10 Software Akuntansi Terbaik 2024 Beserta Harga

Aththaariq Rizki
10 Software akuntansi terbaik 2024 beserta harga

Daftar Isi


Kapan Kita Butuh Software Akuntansi?

Usaha apapun butuh pembukuan untuk keuangannya. Di tahun 2024, pengusaha-pengusaha dengan bisnis yang berkembang pastinya butuh software sebagai solusi efisien untuk mengurangi proses manual, misalnya perhitungan akuntansi menggunakan spreadsheet Excel.

Untuk perusahaan berskala relatif kecil dan hanya butuh pencatatan akuntansi, software akuntansi bisa mencukupi. Sementara, bisnis yang berskala lebih besar atau bergerak di industri spesifik akan membutuhkan fitur dan konfigurasi spesifik.

Berikut 10 rekomendasi software akuntansi untuk tahun 2024:

10 Software Akuntansi Terbaik 2024 Beserta Harga

1. Ukirama

Ukirama adalah penyedia software asal Indonesia yang menjawab berbagai kebutuhan bisnis mulai dari akuntansi, manufaktur, hingga payroll, sejak 2016. Ukirama sudah dipercaya untuk membantu 120+ perusahaan mengelola bisnis setiap hari dengan software enterprise resource planning (ERP) online.

Ukirama bukan cuma mengurangi 85% proses manual pembukuan akuntansi, tapi juga memungkinkan kamu mengakses laporan keuangan, laba rugi, sampai stok gudang secara real time, kapan saja dan dimana saja.

Ukirama menyediakan modul lengkap mulai dari business intelligence dashboard, akuntansi dan keuangan, manajemen inventory dan gudang, fitur proyek, reparasi, manufaktur, sampai payroll. Menariknya, Ukirama memberikan semua fitur ini beserta paket implementasi tanpa biaya tambahan. Kalau kamu mencari solusi software akuntansi untuk bisnis seperti itu, sebaiknya memilih penyedia software enterprise resource planning (ERP) yang punya tim support serta konsultan mumpuni, yang akan kita bahas juga di daftar ini. Untuk mempelajari perbandingan Ukirama vs software accounting, klik di sini.

2. Xero

Xero menyediakan beberapa paket langganan bulanan, termasuk Paket Premium mulai dari $54 per bulan. Xero mendukung berbagai fungsi dasar akuntansi, dan punya fitur tambahan yang cukup menarik seperti pelacakan progres untuk proyek.

Sebagai software akuntansi, Xero terbilang populer diantara pengusaha yang memiliki bisnis mulai dari skala kecil. Tentu saja, Xero memiliki keterbatasan dalam hal fitur untuk bisnis-bisnis yang butuh fungsi spesifik industri seperti manufaktur atau reparasi.

3. MYOB

MYOB adalah software akuntansi lain yang sudah lama ada, sejak 1991. MYOB berasal dari Australia, dan sempat menjadi perusahaan publik sebelum akhirnya dicabut dari lantai bursa pada tahun 2019.

Paket MYOB AccountRight Premier diberi banderol harga US$170 per bulan. Harga ini belum termasuk fitur-fitur ekstra yang harus dibeli terpisah dengan biaya tambahan. Kekurangan MYOB adalah softwarenya hanya bisa dijalankan di sistem operasi Windows.

4. Quickbooks

Quickbooks menyediakan solusi cloud maupun desktop untuk kebutuhan akuntansi. Quickbooks menjual paket enterprise terbaiknya dengan harga kurang lebih Rp69.000.000 per tahun untuk 40 akun pengguna.

5. Zoho Books

Zoho Books menawarkan paket tertingginya yang bernama Ultimate. Zoho Books Ultimate dipatok seharga US$2.400 per organisasi per tahun atau Rp37.000.000. Ini tidak termasuk biaya tambahan bila ingin jumlah user lebih dari 25 akun.

Zoho Books punya fitur feed bank otomatis, portal klien, akuntansi dan perpajakan, pembayaran online, template faktur, dan analisis laporan.

6. Accurate

Accurate adalah salah satu aplikasi akuntansi terpopuler di Indonesia. Accurate memberikan beberapa pilihan paket, baik online maupun offline (desktop). Accurate desktop dijual dengan harga Rp35.000.000 untuk 5 lisensi pengguna, dengan tambahan biaya Rp3.000.000 untuk setiap pengguna ekstra. Bila menggunakan Accurate desktop, kamu harus menyiapkan biaya dan tenaga untuk memelihara komputer server.

Accurate adalah salah satu pilihan software terpisah yang baik untuk fungsi akuntansi. Kekurangannya, Accurate tidak bisa dikonfigurasi atau dimodifikasi untuk menyesuaikan dengan kebutuhan bisnis yang lebih spesifik seperti manufaktur.

7. Mekari Jurnal

Mekari Jurnal (jurnal.id) juga adalah pilihan software akuntansi yang cukup populer untuk berbagai bisnis. Jurnal menawarkan solusi berbasis cloud, yang diberi harga Rp15.600.000 per tahun dan dibayarkan per tiga bulan untuk paket Enterprise.

