banner iklan

5 Rekomendasi Web Based Accounting Software di Tahun 2024

Sindhu Partomo
Rekomendasi Web Based Accounting Software di Tahun 2024

Daftar Isi


Kenapa Usaha Butuh Software Akuntansi?

Besar atau kecil, seorang pengusaha harus mencatat pemasukan dan pengeluaran bisnisnya supaya keuntungan terlihat jelas. Untuk pengusaha yang baru merintis dan jumlah transaksi belum banyak, memakai spreadsheet Excel sederhana, atau bahkan buku dan kertas mungkin cukup untuk melakukan pembukuan.

Tapi, kalau jumlah transaksi dan invoice mulai banyak, plus kamu mulai butuh laporan keuangan yang cepat dan akurat, maka accounting software jadi wajib. Sekarang ini, web based accounting software jauh lebih populer karena kita tidak perlu memikirkan biaya pembelian dan perawatan server. Terlebih lagi, dengan web based kita akan selalu mendapatkan update fitur terbaru, cukup dengan membayar satu harga.

Apa saja web based accounting software yang direkomendasikan untuk berbagai bisnis di tahun 2024?

5 Web Based Accounting Software Terbaik 2024


1. Ukirama

Ukirama adalah penyedia software bisnis web based asli Indonesia yang menjawab berbagai kebutuhan bisnis mulai dari akuntansi, manufaktur, hingga payroll, sejak 2016. Ukirama dipercaya oleh 120+ perusahaan untuk membantu mengelola bisnis setiap hari, lewat dengan software enterprise resource planning: Ukirama ERP. Produk ERP dari Ukirama ini populer karena simpel, didesain sesuai kebutuhan bisnis di Indonesia, dan juga bisa diatur mengikuti alur bisnis perusahaan.

Sebagai web based accounting software, Ukirama bisa mengurangi hingga 85% proses manual pembukuan akuntansi. Tidak cuma itu, fitur Ukirama ERP juga memungkinkan kita mengakses laporan keuangan, laba rugi, sampai stok gudang secara real time, di mana saja dan kapan saja.

Ukirama menyediakan modul lengkap mulai dari business intelligence dashboard, akuntansi dan keuangan, manajemen inventory dan gudang, fitur proyek, reparasi, manufaktur, sampai payroll. Menariknya, Ukirama memberikan semua fitur ini beserta paket implementasi tanpa biaya tambahan. Pengusaha dan pemilik bisnis yang mencari solusi software akuntansi untuk bisnis seperti itu, sebaiknya memilih penyedia software enterprise resource planning yang punya tim support serta konsultan andal. Kalau kamu mau mempelajari lebih lanjut perbandingan antara Ukirama ERP dengan web based accounting software lainnya klik di sini.

2. Xero

Xero menyediakan beberapa paket langganan untuk web based accounting software-nya, termasuk Paket Premium mulai dari $54 per bulan. Xero mendukung berbagai fungsi dasar akuntansi, dan punya fitur tambahan yang mungkin bisa berguna untuk perusahaan di bidang tertentu, seperti pelacakan progres untuk proyek bagi perusahaan kontraktor.

Sebagai software akuntansi, Xero terbilang populer diantara pengusaha yang memiliki bisnis mulai dari skala kecil. Tentu saja, Xero memiliki keterbatasan dalam hal fitur untuk bisnis-bisnis yang butuh fungsi spesifik seperti manufaktur atau reparasi, terutama yang berskala besar.

3. MYOB

Sebagai salah satu software akuntansi populer, MYOB awalnya bukanlah aplikasi berbasis web, melainkan software akuntansi offline yang sudah lama ada, yaitu sejak 1991. MYOB berasal dari Australia, dan sempat menjadi perusahaan publik sebelum akhirnya dicabut dari lantai bursa pada tahun 2019. Berusia cukup tua, MYOB kini menawarkan pilihan web based.

Paket MYOB AccountRight Premier diberi banderol harga US$170 per bulan. Harga ini belum termasuk fitur-fitur ekstra yang harus dibeli terpisah dengan biaya tambahan. Selain keterbatasan fitur, kekurangan MYOB yang lainnya adalah softwarenya hanya bisa dijalankan di sistem operasi Windows, dan tidak bisa diakses di MacOS, Apple, atau Android.

4. Quickbooks

Quickbooks adalah penyedia web based accounting software lainnya yang juga populer. Seperti MYOB, Quickbooks juga berawal dari aplikasi offline dan masih menawarkan pilihan desktop atau on premise bagi mereka yang ingin mengelola server sendiri.

Meski fungsinya terbatas pada akuntansi, Quickbooks punya brand dan kualitas yang kuat. Terbukti, Quickbooks saat ini menjual paket enterprise terbaiknya dengan harga hampir Rp70.000.000 per tahun, untuk 40 user. Tentunya, penambahan jumlah user akan dikenakan biaya ekstra.

5. Zoho Books

Zoho adalah perusahaan software yang menjual berbagai aplikasi, mulai dari aplikasi gudang (inventory), customer relations management (CRM), dan sebagainya. Untuk web based accounting software, Zoho Books menawarkan paket tertingginya yang bernama Ultimate. Zoho Books Ultimate dipatok seharga US$2.400 per perusahaan per tahun, atau sekitar Rp37.400.000. Ini tidak termasuk biaya tambahan bila ingin menambah jumlah pengguna di atas 25 user.

Untuk fungsi akuntansinya, Zoho Books punya fitur feed bank otomatis, portal klien, akuntansi dan perpajakan, pembayaran online, template faktur, dan analisis laporan.

Kalau kamu mau tahu lebih banyak tentang akuntansi, ERP, atau ingin bisa menjalankan pencatatan dan analisis akuntansi secara serba otomatis, pelajari fitur dari Ukirama di sini.

Ukirama ERP memudahkan ratusan perusahaan mengelola bisnis setiap hari

Jadwalkan Demo

Sindhu Partomo
Sindhu Partomo

Seorang penulis dengan fokus pada Branding dan Digital Marketing

You Might Also Like