10 Strategi Bisnis Food & Beverage (Kuliner) Agar Customer Datang ke Toko Anda

10_strategi_bisnis_food_beverage__kuliner_agar_customer_datang_ke_toko_anda

Berbisnis erat kaitannya dengan customer. Tanpa adanya customer, maka dipastikan bisnis tidak akan bertahan alias gulung tikar. Untuk menghindari hal tersebut, maka dalam bisnis dikenal suatu strategi pemasaran untuk mendatangkan customer. Apa pun jenis bisnisnya, strategi ini harus ada dan dijalankan, termasuk dalam bisnis food and beverage.Bisnis Food and Beverage (F&B) adalah bisnis yang berhubungan dengan produk makanan dan minuman, seperti kedai kopi, bakery, fast food, cafe, food tenant, atau restoran. Bisnis jenis ini termasuk paling banyak digemari karena makanan dan minuman dianggap sebagai kebutuhan yang tidak pernah terganti. Menariknya, sekarang bisnis F&B berkembang melalui kreativitas dan inovasi. Perkembangan itu tak lain untuk mengundang customer agar mau datang ke toko dan bersedia untuk datang kembali di kemudian hari.Berkaitan dengan upaya mengundang customer, maka pengusaha F&B harus melakukan strategi-strategi khusus. Lantas, strategi apa yang dimaksud? Berikut 10 Strategi yang bisa dipakai untuk membuat customer datang ke toko F&B Anda:

  1. Buat Toko Terlihat Menarik dan Mendorong Rasa Penasaran

Keberadaan toko di pinggir jalan tidak akan mengundang customer datang jika tidak terlihat menarik. Apalagi jika disekitar toko Anda terdapat bisnis serupa. Oleh karena itu, desainlah eksterior toko agar berbeda dan berciri khas sesuai konsep F&B yang dijual.Demi mencapai hasil yang maksimal, tak ada salahnya menggunakan jasa konsultan arsitektur. Ilmu warna dan bentuk tentu lebih mereka pahami sehingga hasilnya terlihat tidak abal-abal. Selain itu, plang nama juga harus benar-benar dipikirkan dengan serius. Plang nama toko harus bisa terbaca jelas dan memberi efek ‘mengundang’. Hal ini juga berkaitan dengan sudut peletakannya yang harus mudah dibaca dari berbagai sudut.

  1. Foto Produk Secara Profesional

Jangan pernah meremehkan kekuatan foto. Dalam bisnis F&B, foto bahkan membawa peranan penting karena produk yang dipilih pasti yang memiliki gambar paling menggiurkan. Oleh karena itu, para pelaku bisnis F&B biasanya tak segan menggunakan jasa fotografer profesional. Biayanya tentu akan lebih mahal, namun akan sebanding dengan efek ketertarikan yang dilahirkan.

  1. Manfaatkan Media Sosial

Media sosial adalah media promosi yang sangat membantu. Apalagi untuk bisnis baru yang belum ada pelanggan, media sosial bisa menjadi penghubung antara toko dan customer. Gunakan media sosial yang Anda anggap paling efektif dan sesuai dengan target pasar produk. Pasalnya,setiap media sosial memiliki karakter pengguna aktif yang berbeda-beda. Namun untuk memasarkan melalui semua platform media sosial juga tidak ada salahnya karena customer bisa datang dari mana saja.

  1. Jalin Komunikasi dengan Calon Customer

Masih berkaitan dengan strategi pemakaian media sosial, Anda juga harus aktif menjalin dengan calon customer yang tak lain adalah follower di media sosial toko. Komunikasi ini tidak selalu soal balas-membalas komentar, melainkan rutin memposting informasi seputar toko dan produk. Ini merupakan bentuk komunikasi tak langsung karena sejatinya follower melihat dan membaca. Jangan segan pula untuk membalas pertanyaan agar terjalin keakraban. Rasa akrab di dunia maya ini pasti akan membuat calon customer mulai penasaran dan akhirnya datang ke toko.

