12 Strategi Marketing (Pemasaran) Diskon Harga Jual untuk Usaha Bisnis Anda Agar Tidak Rugi

12_strategi_marketing__pemasaran__diskon_harga_jual_untuk_usaha_bisnis_anda_agar_tidak_rugi

Dalam meningkatkan penjualan terdapat beberapa cara yang dilakukan. Salah satu strategi meningkatkan penjualan ialah dengan memberlakukan diskon. Diskon ini memiliki beberapa manfaat tak hanya bagi konsumen namun juga perusahaan. Beberapa manfaat tersebut diantaranya adalah sebagai berikut :

  1. Mampu Meningkatkan Penjualan

Tak bisa dipungkiri adanya diskon ampuh untuk melipatgandakan penjualan Anda

  1. Mampu Merekrut Pelanggan Baru

Diskon juga mampu menarik pelanggan baru yang bisa meningkatkan langganan toko Anda

  1. Menghabiskan Stok

Dengan penjualan yang meningkatkan, maka stok juga akan berkurang. Stok berlebihan tidak baik untuk persediaan Anda apalagi jika produknya mudah sekali rusak atau tidak bertahan lama.

  1. Membantu Konsumen Berhemat

Diskon juga memberikan keuntungan bagi konsumen untuk berhemat dan berbelanja lebih banyak produk ketimbang hari biasanya.

  1. Memaksimalkan Keuntungan Jangka Pendek

Diskon juga mendorong konsumen dalam membeli merek lainnya sehingga keuntungan jangka pendek akan mudah untuk diraih.

  1. Menciptakan Nilai Positif Dimata Konsumen

Diskon juga menciptakan citra yang positif di mata pelanggan. Kepuasan pelanggan juga mudah untuk ditingkatkan.Macam-Macam DiskonJenis diskon juga beragam sehingga Anda bisa memilih jenis diskon mana yang paling tepat untuk bisnis Anda. Berikut 12 strategi marketing tentang diskon yang bisa Anda coba dibawah ini!

  1. Cashback

Diskon tak melulu tentang potongan harga yang diterima dimuka. Anda juga bisa memberikan diskon berupa cashback yang mana bisa digunakan pelanggan untuk mendapatkan potongan pembelian di transaksi selanjutnya. Pemberian cashback bisa diberikan untuk jumlah transaksi tertentu seperti  bagi pelanggan yang membeli diatas Rp 500.000.

  1. Persentase Diskon

Anda juga bisa menarik pembeli dengan diskon persentase. Besaran persentase tergantung ketentuan Anda. Apabila Anda ingin menghabiskan stok lama maka berlakukan diskon 25 %, 50 % atau 70 % yang ampuh menarik pembeli. Bagi stok yang benar-benar lama ada baiknya memberikan diskon terbesar untuk mencegah produk rusak saat penyimpanan.

  1. Pengguna Kartu Kredit

Tak jarang diskon juga diberikan untuk pengguna kartu kredit tertentu.  Diskon pengguna kartu kredit ini sudah banyak yang menggunakannya dan terbukti efektif untuk menarik pelanggan baru. Tak hanya produk saja yang menggunakan strategi ini namun juga jasa seperti layanan tiket pesawat maupun tiket transportasi lainnya.

  1. Buy One Get One Free (Beli 1 Dapat 2)

Selanjutnya ada pula diskon buy one get one free yang mana Anda mendapatkan satu produk gratis untuk pembelian produk tertentu. Strategi satu ini biasa digunakan untuk produk kebutuhan pokok atau sehari-hari seperti sabun mandi, minyak goreng dan lain sebagainya. Strategi ini juga merupakan salah satu langkah memperkenalkan produk baru agar konsumen familiar dengan brand tersebut.

  1. Membership (Kartu Keanggotaan)

Diskon juga bisa diberikan kepada membership toko Anda. Dengan begitu pelanggan akan semakin setiap berbelanja di toko Anda. Membership ini biasanya ditunjukkan dengan kartu keanggotaan yang diberikan toko kepada pelanggan setianya.

  1. Discount Group

Ada pula diskon yang diberikan kepada orang yang mengajak orang lain dalam akun media sosialnya. Sebagai contoh Anda akan memberikan diskon tertentu bagi mereka yang mengajak 5 temannya mengikuti (follow) akun instagram toko online Anda. Hal ini mempermudahkan Anda  dalam merekrut pengikut (follower) dalam social media.

  1. Free Ongkir (Gratis Ongkos Kirim)

Diskon juga bisa diberikan berupa biaya gratis pengiriman untuk perbelanjaan dengan nominal tertentu. Besarnya ongkir yang ditanggung kerap menjadi bahan pertimbangan konsumen dalam berbelanja.

  1. Sale Event

Diskon tak harus setiap hari Anda bagikan bisa pula saat event tertentu seperti menjelang hari raya maupun Halloween. Event ini juga bisa Anda gunakan untuk menarik konsumen berbelanja lebih banyak.

  1. Diskon Mingguan atau Bulanan

Diskon juga bisa diberikan pada awal bulan atau setiap hari tertentu. Pada awal bulan biasanya para pegawai akan menerima gaji jadi kesempatan bagi Anda untuk menarik mereka berbelanja. Anda bisa memberikan diskon tiap tanggal 1-5 sebesar persentase tertentu.

  1. Diskon Ulang Tahun

Saking sayangnya dengan pelanggan beberapa toko juga memberlakukan potongan harga untuk mereka yang berulang tahun pada hari tertentu. Biasanya pihak toko akan meminta pelanggan menunjukkan KTP untuk memverifikasi tanggal lahirnya. Tidak hanya diskon ulang tahun saja kadang nama juga menjadi pilihan toko online memberikan  potongan harga.

  1. Penawaran Eksklusif Aplikasi

Bagi Anda yang ingin meningkatkan pengguna aplikasi toko online Anda bisa pula memberikan penawaran eksklusif bagi pengguna aplikasi.  Penawaran ini bisa mendorong pembeli untuk menginstal aplikasi toko Anda pada smartphone mereka.

  1. Free Gift (Bagi-bagi hadiah gratis)

Ada pula diskon berupa free gift  berupa voucher diskon yang bisa digunakan untuk belanja di toko Anda. Pemberian free gift ini biasa terjadi saat pembeli mengikuti (subscribe) website Anda. Alhasil, setiap ada produk baru email pembeli akan otomatis mendapatkan notifikasi.


You Might Also Like