6 Cara Mengelola Manajemen Persediaan Secara Efektif dan Tepat

Cara Mengelola Manajemen Persediaan dengan Efektif

Daftar Isi


Kamu punya bisnis tapi masih bingung cara mengelola persediaan? Atau kamu seorang calon pemilik bisnis tapi masih ragu cara manajemen persediaan secara efektif? Sebuah keputusan yang tepat jika kamu membaca artikel ini karena kami akan membahas bagaimana cara mengelola persediaan bisnis dengan efektif dan tepat dalam artikel ini. Namun sebelum mencari tahu bagaimana cara mengelola persediaan dengan efektif, kamu perlu tahu dulu pengertian dari manajemen persediaan yang akan dibahas lebih lanjut… Berikut penjelasanya…

Latar Belakang Manajemen Persediaan

Persediaan atau inventory merupakan sesuatu yang sangat dibutuhkan dalam sebuah perusahaan atau bisnis karena persediaan merupakan pusat pergerakan dari produk yang akan kamu berikan ke customer kedepannya. Dengan memiliki persediaan, pergerakan barang yang kamu miliki akan menjadi lebih terstruktur dan efisien sehingga akan berpengaruh terhadap layanan yang kamu berikan ke customer. Selain berpengaruh terhadap layanan customer, manajemen internal kamu juga akan lebih efektif karena pergerakan barang yang kamu miliki akan lebih rapi dan memiliki flow, sehingga kesalahan barang akan dapat diminimalisir. Lantas apa persediaan menurut para ahli? Simak penjelasan dibawah ini:

Persediaan (Inventory) Menurut Para Ahli:

1. Agus Ristono: Dalam bukunya yang berjudul "Manajemen Persediaan" pada tahun 2009 Ristono menyebutkan bahwa persediaan merupakan beberapa barang-barang yang disimpan untuk digunakan atau dijual pada masa ataupun periode yang akan datang.

2. Warren: Warren, dalam bukunya menjelaskan bahwa inventory adalah berbagai barang dagang yang dapat disimpan untuk kemudian dijual dalam operasi bisnis perusahaan dan dapat digunakan dalam proses produksi atau untuk tujuan tertentu.

Itulah beberapa penjelasan persediaan (inventory) menurut para ahli. Sangat penting bukan memiliki persediaan dalam sebuah perusahaan? Itulah mengapa pada akhirnya berbagai teori dan cara manajemen persediaan diciptakan. Tentu saja karena persediaan merupakan aspek yang esensial dan harus diperhatikan dalam menjalankan bisnis.

Setelah mengetahui latar belakang manajemen persediaan dari pengertianya hingga mengapa hal tersebut menjadi penting, kamu pasti ingin mengetahui cara melakukan manajemen persediaan yang efektif untuk perusahaan? Berikut penjelasanya…

6 Cara Mengelola Manajemen Persediaan dengan Efektif dan Tepat:

1. Membuat Perencanaan (Planning)

Membuat Perencanaan

Membuat perencanaan dalam segala sesuatu sangatlah penting. Salah satunya ketika berhubungan dengan persediaan perusahaan, kamu perlu membuat perencanaan dengan baik supaya persediaan yang sudah kamu persiapkan tidak sia-sia dan kamu tidak salah mengambil keputusan. Beberapa perencanaan yang dapat kamu buat misalnya seperti:

  1. Pahami terlebih dahulu tujuan bisnis
    sehingga kamu dapat menentukan fokus strategi persediaan dengan baik, misalnya customer oriented, atau process efficiency oriented

  2. Menentukan strategi inventory sesuai dengan visi misi perusahaan

  3. Merencanakan peralatan dan perlengkapan yang digunakan untuk memaksimalkan persediaan dari segi biaya hingga efektivitasnya

