banner iklan

10 Tips Sukses Memulai Bisnis Franchise Untuk Pemula

10_tips_sukses_memulai_bisnis_franchise_untuk_pemula

Bisnis franchise atau waralaba adalah bisnis yang telah tumbuh dengan sistem yang baik dan memiliki manajerial yang mumpuni. Hal inilah yang dijual oleh pemilik waralaba kepada para pebisnis pemula yang belum mengetahui cara untuk memulai bisnis dengan benar.“Masalah yang sering terjadi adalah banyak pihak yang telah membeli bisnis waralaba, tetapi berakhir pada tutupnya bisnis dan tidak berkembang sama sekali.  Apa yang salah?”Langkah yang Anda lakukan sebagai pembeli bisnis waralaba akan sangat menentukan keberhasilan usaha tersebut di masa depan. Untuk meningkatkan kesuksesan saat berbisnis waralaba, mari simak tips sukses memulai bisnis franchise di bawah ini.

  1. Pilihlah Bisnis Franchise yang Tepat

Bisnis franchise yang tepat artinya Anda perlu memiliki bisnis yang sesuai. Cara yang paling sederhana untuk mengetahui apakah bisnis waralaba tersebut tepat atau tidak adalah memahami apa yang Anda sukai. Misalnya, Anda termasuk orang yang menyukai interaksi dan mengajar, maka pilihlah bisnis waralaba yang bergerak di bidang pendidikan atau kursus. Memilih bisnis waralaba bukan hanya memikirkan tentang produk atau layanannya saja, tetapi juga tugas harian yang akan dilakukan nantinya.

  1. Meningkatkan Keterampilan Itu Penting

Jika Anda tidak mengetahui dasar keuangan atau akuntansi, tidak mengetahui cara membaca dokumen keuangan, atau tidak mengetahui cara mengelola karyawan, maka Anda bisa menghadapi masalah yang rumit. Pertimbangkan untuk meningkatkan kemampuan dan keterampilan dengan mengambil kelas atau membaca buku. Ikuti workshop atau seminar berkaitan dengan keterampilan yang ingin Anda kembangkan menjadi lebih baik.

  1. Ikuti Sistem yang Sudah Dibuat Pemilik Waralaba

Alasan utama mengapa banyak orang tertarik untuk membeli bisnis waralaba adalah karena telah memiliki sistem yang terbukti sukses dan berhasil. Agar berhasil dalam mengelola waralaba, maka Anda perlu mempelajari sistem yang ada. Jangan hanya bertanya di awal pembelian waralaba saja, Anda harus terus aktif berkomunikasi dengan pemilik waralaba dan membaca manual atau pedoman yang telah diberikan. Jangan merasa paling benar, sehingga Anda tidak mau mendengarkan saran dari pemilik waralaba.Jika melakukan perubahan sistem dan menjalankan bisnis sesuka hati, maka Anda telah menempatkan waralaba pada resiko kerugian atau masalah yang tidak terduga.

  1. Memiliki Rencana Bisnis yang Tepat

Membuat rencana bisnis tidak harus rumit dan sulit seperti yang Anda pikirkan sebelumnya. Sebagai pebisnis pemula dan baru saja membeli waralaba, Anda bisa membuat beberapa rencana sederhana yang akan dicapai di masa depan. Misal, berapa target laba yang akan didapatkan atau berapa penjualan yang akan didapatkan pada bulan depan.Jika Anda masih ragu saat membuat rencana bisnis, maka diskusikan masalah ini dengan pemilik waralaba dan dapatkan saran dari mereka.

  1. Perlakukan Karyawan Dengan Benar

Karyawan adalah orang yang mau mendedikasikan waktu dan tenaganya untuk membantu Anda sukses dalam berbisnis waralaba. Sebagai seorang pemilik usaha sudah seharusnya Anda memperlakukan mereka dengan baik dan mendengarkan keluhan yang ada serta memberi gaji yang pantas dan sesuai sehingga tidak sering terjadi keluar-masuk karyawan.

