6 Metode Penetapan Harga yang Penting Diketahui Semua Pebisnis

5_metode_penetapan_harga_yang_penting_diketahui_semua_pebisnis

Metode penetapan harga adalah aspek penting yang harus dipahami oleh semua orang yang terjun ke dunia bisnis.Dalam sebuah bisnis, harga sangat berperan penting dalam penjualan produk. Salah menetapkan harga, bisa jadi bisnis Anda akan merugi.Oleh karena itu, perlu metode penetapan harga yang tepat agar produk bisa diterima dengan baik di pasar dan perusahaan bisa mendapatkan keuntungan dari penjualan produk. Dalam menentukan harga produk, kita tidak hanya berfokus pada biaya produksi saja. Sebab, kita juga mengeluarkan tenaga, waktu, dan berbagai hal lain agar produk tersebut tercipta. Jadi, Anda perlu melakukan pertimbangan matang ketika menetapkan harga sebuah produk,

Definisi Penetapan Harga

Penetapan harga adalah proses menetapkan nilai yang ingin Anda terima ketika memproduksi barang atau jasa. Hal ini bisa Anda lakukan dengan menyesuaikan biaya produksi dengan permintaan konsumen.Ketika memproduksi sebuah produk, kita tentu ingin menjualnya agar bisa memperoleh keuntungan. Keuntungan tersebut bisa Anda dapatkan melalui penetapan harga.Ada banyak hal yang harus Anda pertimbangkan ketika menetapkan harga sebuah produk, seperti biaya produk serupa yang sudah ada di pasar, kualitas barang dan jasa, konsumen yang menjadi target, dan biaya produksi secara keseluruhan.Kondisi lingkungan dan politik juga harus Anda pertimbangkan ketika menetapkan harga sebuah produk.

Fungsi Penetapan Harga Produk

Harga merupakan komponen penting yang membawa keuntungan Anda dalam berbisnis. Sebab. Harga yang Anda tetapkan bisa berpengaruh besar pada permintaan pasar dan mempengaruhi posisi bisnis atau perusahaan Anda di dalam persaingan. Dari sisi konsumen, harga juga menjadi pertimbangan penting dalam membeli sebuah produk. Penetapan strategi harga juga diperlukan untuk menunjang semua aktivitas transaksi agar sesuai dengan kemampuan konsumen. Menetapkan harga produk juga bisa menjadi media untuk menentukan banyaknya konsumen yang akan Anda jadikan target market. Secara rinci, penetapan harga memiliki fungsi sebagai berikut:

  1. Memaksimalkan profit
  2. Membantu mencapai target penjualan
  3. Senjata untuk menang dalam persaingan bisnis
  4. Memperluas pasar
  5. Membentuk citra produk
  6. Membantu konsistensi penjualan.

Dari penjelasan diatas, bisa kita ketahui bahwa penetapan harga sangat penting dalam penetapan bisnis Anda. Salah menetapkan harga bisa berakibat fatal pada bisnis Anda. Karena itu, Anda memerlukan metode yang tepat dalam menetapkan harga.

Strategi Menentukan Harga Produk

Ada dua strategi yang bisa Anda terapkan untuk menentukan metode penetapan harga, yaitu penetration dan skim the cream.Strategi penetration bisa dilakukan ketika terdapat persaingan yang ketat di pasar atau banyak kompetitor yang lebih dahulu menjual produk tersebut.Dengan strategi ini, Anda hanya perlu mematok harga rendah agar konsumen tertarik membelinya. Namun, Anda perlu berhati-hati dalam menggunakan strategi ini. Sebab, mematok harga yang terlalu rendah bisa membuat Anda merugi dan turut memengaruhi harga di pasar.Sementara itu, strategi skim the cream bisa dilakukan ketika tidak ada pesaing di pasar. Dengan pendekatan ini, Anda bisa memasang tariff paling tinggi agar bisa mendapatkan keuntungan besar. Dengan strategi ini, Anda bisa mematok harga setinggi-tingginya karena tidak ada pesaing di pasar.

