10 Strategi Marketing Terbaik 2024

Sindhu Partomo
10 Strategi Pemasaran Terbaik 2024

Daftar Isi


Definisi Pemasaran atau Marketing

Dedengkot marketing, Philip Kotler, menggambarkan marketing sebagai seni dan ilmu yang membuat, menyelami, dan memberikan nilai manfaat untuk memenuhi kebutuhan dari target pasar, dengan mengambil keuntungan.

Kotler bahkan mengatakan bahwa kita harus sudah tahu dan memilih strategi marketing yang tepat, bahkan sebelum produknya sendiri dibuat. Mengapa pemasaran sangat penting?.

Pernahkah kamu datang ke restoran yang makanannya enak, tapi sepi pembeli? Itulah bukti bahwa produk yang bagus saja tidak cukup, karena produk tidak bisa menjual dirinya sendiri. Jadi, jelas kita perlu strategi pemasaran atau marketing. Apa saja strategi marketing yang efektif di 2024? Ini dia 10 diantaranya!

  • Content marketing
  • Social media marketing
  • Search engine optimization (SEO)
  • Email marketing dan newsletter
  • Influencer marketing
  • Media dan PR
  • Landing page
  • Iklan
  • Affiliate
  • Remarketing dan retargeting

1. Content marketing

Memasarkan barang di tahun 2024 harus membangun koneksi dengan calon customer, maupun customer yang sudah berlangganan produk kita. Kita tidak bisa langsung berjualan, tapi harus berkenalan dan mendapatkan kepercayaan calon customer dulu.

Karena itu, konten jadi penting. Lewat artikel, video, livestream, podcast dan webinar, calon customer yang potensial akan merasa relate dengan brand kita. Apa contohnya?

Kata kuncinya adalah: koneksi. Misalnya, ketika sebuah brand memposting hal-hal yang sedang jadi tren di antara generasi Z, lalu postingan tersebut meluncur viral dan mendapat jutaan view. Otomatis, brand perusahaan kita dikenal oleh target pasar Gen-Z, dan lebih besar kemungkinan bahwa informasi tentang produk kita akan bisa menembus pasar itu.

Donald “Don” Miller, CEO dari salah satu perusahaan marketing ternama, menyebut bahwa hal terpenting bagi hubungan antara kita dan konsumen adalah “cerita” yang intim, antara sang konsumen dan brand kita. Kalau kamu pernah lihat iklan dari perusahaan-perusahaan raksasa seperti Nike atau Coca-Cola, misalnya, jarang sekali mereka menjelaskan fitur dan keunggulan produk mereka, kan? Justru, perusahaan raksasa selalu mengarang cerita yang menggambarkan perasaan dan pengalaman dari customer mereka. Akhirnya, customer pun merasa “relate” dan merasa bahwa brand tersebut punya identitas yang pas dengan identitas pribadi mereka sendiri. Di titik inilah dorongan untuk melakukan pembelian mulai muncul.

Ada beberapa bentuk konten yang wajib dipakai untuk marketing di 2024:

  1. Tulisan berupa artikel atau blog
  2. E-book atau materi edukatif
  3. Infografis
  4. Video
  5. Siaran Podcast

2. Social Media Marketing

Sepertinya, kita semua sudah tidak asing dengan iklan, foto, video, hingga livestream yang memasarkan berjuta produk dan layanan di media sosial. Masih ingat hebohnya TikTok Shop dan Shopee Live yang menggemparkan netizen karena membuat pedagang tradisional jadi sepi? Marketing di media sosial sekarang ini sudah tidak terbatas pada postingan foto dan caption saja, tapi mulai melebar mulai dari video pendek (<1 menit), hingga bentuk ekstrem seperti livestreaming ratusan jam non-stop.

Media marketing yang satu ini bisa dibilang adalah arena yang paling terbuka untuk kreativitas kita dalam memasarkan produk. Dengan modal hampir nol, kita bisa mencoba membuat konten sesederhana apapun, asalkan bisa menarik perhatian audiens yang tepat dan akhirnya menaikkan traffic ke situs, marketplace, atau salesperson perusahaan kita.

