12 Situs Penjualan Online Terpopuler di Indonesia Tahun 2017

By Martina, 10 Agustus 2017
Google Plus Share   Facebook Share   Linkedin Share

Di Indonesia semakin banyak masyarakat yang gemar berbelanja online. Ini terjadi karena sebagian besar orang mengalami keterbatasan waktu untuk pergi berbelanja di toko-toko dan biaya yang cenderung lebih mahal bila dihitung dengan biaya perjalanan. Apalagi dengan kondisi perkotaan di Indonesia yang mulai macet membuat orang semakin kurang berminat pergi ke toko untuk berbelanja.

 

Hal ini dibuktikan dengan toko-toko di beberapa mall yang sudah semakin sepi. Selain itu dengan teknologi yang sudah sangat mendukung membuat belanja online menjadi lebih praktis.

 

Jika anda seorang pengusaha yang menjalankan bisnis dengan hanya berjualan barang secara offline (berjualan di toko saja) sekarang sudah waktunya untuk membuatnya menjadi online.

 

Ada banyak metode yang bisa anda terapkan untuk berjualan online seperti membuat situs jual-beli sendiri, menitipkan barang kepada perusahaan yang mempunyai situs jual beli online, atau membuka toko online di situs marketplace (situs yang mengizinkan penggunanya untuk membuat toko online), dan lain-lain.

 

Semua situs penjualan sudah menyediakan aplikasi untuk smartphone yang bisa membuat pembeli bisa membeli barang dari mana saja.

 

Berikut ini 12 tempat penjualan online di Indonesia sehingga dapat membantu anda untuk menjual produk anda. Daftar di bawah ini tidak diurutkan berdasarkan popularitas.

  1. Tokopedia

Tokopedia adalah sebuah situs e-commerce yang mengusung konsep marketplace. Dengan tingkat kepercayaan konsumen yang tinggi membuatnya menjadi salah satu e-commerce terbesar di Indonesia.

Situs ini menawarkan penjual untuk membuka toko online, menggunakan pembayaran online lewat bank dan pengiriman barang yang cepat. Fitur chat antara penjual dan pembeli disediakan di situs ini. Sejauh ini situs toko online ini masih gratis.

  1. Bukalapak

Bukalapak merupakan situs jual-beli online terkemuka di Indonesia. Dengan mengusung konsep marketplace, Bukalapak berkembang pesat di Indonesia. Kenapa demikian? Bukalapak membantu pelapak (sebutan bagi penjual di Bukalapak) untuk membuka toko online dan menjalankan transaksi jual-beli di dalam situs tersebut.

Siapapun bisa membuka toko baik perorangan maupun perusahaan. Dan yang paling membuat banyak orang menggunakan Bukalapak adalah semuanya gratis.

Banyak fitur-fitur yang sangat menarik di dalam situs marketplace tersebut sehingga dapat memudahkan penjual untuk memasarkan produk mereka.

  1. Blibli

Blibli didirikan oleh perusahaan PT. Global Digital Niaga yang merupakan anak perusahaan dari Djarum pada tahun 2010. Blibli selalu membangun kepercayaan bagi para mitra dan pelanggannya.

Cara menjual barang lewat Blibli untuk menjual adalah dengan cara menitipkan barang kepada Blibli dan semua transaksi penjualan berikut dengan pengiriman barang ditangani oleh Blibli. Jadi penjualnya hanya menunggu hasil penjualan dari Blibli.

  1. Zalora Indonesia

Zalora adalah situs belanja online yang dikhususkan untuk fashion. Situs ini menawarkan berbagai macam produk untuk pria dan wanita dan memiliki salah satu koleksi terbesar dari merek-merek terkenal di Indonesia.

Jika anda adalah seorang pengusaha dibidang fashion baik itu designer ataupun produksi pakaian maka Zalora adalah pilihan yang tepat untuk membuat bisnis anda menjadi online.

  1. Lazada

Lazada merupakan situs jual-beli online yang cukup dikenal banyak orang di Indonesia. Bukan cuma di Indonesia tetapi situs ini pun terkenal di Asia Tenggara. Lazada merupakan cabang dari anak perusahaan internet asal Jerman yaitu Rocket Internet.

Sekarang banyak pengusaha lokal yang menjalankan bisnis online lewat menjual produknya di Lazada. Pengguna bisa membuat toko online dengan cara melengkapi dokumen persyaratan yang diajukan.

  1. MatahariMall

MatahariMall adalah situs yang menghadirkan penjualan ribuan produk untuk semua kebutuhan. Didirikan oleh Lippo Group situs ini diperkenalkan pada tahun 2015. Lippo Group mempersiapkan MatahariMall sebagai pusat belanja online terbesar di Indonesia.