Jenis-Jenis Metode Penetapan Harga

Ada berbagai jenis metode penetapan harga yang bisa Anda terapkan ketika menjual sebuah produk. Berikut jenis-jenis metode penetapan harga yang bisa Anda terapkan:

  1. Cost plus pricing atau biaya plus

Metode penetapan harga ini banyak digunakan oleh pebisnis untuk menentukan harga produk.Metode cost plus pricing dilakukan dengan menghitung jumlah total biaya yang digunakan, lalu ditambahkan dengan jumlah satuan tertentu agar bisa mendapatkan laba sesuai keinginan atau margin.Misalnya, Anda memproduksi coklat dengan harga Rp 5000 per unit dan markup 25% dari total biaya. Maka penetapan harga bisa dihitung dengan cara menjumlah harga pokok produksi ditambahkan dengan hasil makrup presentasi dai biaya produksi. Jadi, Anda bisa menjual coklat produksi Anda seharga Rp 5000 + Rp 5000 x 0,25= Rp 6250.

  1. Markup

Markup adalah metode penetapan harga dengan pedoman harga awal produk yang ditambah dengan keuntungan. Penerapan metode ini dilakukan dengan menaikan beberapa persen harga beli produk berdasarkan biaya lain agar harga masih tetap bisa bersaing.Misalnya, Anda memproduksi camilan dengan biaya per unit Rp 16.000. Jika Anda ingin mendapatkan keuntungan 20% dari penjualan, maka penetapan harga jual tersebut sebesar Rp 16.000: 1-0,20= Rp 20.000

  1. Berdasarkan pesaing

Penetapan metode harga ini dilakukan dengan melihat harga yang sudah ditetapkan oleh pesaing. Jika menggunakan metode ini, Anda tetap harus memantau harga di pasaran agar bisa memasang harga yang lebih rendah dari pesaing.Namun, hindari memasang tarif yang terlalu rendah agar tidak merusak harga di pasaran yang juga berdampak pada perusahaan.

  1. Permintaan pasar

Metode penetapan harga ini dilakukan dengan mendengarkan pendapat konsumen di pasar. Dalam metode ini, Anda harus mempertimbangkan beberapa faktor seperti negosiasi konsumen saat transaksi.Anda juga harus memastikan kualitas dan kuantitas produk agar konsumen tetap bersedia membeli produk Anda.

  1. Break event point

Metode penetapan harga ini dilakukan dengan menghitung total biaya pengeluaran dan hasil total yang diterima. Metode break event point dilakukan untuk menciptakan keseimbangan pasar.Break event point bisa Anda gunakan sebagai tolak ukur saat memulai sebuah bisnis agar modal yang dikeluarkan bisa kembali. Metode break event point juga bisa Anda gunakan untuk mengukur kapasitas produksi dan melakukan efisiensi.Terdapat empat komponen yang harus Anda pertimbangkan ketika menggunakan metode ini, yaitu biaya tetap, biaya variabel, pendapatan, dan laba.

  1. Keystone pricing

Metode ini dilakukan dengan menggandakan modal yang kita keluarkan dalam memproduksi sebuah produk. Dengan begitu, kita harus menjual produk dua kali lipat dari harga produksi.Jika menggunakan metode ini, Anda harus memastikan produk yang Anda hasilkan memiliki kualitas yang tinggi dan sesuai dengan harga jualnya. Jadi, konsumen tidak merasa rugi ketika membelinya,Itulah penjelasan lengkap mengenai metode penetapan harga. Harga adalah hal penting yang perlu kita pertimbangkan saat memulai sebuah bisnis. Salah menentukan harga maka keuntungan yang Anda peroleh tidak akan maksimal.Karena itu, Anda perlu strategi dan metode terbaik untuk menetapkan harga sebuah produk. Setiap produsen menggunakan metode penetapan harga yang berbeda-beda karena ada banyak faktor yang perlu dipertimbangkan dalam menetapkan harga produk. 


You Might Also Like