13 Tips Sukses Membuka Bisnis Tour dan Travel

13_tips_sukses_membuka_bisnis_tour_dan_travel

Traveling dalam beberapa tahun belakang tengah menjadi tren di kalangan masyarakat terutama anak muda. Perkembangan teknologi dan media sosial menjadi salah satu penyebab bangkitnya tren ini karena setiap orang bisa dengan mudahnya berbagi kesenangan saat traveling. Hal ini bisa menjadi peluang bisnis yang menarik. Terbukti dengan semakin banyaknya agen tour and travel yang memulai peruntungannya baik secara online atau offline. Meskipun tak semuanya mulus dan bertahan, tapi tak sedikit pula yang berhasil meraup pundi-pundi penghasilan yang tak bisa dibilang sedikit.Membuka bisnis tour dan travel juga sebenarnya cukup aman dijalani karena bisa dibilang sebagai bisnis yang tak lekang oleh waktu. Meskipun tren gaya traveling bersifat dinamis, tetapi kebutuhan akan kegiatan perjalanan seperti liburan, gathering, umrah, dan wisata religi akan tetap ada peminatnya. Bahkan bukan hanya sekali, tapi bisa berkali-kali oleh satu orang.Bisnis tour dan travel juga terbilang mudah dilakukan karena di-era teknologi seperti sekarang, semua bisa dilakukan melalui gadget. Bisnis yang berorientasi pada teknologi seperti ini juga menjadi tren yang kerap lebih dipilih oleh konsumen.Jika nampak begitu menggiurkan, lantas apa saja tips sukses untuk para pemula yang ingin membuka bisnis tour dan travel ini? Berikut 13 tips yang bisa menjadi acua.

  1. Tentukan Fokus Utama Jenis Travel

Bisnis tour dan travel juga memiliki beberapa jenis, ada usaha ticketing alias penjualan tiket (pesawat, bus, kapal, kereta), paket wisata, penjualan voucher (hotel, wahana wisata), pengurusan visa, pemandu wisata, umroh, dan lain sebagainya. Pemilihan jenis travel ini tentu harus disesuaikan dengan kemampuan kalian, baik secara finansial atau nonfinansial. Kalian bisa saja memilih semua jenis travel tersebut, namun untuk pemula tentu harus lebih berhati-hati. Lebih baik menentukan fokus utama di satu atau dua jenis dahulu, baru kemudian melihat perkembangan untuk mengembangkan bisnis tersebut.

  1. Membuat Brand yang Menarik

Agar mudah dikenali dan diingat, ada baiknya kalian membuat nama atau branding yang menarik. Pastikan nama yang kalian buat mudah diingat dan dapat menggambarkan kepada pelanggan bahwa yang kalian tawarkan adalah bisnis tour dan travel. Tak hanya soal nama, desain logo yang digunakan juga penting. Jika memungkinkan, mintalah bantuan kepada desainer logo yang handal karena tak bisa dipungkiri bahwa logo yang eye catching akan lebih menarik perhatian konsumen dan menjadi diferensiasi dengan para pesaing. Logo yang dibuat serius juga bisa membuat konsumen lebih percaya akan bisnis yang kalian buat.

  1. Persiapkan Bisnis dengan Matang Sebelum Resmi Dibuka

Kerap kali para pebisnis pemula langsung mengeksekusi ide tanpa persiapan yang matang. Persiapan ini tidak hanya menyangkut kedua hal diatas melainkan juga termasuk profil bisnis, bahan publikasi, dan risiko. Ya, risiko juga sudah harus diantisipasi sebelum bisnis di buka agar jika harus terjadi, kalian sudah bisa mengantisipasinya.

  1. Belajar dari Pendahulu

Sebelum memulai bisnis apapun itu, belajar dari mereka yang sudah berpengalaman tentu sangat penting. Ingat bahwa setiap bidang bisnis memiliki tantangannya sendiri. Dengan belajar dari pendahulu, kalian bisa mencegah kesalahan-kesalahan yang pernah mereka lakukan.

  1. Siapkan Media Promosi

Di zaman sekarang, ada banyak media promosi yang bisa dijadikan pilihan. Media promosi ini ibarat senjata untuk memburu konsumen. Meskipun ada media sosial, tak ada salahnya juga untuk tetap mempersiapkan media promosi konvensional seperti kartu nama.

