banner iklan

12 Cara Sukses Memulai Bisnis Online Dengan Modal Kecil

12_cara_sukses_memulai_bisnis_online_dengan_modal_kecil

Dulu, seseorang yang ingin membuka bisnis harus memikirkan banyak hal seperti menyewa toko, pemasaran, dan lain sebagainya yang ujung-ujungnya terkait dengan uang atau modal. Pada akhirnya, banyak calon pebisnis yang membatalkan niatnya karena modal yang tidak cukup.Kondisi sangat berbeda bisa kita rasakan saat ini. Perkembangan teknologi informasi membuat urusan bisnis menjadi begitu mudah. Kini tak perlu orang bermodal besar untuk memulai bisnis, cukup bermodal handphone dan paket internet seseorang sudah bisa menjadi pebisnis. Hal ini memang nampak begitu menjanjikan. Tak heran jika banyak orang yang berpikir kreatif untuk memulai bisnis melalui media online. Banyak yang sudah terbukti berhasil, tapi ada juga yang masih kesulitan untuk berkembang. Dengan media yang sama, mengapa ada yang sukses dan ada yang kesulitan? Semua pada akhirnya kembali kepada bagaimana cara mereka menjalankan bisnisnya. Meskipun hanya memiliki modal yang kecil, 12 cara berikut bisa membantu kalian untuk sukses memulai bisnis online:

  1. Tawarkan Keahlian atau Hobi

Jika bisnis yang dikerjakan adalah keahlian atau hobi kalian sendiri, artinya pekerjaan tersebut sesuai dengan budget yang selalu kalian anggarkan sebelum memulai bisnis online. Dengan memilih jenis usaha yang sesuai keahlian dan hobi juga berarti kalian benar-benar paham akan apa yang kalian kerjakan. Kalian bahkan sudah tahu apa saja kendala dan bagaimana cara mengatasinya. Hal ini tentu penting karena akan meningkatkan kepercayaan konsumen kepada produk atau jasa yang kalian tawarkan.

  1. Tentukan Media Promosi

Ada banyak media promosi online gratis yang tersedia, dari mulai media sosial, website pribadi, atau e-commerce. Jenis dari masing-masing pun berbeda. Media sosial yang umum untuk berjualan biasanya adalah Instagram dan Facebook. Media Website ada yang berupa blog, ada juga yang berupa website profesional. Begitupun e-commerce atau marketplace ada banyak pilihannya, dari yang dalam negeri sampai luar negeri.Dari sekian banyak pilihan itu, apakah semua bisa dipilih? Bagi pemula bisnis online, ada baiknya memilih satu atau beberapa saja yang dirasa paling bisa ditangani dan paling cocok untuk jenis produk yang dijual. Selain untuk membuat media pemasaran lebih fokus, hal tersebut juga untuk menghindari kesalahan seperti pemesanan yang tidak tercatat atau respon yang lambat.

  1. Buat Copywriting yang Menarik

Ada ribuan iklan produk tersebar di media online setiap harinya. Hal ini berarti jika isi caption yang Anda buat tidak menarik, maka hanya akan dilewatkan begitu saja oleh calon pembeli. Oleh karena itu perlu keahlian copywriting  yang baik bagi pebisnis online. Asah kemampuan Anda dengan banyak membaca dan mencari referensi agar tahu bagaimana cara menulis persuasif yang menarik. Jika masih ada modal yang bisa dimanfaatkan, kalian bahkan bisa menggunakan jasa copywriter yang juga mulai banyak ditawarkan.

  1. Rutin Update Postingan

Jika kalian menggunakan media online berupa media sosial untuk pemasaran produk, maka pastikan kalian secara rutin mengupdate postingan. Namun, jangan juga sampai berlebihan misalkan sehari sampai 6 kali posting karena justru bisa membuat pengikut terganggu.Mengapa update postingan barang secara rutin penting? Hal ini untuk membuat calon konsumen yakin bahwa anda masih aktif menjual produk. Selain itu, kita tidak pernah tahu kapan seseorang membutuhkan barang yang kalian jual. Terpenting, agar calon konsumen selalu ingat bahwa kalian menjual produk tersebut.