  1. Menerapkan Strategi UGC

Pernahkan Anda melihat suatu akun media sosial yang memposting ulang (repost) apa yang orang lain posting di akunnya? Ini merupakan salah satu bentuk strategi UGC (User Generated Content). Menerapkan strategi UGC akan membuat calon customer semakin penasaran karena terlihat jelas ada customer lain yang sudah mencobanya. Bagi customer yang sudah mencoba, UGC juga akan membuatnya merasa dihargai dan membuka peluang untuk mereka bersedia datang kembali.

  1. Kerjasama dengan Influencer

Strategi bisnis F&B di era digital seperti sekarang memang sangat luas. Salah satunya melalui keberadaan influencer atau orang-orang yang berpengaruh di media sosial dengan banyak pengikut. Influencer yang khusus untuk F&B dikenal dengan nama food vlogger. Anda bisa memanfaatkan profesi mereka untuk melakukan review produk, baik dengan mengajaknya datang ke toko atau mengirimkan makanan gratis ke rumah.

  1. Daftarkan Toko di Aplikasi Transportasi Online

Keberadaan aplikasi transportasi online bukanlah suatu yang asing lagi. Hampir semua orang terutama di perkotaan pasti memilikinya. Oleh karena itu, jangan menyia-nyiakan peluang ini dengan mendaftarkan toko Anda di berbagai aplikasi tersebut. Hal ini penting untuk memudahkan pencarian ketika seseorang ingin datang ke toko. Selain itu, aplikasi ini juga memungkinkan seseorang untuk membeli produk makanan atau minuman melalui jasa pihak ketiga. 

  1. Daftarkan Toko pada Platform Layanan Pencarian F&B

Selain melalui aplikasi transportasi online, Anda juga bisa mengundang customer melalui platform layanan pencarian F&B, contoh yang sangat populer adalah Zomato. Melalui platform ini, Anda bisa lebih luas menjangkau customer. Pasalnya, banyak orang yang menjadikan platform seperti ini sebagai referensi untuk memilih tempat makan. Apalagi dengan adanya fitur ulasan dan skor, Anda bisa lebih mudah mengetahui apa yang menjadi kelebihan dan kekurangan produk, serta bagaimana keinginan customer. Selain itu bagi calon customer, fitur ulasan merupakan acuan untuk membuat sebuah purchasing decision.

  1. Lakukan Inovasi Secara Rutin

Makanan atau minuman adalah suatu produk yang bisa berkembang. Sebagai contoh, dulu kita hanya mengenal ayam goreng crispy. Tapi sekarang, populer ayam goreng crispy dengan aneka tingkatan pedas. Dulu produk minuman populer hanya es teh atau lemon tea. Kemudian masuk produk baru bernama green tea, hingga sekarang populer pula thai tea. Hal ini berarti Anda juga bisa turut melakukan inovasi pada produk-produk B&F yang dijual. Calon customer yang dulu belum tertarik, mungkin akan tertarik setelah ada produk baru yang ia suka. Begitupun dengan customer lama, mereka juga butuh inovasi agar tidak bosan dengan produk yang ada.

  1. Berikan Penawaran Menarik

Diskon, bonus, buy 1 get 2, atau apapun penawaran sejenis adalah cara promosi yang masih sangat diminati. Strategi ini terbilang ampuh dalam bisnis F&B untuk mengundang customer datang ke toko. Pasalnya, makanan dan minuman adalah sesuatu yang bisa dikonsumsi bersama-sama sehingga terasa menguntungkan jika mendapat potongan harga.Setelah mengetahui kesepuluh strategi di atas, Anda bisa langsung menerapkannya di toko F&B yang Anda jalankan. Dalam prakteknya tentu harus menyesuaikan pula dengan kondisi masing-masing bisnis, sehingga perlu juga dilakukan penyesuaian atau modifikasi.


You Might Also Like