7 Cara Hemat Biaya untuk Ongkos Kirim Barang Usaha Anda

7_cara_hemat_biaya_untuk_ongkos_kirim_barang_usaha_anda

Rasa-rasanya tidak ada lagi hal yang bisa membatasi transaksi jual beli di era yang serba digital ini. Barang apapun yang Anda butuhkan, cukup cari di ponsel dalam genggaman, dan bisa sampai di depan pintu rumah Anda dengan cepat. Tak ada lagi ceritanya harus repot-repot berangkat ke toko dan membeli barang secara manual.Belum lagi membeli barang secara manual bisa menghabiskan waktu, tenaga, dan uang. Ada kemacetan yang harus ditempuh. Ada biaya parkir yang mau tak mau harus diberikan. Ada ongkos transportasi atau bensin yang tak terhindarkan. Artinya, harga barang yang semula murah bisa jadi lebih mahal karena biaya-biaya tak kasat mata itu.Tapi untungnya, kini usaha dan bisnis apapun dipermudah dengan adanya ekspedisi pengiriman. Mendistribusikan barang ke pembeli atau antara supplier ke perusahaan juga jauh lebih mudah. 

Jasa Logistik Kian Melesat

Di era e-commerce dan transaksi digital, jasa logistik atau ekspedisi kian melesat. Bahkan pada tahun 2016 saja, tren belanja online melesat menjadi 295 triliun rupiah atau 25 miliar dolar AS. Bandingkan dengan tiga tahun sebelumnya ketika angkanya masih di kisaran 94,5 triliun rupiah.Seakan memahami tren tersebut, industri logistik juga terus berkembang. Asosiasi Perusahaan Jasa Pengiriman Ekspres Indonesia (ASPERINDO) menebak sesuai prediksi, bahwa industri logistik meningkat 15 persen pada tahun 2017 lalu.Mendukung estimasi tersebut, Domestic and International Services-Outlook to 2021 juga memprediksi pasar logistik Indonesia akan terus bertumbuh mencapai 7,9 persen hingga tahun 2021. Tanpa disadari, bisnis online dan jasa logistik saling mendukung pertumbuhan satu sama lain.

Perusahaan Logistik Menuju Digital 

Dulu, menggunakan jasa perusahaan logistik untuk mengirim barang masih dilakukan secara manual. Barang yang akan dikirim harus dibawa ke cabang dengan menuliskan alamat lengkap penerima dan pengirim. Kemudian, pengirim harus membayar ongkos pengiriman sesuai dengan kota tujuan.Dalam periode tertentu, barang akan diterima di tujuan. Semua bisa dilacak lewat situs dengan memasukkan nomor seri tertentu yang terdaftar.Itu saja sudah terasa mudah? Sekarang, semuanya jadi jauh lebih mudah lagi.Beberapa kemudahan yang ditawarkan kini di antaranya:

  1. Layanan online

Dengan layanan online, tak perlu lagi menuliskan alamat tujuan secara manual. Semua akan tersinkronisasi dengan sistem dan lebih minim kesalahan penulisan.

  1. Cashless payment

Sudah banyak perusahaan logistik yang menerapkan cashless sebagai metode pembayaran mereka. Banyak opsi yang bisa dipilih pengirim untuk membayar.

  1. Real time tracking

Kemudahan lain adalah pelacakan paket yang bisa dilakukan secara real time. Tak perlu risau menunggu sampai di mana paket yang Anda kirim karena semuanya terupdate oleh sistem secara real time.

  1. Penjemputan

Tak perlu menghabiskan waktu untuk membawa barang langsung ke cabang, pihak logistik bisa menjemput ke warehouse atau rumah Anda


You Might Also Like