3. Search Engine Optimization

Menurut data per Agustus 2023, Google memegang 91,85% pangsa pasar untuk pencarian semua kata kunci di internet. Artinya, 9 dari 10 customer perusahaan kamu yang aktif di internet, akan menemukan produk kamu lewat Google! Jadi, jangan sampai kita meremehkan pentingnya “berdandan” supaya dilirik oleh Google untuk ditaruh di halaman terdepan pencarian.

Berikut ini 10 hal yang paling memengaruhi hasil pencarian search engine dalam memunculkan situs perusahaan:

  1. Keamanan dan aksesibilitas situs
  2. Kecepatan loading situs (desktop dan mobile)
  3. Tampilan dan kecepatan situs mobile
  4. Usia domain/URL
  5. Domain authority (seberapa sering situs kita menjadi rujukan bagi orang lain)
  6. Konten dengan kata kunci dan panjang yang tepat
  7. Teknis: crawling, indexing, metadata
  8. Kualitas antarmuka, pengalaman UI/UX
  9. Link (backlink, outbound, internal)
  10. Skor di media sosial

4. Email dan Newsletter

Kalau kamu mengira email, milis dan newsletter sudah ketinggalan zaman di tahun 2024, kamu salah besar! Email tetap jadi alat utama dan salah satu yang paling efektif untuk memperkenalkan produk, terutama bila sudah punya target pasar yang spesifik. Inilah sebabnya email sangat populer di ranah pemasaran business to business (B2B).

Email marketing terdiri dari macam-macam bentuk dan fungsi, misalnya:

  • Newsletter: berisi informasi produk dan fitur baru, serta berita mengenai brand kita
  • Cold email: perkenalan singkat, dikirim kepada customer potensial yang belum pernah berkontak
  • Email promosi: berisi kupon diskon dan promosi lainnya
  • Follow-up: dikirim saat customer sudah mengunjungi situs kita tanpa melakukan pembelian
  • Survey: untuk mengetahui keinginan dan keluhan customer
  • Dan masih banyak lagi.

Ada banyak alat yang bisa kamu pakai untuk email marketing, seperti MailChimp, Braze, MailTrack, dan sebagainya.

5. Influencer Marketing

Menggunakan influencer atau Key Opinion Leader (KOL) masih akan jadi strategi marketing populer di tahun 2024. Masalahnya, dengan semakin banyak perusahaan yang memakai influencer, kompetisi untuk memperebutkan perhatian calon customer juga semakin keras.

Memilih influencer dan KOL yang sesuai dengan target pasar sangat penting, kalau tidak mau membuang uang percuma untuk membayar honor influencer. Jangan sampai perusahaan kamu mendapatkan engagement dengan angka-angka fantastis di internet, tapi gagal menjual produk karena marketing-nya tidak tepat sasaran.

Influencer adalah tokoh yang punya massa pendukung atau followers di media sosial, atau di tengah masyarakat secara umum. Taktik marketing memakai influencer bisa efektif kalau tokoh tersebut memang mewakili gaya hidup dan identitas dari kelompok target pasar kita.

Sementara, KOL adalah tokoh yang pendapatnya didengar oleh banyak orang, karena keahliannya di bidang tertentu. Misalnya, kalau kamu mau menjual pisau dapur, kamu bisa memakai jasa chef atau koki terkenal untuk mempromosikan produk kamu.

6. Media dan PR

Salah satu cara paling ampuh untuk menaikkan tingkat kepercayaan audiens terhadap brand dan produk kita, adalah dengan menaikkan nama kita di berbagai publikasi oleh media besar. Cara marketing ini bisa berbentuk artikel yang dimuat oleh kantor berita atau koran online, bisa juga lewat konferensi pers, webinar, dan cara-cara lain yang melibatkan jurnalis.

