4 Keunggulan Fungsi Automation Sales Untuk Bisnis Anda, Cocok Untuk Pemula

Gambar Blog Ukirama 4 Keunggulan Fungsi Automation Sales Untuk Bisnis Anda, Cocok Untuk Pemula

Otomatisasi merupakan pemanfaatan berbagai bentuk teknologi untuk mengurangi intervensi atau peran manusia pada suatu proses. Berbagai bidang telah berkembang dan dalam tahap untuk menerapkan otomatisasi termasuk pada aktivitas penjualan (sales). Automation sales didefinisikan sebagai proses dan mekanisme penjualan yang dilakukan secara otomatis dan mudah. Sistem penjualan ini menggunakan aplikasi penjualan online untuk mengotomatisasikan seluruh proses penjualan. Seluruh pelaku bisnis pasti menginginkan efisiensi dari setiap proses bisnis yang dijalankannya termasuk pada aspek penjualan. Proses penjualan barang memang terdiri dari beberapa rangkaian proses yang cukup memakan daya dan waktu. Penjualan barang atau item dimulai ketika adanya pesanan atau order dari pelanggan. Selanjutnya, pesanan tersebut akan diterima, diinterpretasikan, dan disesuaikan berdasarkan jenis barang yang dipesan. Pesanan tersebut kemudian akan dilanjutkan ke bagian warehouse atau penyimpanan barang untuk diproses lebih lanjut. Terakhir, pengiriman barang ke pelanggan juga harus disertai dengan pengecekan berulang. Tentunya, keseluruhan proses penjualan ini akan menghabiskan banyak tenaga dan waktu.Secara umum, Automation sales sangat erat hubungannya dengan penggunaan Software CRM-sales. Penggunaan Software CRM ini bertujuan untuk meminimalisir atau menghilangkan pekerjaan manual yang berulang dan memakan banyak waktu. Tentunya, automation sales ini akan dapat memberikan tingkat efisiensi yang tinggi terhadap proses penjualan untuk bisnis Anda. Lebih lanjut, penggunaan aplikasi penjualan yang sudah diotomatisasi juga akan meningkatkan produktivitas personel di dalam tim penjualan (sales).Apakah Anda masih kebingungan mengenai cara dan fungsi dari automation sales? Apakah Anda tertarik untuk mengimplementasikan sistem automation sales pada bisnis yang sedang Anda jalankan? Jangan khawatir tertinggal informasi. Berikut kami sajikan 4 keunggulan fungsi automation sales untuk bisnis Anda. Informasi dan penjelasan ini cocok untuk difahami dan diikuti oleh pemula:

Mengurangi Tahapan dan Proses yang Berulang dan Tidak Efisien 

Menurut beberapa ahli, minimal sepertiga dari keseluruhan proses penjualan dapat dilakukan otomatisasi. Sebagai contoh, aktivitas perkiraan penjualan, alokasi sumber daya, manajemen bakat terkait penjualan dapat dianalisis dan dihasilkan datanya oleh aplikasi CRM-Sales. Lebih lanjut, fungsi penjualan seperti manajemen pemesanan dapat dilakukan otomatisasi. Hal ini dilakukan dengan menerapkan otomatisasi proses pada pemeriksaan kredit, penagihan, dan penanganan layanan terkait pesanan. Fungsi ini merupakan keunggulan yang paling banyak dipertimbangkan oleh para pelaku usaha yang ingin menerapkan automation sales.Untuk saat ini, software penjualan dan pembelian di Indonesia telah banyak yang menyediakan fitur otomatisasi. Tinggalkan pencatatan manual dengan penggunaan Software CRM-sales. Tentunya hal ini akan meningkatkan efisiensi proses penjualan barang yang dihasilkan dari bisnis Anda.Secara singkat, automation sales dengan bantuan dari aplikasi CRM-Sales memiliki beberapa fitur unggulan seperti:

  • Database management: Software CRM dapat membantu Anda untuk melakukan pemprosesan terhadap seluruh informasi terkait data pembeli. Seluruh proses tersebut akan di input pada suatu sistem terpusat. Informasi tersebut diperoleh dari adanya interaksi dengan pelanggan melalui berbagai platform seperti chat, email, dan telfon.
  • Mencatat cash flow dan menyesuaikannya dengan target: Aplikasi cash flow akan mencatat seluruh aliran kas lalu dapat menyesuaikannya dengan target dari tim penjualan selama periode waktu tertentu. Hal ini dapat membantu tim penjualan untuk selalu mengontrol target penjualan.
  • Otomatisasi sales quotation: Software CRM akan dapat mengerjakan seluruh bentuk sales quotation. Sehingga tim penjualan tidak perlu repot untuk menginput data secara manual. 
  • Otomatisasi analisis dan pelaporan: Sistem penjualan berbasis web memerlukan mekanisme analisi dan pelaporan terkait penjualan secara komprehensif. Saatnya untuk beralih dari excel dan menggunakan Software CRM-sales. Hasil analisis dan pelaporan penjualan dapat ditarik dan dilihat secara real time dan mudah. Hal ini dapat dengan mudah membantu tim penjualan untuk menghasilkan laporan bulanan yang komprehensif sebelum dilaporkan kepada atasan atau manajer. 
  • Pengaturan jadwal otomatis: Selain aktivitas yang berkaitan dengan manajemen internal dari perusahaan. Software automation sales juga dapat melakukan pengaturan jadwal bertemu dengan pelanggan secara otomatis. Anda dan tim penjualan akan mendapatkan pemberitahuan ketika hari pertumuan akan dimulai. Hal ini akan membantu Anda agar tidak melewatkan satu pertemuan pun dengan pelanggan setia. Keuntungan ini dapat menjaga hubungan baik Anda dengan pelanggan.

