalam pengelolaan persediaan pakan, obat-obatan, dan perlengkapan lainnya dengan lebih efisien. ERP juga mengotomatisasi pemantauan persediaan, dan membantu menghindari kekurangan atau kelebihan stok.

2. Perencanaan Produksi

ERP dapat membantu merencanakan produksi ayam secara lebih efektif berdasarkan permintaan pasar, musim, dan faktor-faktor lainnya. Proses produksi pun jadi lebih optimal dan efisien.

3. Mengelola Keuangan

ERP memberikan visibilitas yang lebih baik terhadap aspek keuangan perusahaan, termasuk biaya produksi, pengeluaran operasional, dan penerimaan. ERP juga membantu dalam menyusun laporan keuangan secara akurat, karena proses pembukuan manual jauh berkurang.

4. Melacak Kesehatan Ternak

ERP juga bisa dipakai untuk mencatat dan melacak kesehatan ternak, dan membantu mencegah penyebaran penyakit lewat data. Misalnya, gudang/kandang mana yang terjangkit penyakit, akan langsung terlihat.

5. Optimasi Rute Distribusi

Jika perusahaan terlibat dalam distribusi produknya, ERP dapat membantu merencanakan rute distribusi yang paling efisien. Data ternak yang rusak dan hilang saat pengiriman terpantau setiap waktu, sehingga pengiriman lebih optimal dan bisa mengurangi biaya logistik.

6. Pemantauan Kinerja Produksi

ERP memberikan pemantauan real-time terhadap kinerja produksi. Analisis data produksi bisa membantu identifikasi area-area perbaikan dan meningkatkan produktivitas.

7. Kepatuhan Regulasi

Sistem ERP dapat membantu perusahaan peternakan ayam mematuhi regulasi pemerintah dan standar industri. Sistem bisa memastikan bahwa semua proses dan praktik diikuti sesuai dengan pedoman yang berlaku.

8. Pelacakan Jejak Produk

ERP memungkinkan kita melacak perjalanan produk dari awal hingga akhir proses produksi. Ini penting untuk kualitas dan keamanan produk dari ternak, serta kepatuhan terhadap standar keamanan pangan.

9. Pengelolaan Rantai Pasokan

ERP memberi visibilitas penuh terhadap supply chain, mulai dari pemasok bahan baku hingga distribusi produk akhir. ERP meningkatkan koordinasi dan efisiensi dalam rantai pasokan.

10. Analisis Data, Pelaporan, dan Business Intelligence

ERP menyediakan alat analisis data dengan dasbor visual, yang bisa membantu manajemen dalam mengambil keputusan yang lebih baik. Laporan yang mudah diakses membantu pemahaman yang lebih baik tentang kinerja perusahaan dan kesehatan keuangan.

Implementasi software ERP di perusahaan peternakan ayam dapat menyederhanakan proses operasional, meningkatkan efisiensi, dan memberikan visibilitas yang lebih baik terhadap semua aspek bisnis.

Ingin tahu lebih jauh tentang akuntansi dan aplikasi ERP? Pelajari lebih dalam tentang akuntansi, ERP, dan Ukirama, di sini.

Ukirama ERP memudahkan ratusan perusahaan mengelola bisnis setiap hari

Jadwalkan Demo

Sindhu Partomo
Sindhu Partomo

Seorang penulis dengan fokus pada Branding dan Digital Marketing

You Might Also Like