banner iklan

5 Jenis Software yang Dibutuhkan untuk Pengembangan Bisnis Perusahaan

5_jenis_software_yang_dibutuhkan_untuk_pengembangan_bisnis_perusahaan

Software merupakan sebuah perangkat lunak dalam sebuah sistem komputer yang digunakan untuk melakukan suatu pekerjaan dengan mudah dan efektif. Di dalam mengelola sebuah bisnis atau usaha dalam suatu perusahaan baik bisnis dalam skala besar, menengah, maupun kecil, pasti terdapat sebuah software yang digunakan untuk membantu menjalankan bisnis tersebut. Software tersebut dapat dikatakan sebagai software bisnis. Software bisnis merupakan sebuah perangkat lunak yang digunakan oleh suatu perusahaan untuk membantu mengembangkan produktivitas bisnis yang sedang digelutinya.Dalam sebuah bisnis berskala kecil, perusahaan biasanya menggunakan software akuntansi dan software pengolah data (invoice). Untuk bisnis dalam skala menengah, biasanya perusahaan menggunakan software yang lebih kompleks dari bisnis berskala kecil yaitu seperti software CRM (Customer Relationship Management), software payroll, software backoffice, dan software human resource. Sedangkan untuk bisnis dengan skala besar, software yang digunakan disesuaikan dengan kebutuhan perusahaan tersebut dan sistem software yang digunakan bersifat telah terdistribusi.Berikut akan dibahas mengenai 5 jenis software yang paling berpengaruh terhadap pengembangan bisnis perusahaan sehingga 5 jenis software ini sangat dibutuhkan oleh perusahaan dalam meningkatkan bisnisnya:

  1. Software Jaringan Komunikasi

Komunikasi adalah salah satu hal penting yang harus dibangun dengan baik dalam menjalankan suatu bisnis antara satu perusahaan dengan perusahaan lain maupun antara perusahaan dengan karyawannya. Dengan adanya software jaringan komunikasi, maka akan memudahkan proses komunikasi dan jalinan informasi antara dua pihak tanpa adanya halangan seperti jarak yang terlalu jauh. Contohnya seperti perusahaan dengan para karyawannya yang bekerja secara online misalnya pekerjaan freelance. Perusahaan yang menggunakan software jaringan komunikasi dapat mengorganisir tugas dan melakukan beberapa pencatatan untuk para karyawannya secara online dengan cara bertatap muka secara online dan perusahaan juga masih dapat menyelenggarakan pertemuan rapat.

  1. Software Pengelola Jadwal

Software pengelola jadwal sangat dibutuhkan oleh seorang pebisnis yang memiliki beragam aktivitas dalam sehari yang dapat disusun secara teratur untuk menjamin pebisnis melakukan pekerjaannya secara tepat waktu. Di dalam software pengelola jadwal, seorang pebisnis akan dibantu oleh asisten virtual dalam mengelola jadwal harian mereka, memperhatikan bahwa setiap pekerjaan telah terselesaikan dengan baik dan memberi peringatan terhadap jadwal-jadwal yang akan dilakukan di hari berikutnya.

  1. Software Jaringan Data

Software jaringan data merupakan software yang sangat familiar dan sering dipakai oleh suatu perusahaan. Software jaringan data dapat digunakan baik melalui pc maupun handphone dan dapat diakses oleh perangkat lain di berbagai lokasi dimana selama jangkauan akses jaringan data tersebut masih terjangkau. Pada umumnya, sebuah perusahaan membuat jaringan akses antara perusahaan tersebut dengan para karyawannya agar dapat saling mengedit atau mengubah data satu sama lain secara bebas tanpa batasan ruang dan waktu.

  1. Software Akuntansi

Software akuntansi merupakan software yang wajib digunakan oleh suatu perusahaan dalam mengelola bisnisnya terutama dalam hal yang berkaitan dengan keuangan. Dengan menggunakan software akuntansi, perusahaan dapat mengelola laporan keuangannya dengan mudah. Perusahaan dapat membuat laporan mengenai keuangan bisnisnya, memperhatikan kondisi keuangannya, mengelola utang dan piutang, membuat dan mengirim invoice atau pengolah data, mengelola kas, membuat pajak pada perusahaan, dan sebagainya secara efektif dan efesien.Penggunaan software akuntansi membuat data dan informasi keuangan tersaji dengan cepat, akurat, dan tepat waktu sehingga pengelolaan keuangan tidak lagi memakan banyak waktu dan biaya yang digunakan untuk merekrut karyawan tambahan sehingga perusahaan bisa fokus untuk mengembangkan bisnisnya.

  1. Software Stok Barang

Software stok barang sangat membantu perusahaan dalam mengetahui berapa banyak jumlah barang yang masuk, jumlah barang yang keluar, dan sisa stok barang yang tersimpan di dalam gudang. Dengan adanya software stok barang, perusahaan dapat terhindar dari kesalahan pencatatan stok yang menyebabkan kekurangan maupun kelebihan stok suatu barang. Fitur-fitur yang terdapat di dalam software stok barang antara lain seperti fitur untuk menginput data stok, menghapus data, mengedit data stok, dan fitur-fitur lainnya yang berhubungan dengan stok barang.Demikian pembahasan mengenai 5 jenis software yang dibutuhkan perusahaan untuk mengembangkan bisnisnya. Perusahaan diharapkan dapat memaksimalkan penggunaan software-software tersebut dengan baik sehingga bisnis yang digeluti semakin berkembang dan tidak terhambat kendala apapun. Namun saat ini ada software yang dapat mengintegrasikan beberapa fungsi di dalam satu software yaitu software Enterprise Resource Planning (ERP).  Salah satu penyedia software ERP adalah Ukirama. Ukirama ERP dapat mengintegrasikan bagian penjualan, pembelian, persediaan, dan akuntansi dalam satu software sehingga menghasilkan laporan-laporan yang Anda butuhkan, salah satunya laporan keuangan. Informasi lebih lanjut mengenai Ukirama ERP dapat dilihat di sini .


You Might Also Like