  1. Buat Surat Izin Usaha

Untuk meyakinkan konsumen maka tak ada salahnya untuk mengeluarkan biaya tambahan dalam pengurusan surat izin usaha. Saat ini surat izin sejenis menjadi cukup penting karena ada banyak kasus penipuan yang dilakukan agen tour dan travel sehingga konsumen semakin bijak untuk memilih.

  1. Aktif Promosi dan Buat Semenarik Mungkin

Bagi pelaku bisnis tour dan travel, promosi harus dilakukan secara aktif dan continue untuk memastikan bahwa usaha kalian konstan beroperasi. Manfaatkan juga orang-orang terdekat atau komunitas agar mereka juga bisa turut membantu mempromosikan bisnis kalian karena promosi dari mulut ke mulut masih sangat berpengaruh untuk menggaet konsumen.Promosi juga harus dibuat semenarik mungkin, bisa dengan penggunaan kata, gambar, atau konten. Semakin unik, konsumen cenderung akan lebih percaya karena terasa lebih ‘niat’ dalam berbisnis. Selain itu, jika memungkinkan bisa juga dengan melakukan promo khusus yang memberi compliment kepada konsumen seperti diskon dan sejenisnya.

  1. Buat Kemitraan

Bekerja sama dengan bisnis lain adalah salah satu strategi yang umum dilakukan baik oleh pebisnis pemula atau yang sudah berkembang. Kalian bisa bekerja sama dengan agen jasa transportasi, pengelola tempat wisata, rumah makan, bahkan mungkin pemerintah.Bagi pebisnis pemula juga bisa saja memulainya dengan bergabung dengan agen travel lain atau sebagai sub-agen. Selain tidak perlu modal besar, hal ini bisa menjadi modal pengalaman yang baik dan untuk membuat nama kalian dikenal oleh konsumen.

  1. Pelayanan Terbaik

Dalam bisnis apapun, pelayanan yang baik adalah salah satu kunci kesuksesan. Dalam bisnis tour dan travel, pelayanan terbaik tidak hanya soal ramah kepada konsumen tapi juga harus sabar. Hal ini lantaran dalam bisnis tour dan travel tidak hanya soal barang yang kita jual tetapi ada elemen lain di dalamnya yang sering tak dipahami konsumen. Penjual tiket pesawat promo misalkan, ada saja konsumen yang belum paham bahwa tidak semua tanggal tersedia tiket promo, namun mereka terus memaksa. Atau mereka yang tidak yakin akan kejujuran bisnis kalian sehingga terus menerus bertanya. Hal ini jika tidak sabar, tentu akan memancing rasa emosi.

  1. Terhubung Langsung dengan Calon Konsumen

Sebagai pemula bisnis, tak ada salahnya kalian mengajak calon konsumen untuk terhubung dengan media sosial pribadi kalian. Hal ini bisa menjadi tips sukses karena calon konsumen menjadi yakin bahwa pemilik bisnis benar-benar ‘ada’ dengan rekam jejaknya.

  1. Inovasi

Lakukan inovasi sebagai pembeda antara bisnis yang kalian buat dengan pesaing. Misalkan kalian membuat paket wisata, maka buatlah lokasi perjalanan kalian ke tempat yang belum banyak ditawarkan agen lainnya. Bisa juga dengan menawarkan perjalanan sesuai tema-tema tertentu seperti tour ke lokasi shooting film, tour ke hidden paradise, dan lain sebagainya.

  1. Strategi SEO

Agar promosi bisnis kalian lebih mudah ditemukan dan dipercaya konsumen, jangan ragu untuk menggunakan jasa SEO yang profesional. Meskipun membutuhkan biaya lebih, namun tips ini sangat bisa diandalkan. Dengan strategi SEO, bisnis tour dan travel kalian akan terindex oleh google pada halaman awal, artinya akan lebih banyak orang yang tahu dan membuka informasinya.

  1. Perluas Informasi

Bagi pebisnis di bidang tour dan travel, pengetahuan akan tempat wisata dan sejenisnya menjadi sangat penting untuk memberi kenyamanan konsumen. Hal ini lantaran tak sedikit konsumen yang banyak bertanya akan suatu hal dari mulai lokasi terbaik, waktu terbaik untuk pergi, hotel murah, wisata ramah anak, dan banyak lainnya. Jika kalian bisa menjawab semua hal tersebut, tentu akan membuat konsumen merasa nyaman dan tak ragu untuk terus menjadi pelanggan.


You Might Also Like