  4. Jika sudah menentukan strategi yang tepat dan melakukanya dengan peralatan yang sudah dipersiapkan, jangan lupa juga untuk mengevaluasinya setelah beberapa waktu sehingga ketika strategi yang ada kurang tepat kamu bisa mencoba untuk menerapkan strategi lainnya lagi dan melakukan perencanaan kembali

Jika kamu masih belum memahami apa saja strategi inventory yang dapat kamu terapkan, kamu dapat membaca artikel “Inilah 5 Hal Kenapa Inventory Management Penting untuk Perusahaan”

BACA JUGA: Inilah 5 Hal Kenapa Inventory Management Penting untuk Perusahaan

Lalu setelah membuat perencanaan berikut hal yang dapat kamu lakukan selanjutnya…

2. Pahami sistem persediaan

Selain membuat perencanaan. Hal yang harus kamu pahami untuk mengelola persediaan dengan efektif adalah memahami sistem persediaan dengan baik. Hal ini merupakan salah satu tahapan yang penting karena tanpa memahami sistem persediaan, kamu tidak akan tahu bagaimana persediaan seharusnya bekerja dengan baik.

Lalu apa itu sistem persediaan?

Jika mengacu pada definisi sistem, sistem sendiri adalah kumpulan aturan atau cara kerja yang terorganisir untuk mencapai tujuan tertentu. Dengan memahami sistem, maka kamu dapat memahami bagaimana persediaan itu seharusnya dapat berjalan dengan efektif.

Secara sederhana, sistem persediaan adalah cara atau metode yang digunakan untuk mengatur dan mengelola barang atau produk yang dimiliki oleh sebuah bisnis. Sistem ini dirancang untuk memastikan bahwa persediaan atau stok barang selalu tersedia dalam jumlah yang cukup untuk memenuhi permintaan pelanggan.

Sekarang pertanyaannya adalah sistem persediaan sistem persediaan apakah yang paling tepat untuk sebuah perusahaan? Jawabanya tidak ada. Hal tersebut dikarenakan kamu sendiri yang harus menentukan bagaimana sistem persediaan yang tepat untuk perusahaanmu

3. Buat sistem dan SOP yang jelas

Terapkan Sistem dan SOP yang Jelas

Setelah memahami apa itu sistem persediaan. Hal yang harus kamu lakukan selanjutnya adalah membuat sistem yang jelas sesuai dengan standar sistem yang kamu inginkan. Misalnya keteraturan pada penyimpanan gudang yang dibuat dengan kode pada lokasi tertentu sehingga barang yang ada dapat dicari dengan mudah. Atau misalnya sistem restock dengan menggunakan strategi Just in Time untuk menghemat anggaran. Semuanya itu kamu yang menentukan sesuai dengan fokus strategi yang kamu pilih.

Selain sistem, kamu juga harus menentukan SOP yang jelas. SOP atau Standar Operasional Prosedur dalam perusahaan khususnya persediaan harus ditentukan sejak awal karena dengan memiliki standar yang jelas. Kamu akan dapat menilai baik buruknya proses operasional persediaan yang kamu miliki sehingga kamu memiliki standar yang jelas dalam menilai kinerja proses operasional gudang. Bayangkan jika tidak ada SOP yang mengatur, maka standar baik atau buruknya proses tidak dapat dinilai dengan objektif. Adapun selain digunakan untuk menilai proses operasional persediaan, SOP juga dapat digunakan untuk menilai kinerja karyawan secara objektif. Karena kamu bisa tahu ketika karyawan sudah memenuhi SOP perusahaan berarti mereka sudah bekerja sesuai standar yang ada. Tetapi dalam hal ini, untuk karyawan harus ada standar penilaian lain yang digunakan menilai kinerja secara objektif. Tetapi yang perlu dipahami adalah SOP dapat membantu.