Menciptakan Analisis yang Komprehensif dari Proses Penjualan

Analisis penjualan melibatkan mekanisme analisis yang dilakukan oleh perusahaan selama periode waktu tertentu. Banyak perusahaan membuat analisis penjualan mingguan, analisis penjualan bulanan, atau analisis penjualan triwulanan. Analisis penjualan reguler membantu perusahaan akan membantu Anda untuk dapat meningkatkan kinerja penjualan.Analisis penjualan dilakukan dari level bawah hingga level atas perusahaan. Bahkan CEO perusahaan melakukan analisis penjualan untuk memahami segmen di mana perusahaan memperoleh penjualan dan segmen di mana penjualan menurun. Analisis penjualan semacam itu juga dapat membantu bisnis Anda untuk mengembangkan produk. Analisis penjualan juga akan menganalisis tren pasar saat ini. Hal ini dapat membantu perusahaan untuk membaca dan memprediksi tren penjualan di periode yang akan datang. Software CRM-sales dapat melakukan analisis secara otomatis dan komprehensif. Aplikasi ini dapat membantu bisnis Anda untuk mengidentifikasi jalur penjualan yang paling efektif berdasarkan jenis bisnis yang Anda jalankan. Hal ini dapat memberikan efektifitas yang tinggi terhadap proses penjualan produk dari bisnis Anda.

Mengoptimalkan Kuantitas, Kualitas, dan Akurasi Penjualan

Semua pelaku bisnis harus dapat memahami bahwa perencanaan penjualan sangat penting. Namun, banyak pelaku bisnis tidak menyadari pendekatan yang diperlukan untuk mencapai efisiensi tertinggi. Untuk mencapai kinerja yang optimal, perencanaan penjualan perusahaan harus mencakup kombinasi antara analisis data, proses bisnis, dan keterlibatan operasional. Selain itu, software perencanaan keuangan dan penjualan terintegrasi harus digunakan.Beralih dari excel dan menggunakan software CRM merupakan pilihan yang bijak. Hal ini dikarenakan spreadsheet pada excel sering menimbulkan kesalahan analisis dan interpretasi data. Gunakanlah aplikasi CRM-Sales untuk mengatasi permasalahan tersebut. Ketika perusahaan memiliki data yang diperbarui secara real time untuk semua pengguna, itu berarti lebih sedikit pengulangan, lebih sedikit penundaan pembaruan, dan lebih banyak kebenaran dan akurasi di dalam data. Dengan kata lain, mengintegrasikan data Anda ke dalam satu sumber terpusat melalui dasbor keuangan berbasis aplikasi adalah cara jenius untuk memastikan bahwa lebih sedikit kesalahan pelaporan terkait penjualan yang terjadi.

Menciptakan Tim Penjualan yang Solid dan Memiliki Efisiensi Kerja

Produktivitas penjualan dapat dicapai dengan memaksimalkan hasil penjualan sambil mengurangi sumber daya yang dikeluarkan. Sumber daya disini dapat mencakup apa saja mulai dari biaya hingga waktu. Produktivitas penjualan dapat diukur dengan tingkat di mana tim penjualan dapat meningkatkan pendapatan bagi perusahaan. Seringkali, tim penjualan tidak dapat mencapai target penjualan akibat kesalahan pada data penjualan. Tim penjualan sering juga merasa tidak fokus ketika tidak adanya segmentasi yang pasti terkait wilayah target penjualan. Hal ini dapat berakibat fatal sehingga produktivitas tim penjualan menjadi menurun. Lalu bagaimana untuk dapat menciptakan tim penjualan yang solid dan memiliki efektivitas kerja?Tim penjualan memerlukan aplikasi CRM yang dapat diandalkan untuk setiap proses kerja mereka. Selain dapat mengetahui tren data penjualan dan cash flow, tim penjualan juga dapat melakukan segmentasi. Hal ini akan mempermudah tim penjualan untuk berfokus pada jenis produk atau wilayah target penjualan tertentu. Tim penjualan akan dapat dengan mudah mengontrol dan memantau proses penjualan secara tersegmentasi. Fokus tim penjualan akan meningkat sehingga target penjualan yang sudah ditentukan sebelumnya dapat tercapai dengan baik. Pemetaan penjualan ini dapat dilakukan secara otomatis dan dapat diakses secara langsung pada aplikasi automation sales.Itulah 4 keunggulan utama dari fungsi automation sales dengan bantuan software CRM-sales yang akan membantu bisnis Anda untuk meningkatkan akurasi dan kuantitas penjualan. Segeralah beralih dari metode perencanaan penjualan yang manual ke perencanaan berbasis aplikasi automation sales yang dapat diandalkan. Jangan biarkan Anda kalah dalam bersaing untuk mendapatkan pangsa pasar yang jauh lebih besar dengan melewatkan kesempatan untuk lebih berkembang dengan software CRM-sales!


You Might Also Like