Program Jualan Aja membuat para pengusaha berjualan toko online di situs tersebut dan mendapat pelatihan gratis bagi penjual yang menjalankan UKM. MatahariMall mengambil komisi dari setiap transaksi penjualan.

  1. Berrybenka

Berrybenka awalnya adalah situs belanja produk fashion wanita. Tetapi sekarang mereka juga menjual produk fashion pria. Berrybenka juga memilih untuk lebih bermitra dengan produsen lokal. Untuk anda yang ingin menjual produk fashion yang ada buat sendiri ataupun ingin menjual produk lokal Berrybenka adalah situs yang tepat menjual produk anda. Dengan cara mendaftarkan brand anda, produk anda sudah bisa dipajang di dalam situs tersebut.

Baru-baru ini Berrybenka mendirikan toko offline yang tersebar di beberapa mall di Jakarta dan menjual produknya sendiri.

  1. Elevenia

Elevenia didirikan pada tahun 2014 yang beroperasi dibawah naungan PT. XL Planet yang merupakan sebuah perusahaan joint venture antara PT. XL Axiata dan SK Planet dari Korea Selatan.

Selain memberikan kemudahan untuk para seller, Elevenia juga tidak lupa memberikan penawaran menarik untuk para penggunanya.

  1. Bhinneka

Bhinneka adalah salah satu situs pelopor bisnis jual beli online di Indonesia. Situs ini berdiri pada tahun 1998 sehingga menjadikannya sebagai e-commerce tertua di Indonesia. Dulunya situs ini hanya menjual alat elektronik dan komputer. Tetapi sekarang situs ini terus berkembang dan menjadi salah satu marketplace terbesar di Indonesia.

  1. Blanja

Website e-commerce yang didirikan oleh Telkomsel dan Ebay pada tahun 2012 ini mengusung konsep marketplace. Blanja juga menyediakan fitur untuk mendekor halaman penjual agar terlihat lebih menarik.

  1. Qoo10

Merupakan website e-commerce buatan Singapura yang mulai beroperasi pada tahun 2012. Tak jauh berbeda dengan marketplace lainnya Qoo10 menawarkan pengusaha online untuk membuat toko online di websitenya. Yang membedakan ialah Qoo10 menarik komisi dari setiap transaksi penjualan.

  1. Shopee

Shopee adalah e-commerce bentukan perusahaan asal Singapura Garena. Namun Shopee bisa dibilang belum lama terjun dalam pertempuran e-commerce di Indonesia. Tetapi fitur yang menggiurkan dari Shopee seperti chat untuk penjual dan pembeli membuat pelanggan sangat tertarik untuk belanja ataupun berjualan di situs marketplace tersebut.

Banyak pembeli sangat tertarik untuk berbelanja di Shopee karena sekarang ongkos kirim masih gratis. Lewat kesempatan ini banyak penjual yang membuka usaha toko online di situs tersebut.

 

Sistem ERP untuk Membantu Mengelola Penjualan Online Anda

Semua situs e-commerce diatas dapat membantu anda untuk memasarkan produk yang ingin anda jual secara online.

 

Banyak orang memasarkan dan menjual produknya bukan hanya ke satu situs penjualan saja tetapi ke banyak situs penjualan online untuk mendapatkan pelanggan yang lebih banyak.

 

Satu hal yang perlu dipertimbangkan yaitu: semakin banyak pemasaran dan penjualan di berbagai situs e-commerce, tentunya semakin banyak juga administrasi yang harus anda tangani.

 

Untuk membantu mengelola dan mengontrol administrasi toko online anda di beberapa situs e-commerce gunakanlah Sistem ERP. Aplikasi ini dapat membantu anda untuk mengelola faktur penjualan, pengaturan stok barang jual, pencatatan status piutang dan lain-lain.

 

Sekarang, sistem ERP juga bisa diakses secara online karena menggunakan teknologi cloud untuk memudahkan operasional anda.

 

Karena banyaknya pelanggan yang mencari kemudahan untuk berbelanja, inilah saat yang tepat untuk mengembangkan bisnis anda dengan cara membuatnya menjadi online.


Baca juga

5 Strategi Memasarkan Bisnis Online Anda di Instagram

Mengenal Undang Undang Perdagangan Dalam Bisnis Online

Cek Disini untuk Tahu Pajak yang Berlaku di Bisnis Online

Perbedaan Marketplace, E-commerce, dan Online Shop

12 Cara Sukses Memulai Bisnis Online dengan Modal Kecil

© 2021 PT Ukirama Solusi Indonesia Bahasa Indonesia | English   Google Plus   Instagram   Facebook   Linkedin