4. Pahami detail persediaan dengan matang

Memahami Detail Persediaan dengan Matang

Setelah membuat sistem dan SOP yang jelas. Kamu juga harus memahami detail persediaan dengan matang, beberapa yang harus kamu perhatikan detailnya adalah:

  1. Rincian
    Rincian yang dimaksud dalam hal ini adalah detail dari setiap persediaan yang kamu terapkan dalam perusahaanmu. Beberapa hal yang kamu harus perhatikan rinciannya seperti sistem persediaan yang kamu terapkan, atau mungkin penempatan barang sesuai kategori pada persediaan, dan hal-hal lain seperti jadwal atau resiko dan keunggulan yang akan dibahas dibawah ini

  2. Jadwal
    Jadwal merupakan sesuatu yang harus dipahami karena dengan menetapkan jadwal yang tepat kamu dapat memiliki keteraturan dalam manajemen persediaan. Bayangkan jika kamu memiliki jadwal yang tetap untuk keluar masuknya barang. Baik dari supplier atau untuk customer, bukankah hal ini akan sangat efektif?

  3. Resiko dan Keunggulan
    Selain rincian dan jadwal, resiko dan keunggulan juga merupakan sesuatu yang harus dilihat. Kamu dapat melakukan analisa peluang sekaligus kelemahan dari strategi dan sistem yang kamu buat. Dengan begitu kamu dapat memiliki manajemen persediaan yang efektif.

5. Jangan lupa selalu lakukan analisis kinerja

Setelah memahami detail persediaan, jangan lupa untuk selalu melakukan analisis kinerja. Dengan melakukan analisis kinerja kamu akan dapat mengevaluasi kinerja. Sehingga ketika kamu lihat bahwa ada hal yang kurang baik atau kurang maksimal. Kamu dapat segera memperbaikinya sehingga manajemen persediaan semakin baik dan semakin baik. Selain itu, kamu juga dapat melihat hal yang sudah baik sehingga dapat kamu pertahankan atau bahkan kamu tingkatkan. Maka dengan begitu manajemen persediaan semakin lama semakin efektif

6. Gunakan aplikasi manajemen inventory seperti ERP

Aplikasi Manajemen Inventory Efektif Yaitu ERP

Aplikasi manajemen inventory akan sangat membantumu dalam mengelola inventory manajemen. Banyak aktivitas yang menjadi mudah karena adanya aplikasi manajemen inventory kamu dapat melacak persediaanmu hanya dalam satu aplikasi. Misalnya saja tanpa aplikasi manajemen inventory kamu harus sering-sering melakukan pengecekan ke lokasi untuk memastikan semuanya berjalan lancar, atau mungkin jika tidak ke lokasi kamu harus melakukan pengecekan selalu dengan karyawanmu secara terus-menerus. Tapi semua itu tidak akan kamu rasakan lagi ketika kamu beralih ke aplikasi manajemen persediaan seperti Ukirama ERP, karena dengan menggunakan Ukirama ERP kamu dapat melakukan tracking pergerakan seluruh inventory sehingga kamu dapat memahami seluruh detail yang kamu butuhkan dalam inventory. Penggunaan Ukirama ERP juga dapat membantumu dalam meningkatkan efektivitas persediaan seperti perhitungan HPP/COGS secara otomatis, pencatatan barang dengan multi unit, pencatatan multi warehouse dalam satu aplikasi, dan masih banyak lagi fitur lainnya yang akan membantumu dalam stock opname yang lebih mudah dan tentunya meningkatkan efektivitas inventory perusahaan.

Kesimpulan

Itulah 6 cara mengelola manajemen persediaan dengan efektif. Sangat mudah untuk diterapkan bukan? Kamu hanya perlu memastikan semuanya berjalan dengan lancar dan menerapkan 6 cara tersebut untuk dapat mengelola manajemen persediaan secara efektif dan tepat. Selamat mencoba…

Hubungi expert kami dan konsultasikan kebutuhan bisnismu sekarang.

Tanya Expert Kami

Aththaariq Rizki

Saya seorang konsultan yang tertarik pada penulisan terkait software ERP, Data Analisis, dan Supply Chain Management

You Might Also Like