Kekurangannya, biaya Mekari Jurnal ini belum termasuk ongkos tambahan apabila kamu mau menambah jumlah user, template invoice, fitur ekstra diluar akuntansi standar, dan juga integrasi dengan Point of Sales (POS). Selain itu, beberapa orang merasa bahwa tampilan software Jurnal terlalu rumit untuk pengguna/karyawan senior.

8. Oracle

Oracle menyediakan solusi akuntansi bisnis dengan software ERP nya, yang juga memiliki modul lengkap. Sebagai merek ERP yang bisa dibilang terbaik, Oracle cukup banyak digunakan oleh perusahaan berskala besar, yang biasanya tidak keberatan untuk merogoh kocek dalam-dalam, yaitu US$75.000 per tahun, belum termasuk biaya user tambahan dan berbagai biaya lainnya. Karena mengusung nama besar sebagai salah satu pionir software ERP, Oracle punya modul lengkap dan membutuhkan biaya relatif mahal untuk bisa diimplementasikan di perusahaan. Pelanggan yang menggunakan software dari Oracle pun banyak yang memiliki dan memasang perangkat server di gedung sendiri, atau biasa disebut on-premise. Ini artinya, pengguna Oracle tersebut perlu bersiap mengeluarkan biaya pemeliharaan server, biaya gedung dan tim IT tersendiri yang tidak kecil. Kelebihannya, Oracle menjanjikan tingkat keamanan lebih dan kualitas produk terbaik. Produk Oracle bisa jadi pilihan untuk perusahaan yang tidak khawatir dengan biaya, memiliki ruangan luas, dan tim IT yang cukup besar.

9. NetSuite

NetSuite juga adalah penyedia layanan software ERP, yang dibeli oleh Oracle pada tahun 2016. Bedanya, NetSuite hanya tersedia dalam versi cloud atau Software as a Service (SaaS), tidak seperti Oracle yang punya opsi on-premise. Membesut nama besar, NetSuite juga termasuk kategori produk yang tidak murah walau lebih terjangkau daripada Oracle. NetSuite bisa memakan biaya antara US$48.000-60.000 per tahun.

Hadir dengan fitur dan modul lengkap dari akuntansi, manufaktur, hingga berbagai modul lain yang bisa kamu bayangkan, layanan customer support untuk NetSuite relatif terbatas. Pelanggan NetSuite akan dikenakan biaya tambahan bila membutuhkan bantuan ekstra. Dalam software NetSuite juga agak sulit untuk membuat format laporan inventaris maupun keuangan secara custom. Walau begitu, NetSuite tetap menjadi salah satu pilihan terbaik dengan modul lengkap.

10. SAP

SAP sebagai software ERP, tentunya juga memiliki fitur akuntansi yang tidak diragukan lagi. Selain memiliki berbagai modul ERP, SAP juga menawarkan fitur unggulan yang memungkinkan integrasi software dengan e-commerce. Selain integrasi canggih, SAP punya kemudahan yang lebih di aspek data sharing antar-database. Di sisi lain, SAP punya kekurangan dalam aspek biaya yang relatif mahal, serta memerlukan user yang cukup ahli soal teknis.

SAP Business One menuntut kita untuk membayar hingga US$100.000 hanya untuk implementasinya saja, dan tidak termasuk biaya lisensi yang mencapai US$3.000+ untuk setiap user. Tidak jarang, perusahaan juga harus menggaji karyawan lebih tinggi untuk mengoperasikan SAP, karena memang sulit digunakan, sehingga kurang bersahabat untuk pemula. SAP bisa jadi pilihan untuk perusahaan besar yang butuh integrasi tinggi dan punya sumber daya manusia memadai.

Yang Perlu Diperhatikan

Kamu punya dua pilihan untuk software akuntansi: menjalankan sistem di komputer/servermu sendiri (on-premise), atau menjalankan sistem software tersebut di server milik vendor secara online (cloud). Kalau memilih on premise, kamu harus menyiapkan waktu, tenaga dan biaya untuk pemeliharaan server.

Berbeda dengan software cloud seperti Ukirama, dimana kamu tidak perlu memikirkan masalah server. Cukup dengan akses internet, kamu bisa mengelola bisnis dan mengakses laporan dari mana saja. Update pun dilakukan otomatis, tanpa harus memikirkan instalasi software baru.

Setelah itu, kamu juga harus mempertimbangkan apakah bisnismu akan membutuhkan fitur tambahan atau konfigurasi tertentu, yang sangat mungkin berujung pada biaya ekstra karena harus membeli modul, bahkan software baru yang terpisah. Dalam hal ini, solusi all-in-one dengan satu harga seperti Ukirama bisa jadi opsi menarik.

Masih mempertimbangkan antara software akuntansi atau ERP? Pelajari lebih lanjut di sini. Kalau kamu butuh software akuntansi yang terbaik untuk bisnis trading dan distributor, klik di sini.

Ukirama ERP memudahkan ratusan perusahaan mengelola bisnis setiap hari

Jadwalkan Demo

Aththaariq Rizki
Aththaariq Rizki

Saya seorang konsultan yang tertarik pada penulisan terkait software ERP, Data Analisis, dan Supply Chain Management

You Might Also Like