banner iklan

4 Cara Rahasia Mendapatkan Klien Baru

4_cara_rahasia_mendapatkan_klien_baru

Di era globalisasi seperti sekarang ini, profesi sebagai seorang akuntan merupakan profesi yang banyak tersedia. Dari tahun ke tahun, perkembangan bisnis juga semakin melonjak drastis dengan adanya ide-ide atau inovasi baru yang menjadi daya saing antara perusahaan yang satu dengan perusahaan-perusahaan lainnya.Seorang akuntan publik atau biasa disebut juga akuntan independen dimana seorang akuntan tersebut tidak bekerja di bawah perusahaan manapun, harus mampu menemukan klien baru agar dapat memperoleh penghasilan bagi dirinya sendiri. Seorang akuntan publik harus memiliki strategi marketing yang tepat agar bisa mendapatkan banyak klien baru. Strategi marketing harus memiliki konsep yang dikatakan ‘out of the box’, yang berbeda dari konsep-konsep pada umumnya.Berikut akan dibahas cara rahasia untuk mendapatkan klien baru bagi para akuntan publik:

  1. Melalui sosial media marketing

Seiring berkembangnya teknologi dan informasi yang ada, sebuah perusahaan maupun orang-orang umum memanfaatkan sosial media yang semakin berkembang untuk melakukan pemasaran produk mereka masing-masing. Pemasaran produk melalui sosial media dapat dikatakan membawa kesuksesan bagi perusahaan maupun orang-orang yang menerapkannya. Tidak hanya memasarkan produk-produk saja tetapi sudah banyak perusahaan atau orang-orang yang menawarkan jasanya seperti salon, katering, dan sebagainya melalui sosial media tersebut.Pemasaran melalui sosial media seperti ini dapat disebut sebagai sosial media marketing. Sosial media marketing dapat dilakukan melalui media sosial seperti Facebook, Twitter, Linkedin, Instagram, Whatsapp, dan sosial media lainnya. Sosial media marketing dapat dimanfaatkan oleh akuntan publik untuk menjaring banyak klien baru dengan biaya yang relatif sedikit.

  1. Menulis dan mempublikasikan artikel

Seorang akuntan publik dapat mencoba untuk menulis artikel yang berisi tentang berbagai macam pengalamannya dalam dunia marketing, ilmu-ilmu akuntansi yang telah dipelajari dan diterapkannya, cara menyelesaikan masalah dalam finansial perusahaan, cara membuat laporan keuangan yang baik, dan lain sebagainya mengenai dunia akuntansi. Artikel tersebut dapat dibuat semenarik mungkin untuk dibaca oleh para pembaca dan kemudian dipublikasikan dalam sebuah website maupun dalam sebuah blog milik pribadi, serta dapat juga dipublikasikan melalui sosial media yang dimiliki oleh akuntan publik tersebut.Perusahaan yang membaca artikel tersebut dapat mengetahui kemampuan akuntan publik tersebut mengenai akuntansi, marketing, keuangan dan sebagainya yang sudah tertera dalam artikel tersebut sehingga perusahaan memiliki keinginan untuk menggunakan jasa dan ilmu yang ada pada diri akuntan publik tersebut untuk membantu meningkatkan kualitas perusahaannya.

  1. Bergabung dan aktif dalam berdiskusi di forum-forum akuntansi yang tersedia

Dengan berkembangnya media informasi yang lebih dikenal dengan sosial media maka terdapat pula forum-forum yang tersedia dengan beragam jenisnya sesuai dengan ketertarikan diri masing-masing. Begitu juga dengan seorang akuntan publik yang dapat bergabung dalam forum-forum mengenai akuntansi dan keuangan yang ada. Forum-forum tersebut ada yang bersifat formal maupun informal.Di dalam forum-forum tersebut seorang akuntan publik dapat berdiskusi mengenai akuntansi dan memberikan komentar yang berbobot dalam sebuah topik diskusi yang sedang dibahas. Seorang akuntan publik diharapkan selalu aktif dalam mengikuti diskusi yang ada. Bisa jadi dalam forum tersebut terdapat anggota yang sebenarnya merupakan seorang manajer pada sebuah perusahaan dan bisa menjadi penghubung bagi seorang akuntan publik untuk dijadikan klien baru.

  1. Mencari referensi klien baru berdasarkan klien lama

Menjaga relasi hubungan dengan sebuah klien baik dari awal mula memulai suatu proyek hingga tahap akhir penyelesaian proyek merupakan hal yang penting. Selama pengerjaan proyek, lakukanlah dengan sebaik mungkin dan memberi kepuasaan bagi klien tersebut serta jika proyek telah terselesaikan dengan baik, jangan lupa untuk tetap bertegur sapa atau memberi selamat atas keberhasilan klien tersebut melalui sosial media walaupun hanya dua atau tiga kali saja. Dengan begitu, seorang akuntan publik akan terus diingat akan perilaku dan jasa pekerjaannya yang baik di mata seorang klien dan akuntan publik tersebut dapat direferensikan ke teman bisnisnya sehingga akan mendapatkan klien baru.Pembahasan di atas merupakan cara-cara yang dapat dilakukan bagi seorang akuntan publik untuk memperoleh klien baru. Meskipun mencari klien baru tidak mudah seperti mamasarkan produk di pasaran, seorang akuntan publik harus tetap bersabar dan meningkatkan kualitas dirinya dengan lebih baik lagi.


You Might Also Like