Marketing lewat media dan public relations (PR) bisa efektif, karena kita menitipkan nama brand dan produk kita di situs-situs media yang sudah punya tingkat otoritas tinggi. Otomatis, nama perusahaan dan produk kita akan muncul di posisi lebih tinggi saat dicari oleh calon customer lewat Google. Adanya backlink atau referensi dari website media besar juga akan menguntungkan bagi website perusahaan kita, karena akan dilihat oleh Google sebagai faktor yang meningkatkan tingkat kepercayaan domain (domain authority).

7. Landing Page

Landing page adalah halaman website khusus untuk menampung calon customer yang mengklik iklan, link email, atau hasil pencarian Google, dan mengarah ke website perusahaan kita. Link yang menuju ke landing page ini kemudian ditaruh di berbagai konten, artikel, iklan, dan bertujuan supaya calon customer melakukan pembelian atau menghubungi bagian sales.

Karena bertujuan untuk mengkonversi leads menjadi sales, isi konten landing page harus mudah dipahami dalam hitungan detik, dan dilengkapi call to action (CTA) berupa tombol dan teks yang mencolok. CTA ini kemudian akan diklik oleh calon customer dan berujung pada terjadinya transaksi.

8. Iklan

Iklan adalah cara marketing yang mungkin tidak perlu dijelaskan lagi. Di tahun 2024, alokasi biaya iklan mungkin akan semakin banyak untuk iklan online, dan berkurang untuk iklan tradisional seperti brosur, spanduk, billboard, dan sejenisnya. Iklan yang dipasang di kanal online seperti YouTube, Google, dan media sosial, harus dipasangkan dengan landing page yang efektif untuk bisa menghasilkan sales.

9. Affiliate Marketing

Affiliate marketing, affiliate link, atau link afiliasi adalah beberapa istilah yang akan semakin sering kita dengar di tahun 2024. Strategi yang satu ini cukup sederhana, yaitu siapapun bisa menjadi juru “sales” kita, hanya dengan sebuah link yang bisa diklik.

Uniknya, metode marketing yang satu ini tidak harus mengeluarkan biaya untuk memakai jasa influencer. Siapapun yang membuat konten di internet, atau bahkan sekadar ingin merekomendasikan produk dari perusahaan kita ke teman-temannya, bisa membuat link afiliasi. Dari link tersebut, individu pembuat link ini akan mendapatkan persentase atas setiap penjualan.

10. Remarketing dan Retargeting

Remarketing adalah taktik yang sangat sederhana dan efektif, yaitu menghubungi kembali calon customer yang pernah melakukan kontak tetapi belum melakukan pembelian. Misalnya, seseorang yang sudah memasukkan barang ke keranjang belanja online tapi tidak melakukan checkout. Contoh lainnya, seorang customer yang memiliki membership produk perusahaan kita, tapi sebentar lagi akan habis masa berlakunya, maka sebaiknya kita melakukan remarketing. Metode ini bisa dilakukan lewat aplikasi, email, hingga chat.

Sementara, retargeting adalah teknik “mengejar” calon customer yang meninggalkan website kita tanpa melakukan apa-apa. Misalnya, bila ada yang mengklik halaman website kita dari hasil pencarian Google, kita bisa memakai Javascript untuk menandai calon customer tersebut (dengan cookies), sehingga di situs berikutnya yang dikunjungi sang calon customer, ia akan diarahkan untuk melihat iklan milik perusahaan kita. Untuk mendapatkan berbagai informasi lainnya tentang bisnis dan software enterprise resource planning, terutama untuk bisnis trading dan distributor, kamu bisa klik di sini.

Ukirama ERP memudahkan ratusan perusahaan mengelola bisnis setiap hari

Jadwalkan Demo

Sindhu Partomo
Sindhu Partomo

Saya seorang konsultan yang tertarik pada penulisan terkait software ERP, Data Analisis, dan Supply Chain Management

You Might Also Like