  1. Kendalikan Bisnis Dengan Baik

Seperti yang telah disampaikan di atas bahwa daya tarik dari waralaba adalah dukungan dan sistem yang diberikan oleh pemilik waralaba. Meskipun demikian, keberhasilan dan kegagalan waralaba sebagian besar akan menjadi tanggung jawab Anda.Memang benar, franchisor yang akan melatih Anda tentang tata cara menjalankan sistem dan memberikan dukungan untuk membangun bisnis, tetapi yang akan menjalankan bisnis tersebut dan melakukan operasional sehari-hari adalah Anda.

  1. Pemasaran Itu Sangat Penting

Sebagai seorang pemilik waralaba, pekerjaan utama yang perlu Anda lakukan adalah melakukan pemasaran. Pemasaran adalah aktivitas yang harus dijalankan sepanjang waktu dan jangan menunggu sampai pemilik waralaba mengingatkan Anda untuk melakukannya.Jangan hanya sibuk mengerjakan tugas administratif dan bekerja di depan komputer setiap saat. Lakukan pemasaran secara inisiatif agar bisnis waralaba yang telah dibeli sukses dan membawa keberhasilan untuk Anda.

  1. Pekerjakan Orang yang Mampu Menjual

Ada beberapa orang yang tidak terlalu suka dengan aktivitas penjualan. Dimana mereka tidak nyaman untuk mengangkat telepon dari pelanggan atau berkomunikasi dengan banyak orang. Padahal aktivitas penjualan adalah hal yang tidak bisa dihindari dan akan selalu ada di bisnis waralaba apapun. Jika Anda termasuk orang yang tidak terlalu nyaman menjalankan tugas seperti ini, maka pertimbangkan untuk mencari orang lain yang bisa membantu.Hal yang perlu diingat disini adalah masing-masing orang memiliki kelebihan dan kekurangannya masing-masing. Oleh karena itu, pastikan Anda mempekerjakan orang yang memiliki keahlian pemasaran dan komunikasi yang baik saat akan menjual produk atau layanan.

  1. Bantuan Apa Saja yang Akan Didapatkan Dari Franchisor

Saat membeli bisnis waralaba, maka Anda tidak sama seperti memulai bisnis sendiri. Anda tidak akan menjalankan usaha ini sendirian, karena adanya franchisor yang siap memberikan bantuan dan dukungan kepada Anda.Pastikan Anda sudah mengetahui tentang dukungan apa saja yang akan didapatkan dari pemilik waralaba. Jangan sampai Anda kesulitan dan dibuat bingung saat terjadi masalah dan sulit meminta bantuan dari pemilik waralaba.Jika Anda tidak mendapatkan dukungan dari pemilik waralaba dan dibiarkan berjalan sendiri, maka sebaiknya Anda tidak bergabung dan membeli bisnis tersebut.

  1. Mau Mempelajari Industri Anda

Jika bisnis waralaba sudah mulai berjalan, maka penting untuk terus mempelajari berbagai hal yang berkaitan dengan industri Anda. Anda bisa bergabung ke dalam asosiasi atau perkumpulan pemilik bisnis dengan industri yang sama. Forum seperti ini bisa menjadi tempat yang bagus untuk belajar hal baru dan membuat jaringan usaha menjadi lebih besar. Semakin luas jaringan yang dimiliki, maka akan semakin besar kesempatan untuk memperbesar usaha dan meningkatkan penjualan.Dengan menjalankan tips dan kiat-kiat di atas, maka tingkat keberhasilan dan kesuksesan saat menjalankan bisnis waralaba menjadi lebih tinggi. Jangan sampai mengabaikan tips-tips di atas dan berusaha untuk menjalankan bisnis sesuka hati. Ingatlah bahwa Anda masih pemula dan belum memiliki banyak pengalaman berbisnis. Panduan dan dukungan dari pemilik waralaba masih sangat diperlukan agar bisa sukses dan berhasil.Semoga pembahasan di atas bisa menjadi rekomendasi yang tepat untuk Anda yang ingin memulai bisnis franchise.


You Might Also Like