  1. Melayani Pertanyaan Konsumen

Media pemasaran sudah bisa didapat dengan mudah dan hanya bermodal internet. Maka jangan malah malas meladeni pertanyaan konsumen baik secara chat pribadi atau di media online. Ingat, konsumen membeli produk yang tidak dia lihat langsung, artinya sangat wajar jika mereka bertanya untuk memastikan.

  1. Buat Kedekatan dengan Konsumen

Berkaitan dengan poin nomor 5, kedekatan kalian dengan konsumen juga penting untuk meyakinkan calon konsumen. Kalian bisa menyesuaikan maksud dari kedekatan ini dengan produk dan kemampuan kalian masing-masing. Sebagai contoh kalian yang menggunakan Instagram, bisa membuat Instastory yang menjelaskan produk dan membuat kolom pertanyaan. Dengan demikian, rasa kedekatan tersebut bisa terjalin.

  1. Beri Nilai Tambah

Meskipun bermodal kecil, bukan berarti kalian tidak bisa memberi nilai tambah pada produk atau jasa yang kalian tawarkan. Nilai tambah ini bisa menjadi penarik bagi calon konsumen  sekaligus pembeda dengan produk sejenis yang ditawarkan kompetitor.Nilai tambah yang dimaksudkan bisa dalam banyak bentuk tergantung produk atau jasa yang ditawarkan. Oleh karena itu, penting untuk sering mencari referensi agar ada banyak masukan untuk pemberian nilai tambah ini.

  1. Bangun Reputasi

Reputasi yang dimaksudkan bukan hanya pada produk yang berkualitas tetapi juga upaya kalian untuk masuk ke forum-forum yang sesuai dengan pasar dari produk kalian. Jangan ragu untuk menawarkan produk agar dikenal lebih luas.

  1. Menjaga Loyalitas Pelanggan

Memasarkan produk melalui media online memiliki tantangan tersendiri yaitu terkait loyalitas pelanggan. Dikarenakan proses jual beli tidak dilakukan secara tatap muka dan kesempatan pelanggan untuk mencari referensi lain sangat besar, maka tak ada jaminan pelanggan akan kembali membeli produk dari kalian. Oleh karena itu, penting untuk menjaga kedekatan dengan pelanggan seperti memberi pelayanan yang terbaik dan menambahkan form subscribe yang bisa menjadi database pelanggan.

  1. Membuat Artikel Terkait

Bagi kalian yang memasarkan produk melalui website, maka penting untuk mengupayakan agar kata kunci produk yang akan tampil teratas di mesin pencarian adalah dari website kalian. Untuk itu, biasanya pebisnis online melalui website akan juga membuat artikel terkait agar kata kunci mereka semakin sering dibuka.

  1. Bekerja Sama dengan Teman Terdekat

Mengingat permodalan yang terbatas, maka cara ampuh untuk sukses memulai bisnis adalah dengan bekerja sama dengan rekan atau teman terdekat. Setidaknya setiap teman memiliki media sosial pribadi, maka manfaatkan hal tersebut untuk meminta bantuan mereka untuk memasarkan produk yang kalian jual.

  1. Buat Perencanaan Bisnis

Poin terakhir ini menjadi hal penting bagi setiap pebisnis. Apalagi untuk yang memiliki modal kecil, maka perencanaan bisnis harus benar-benar matang. Review mengenai apa yang sudah dilakukan juga wajib dilakukan untuk menentukan arah kedepannya. Bahkan jika memungkinkan, ajukan perencanaan bisnis kalian kepada investor.Itulah 12 cara sukses memulai bisnis online dengan modal kecil. Hal penting yang harus diingat adalah bisnis yang baik adalah yang dijalankan. Jadi, jika memang kalian merasa yakin akan rencana bisnis yang dibuat, maka mulailah. Media online sudah sangat membantu sehingga jangan sampai modal masih menjadi hambatan.


You Might Also Like