7 Hal Seputar Marketing Mix yang Wajib Diketahui Pebisnis

7_hal_seputar_marketing_mix_yang_wajib_diketahui_pebisnis

Pernah mendengar istilah marketing mix? Ini merupakan istilah yang mengarah kepada sebuah strategi pemasaran yang bisa berpengaruh terhadap kesuksesan perusahaan di dalam mengejar keutnungan atau profit secara maksimal. Strategi yang dilakukan adalah dengan memanfaatkan berbagai alat pemasaran yang mana konsep tersebut dikenal dengan sebutan marketing mix 7P, di antaranya price, produtcs, place, promotions, people, physical evidance, dan process. Tentunya konsep ini tidak sama jika kamu bandingkan dengan marketing mix 4P.Sekadar informasi bahwa keempat konsep pada marketing mix 4P yaitu place, product, price, serta promotion. Keempat konsep inilah yang nantinya hanya akan memberikan kesan product oriented. Informasi seputar konsep marketing mix akan kami jelaskan selengkapnya di bawah ini.

Penjelasan Konsep Marketing Mix

Setiap bisnis sudah tentu akan menerapkan berbagai strategi pemasaran agar bisa menjual dan mempromosikan produk mereka. Istilah marketing mix itu sendiri baru ada sejak pertengahan abad 20. Seorang profesor Harvard yang sekaligus merupakan pakar pemasaran yaitu Neil Bordon menjelaskan mengenai konsep ini. Dia menerangkan tentang konsep marketing mix pada pidatonya di tahun 1953 pada American Marketing Association.Dalam pidatonya, Neil Bordon juga menjelaskan seperti apa pemasaran bisa mengembangkan serta melaksanakan rencana pemasaran menjadi sukses. Sebuah bisnis bisa mengatur serta mengidentifikasi komponen dari sebuah marketing mix. Ini akan membuat bisnis tersebut mampu membuat keputusan yang menguntungkan. Keputusan ini akan membantu bisnis dalam hal:

  • Membuat bisnis menjadi lebih kompetitif serta bisa dengan mudah beradaptasi di pasar
  • Mampu meningkatkan kelebihan serta mengatasi kekurangan
  • Mampu meningkatkan kolaborasi yang membawa pada keuntungan di antara mitra dan departemen

Sejak 1950-an, unsur-unsur di dalam marketing mix juga telah mengalami beragam transformasi. Transformasi yang terjadi merupakan tanggapan terhadap adanya teknologi baru serta berbagai perubahan lainnya di dalam praktik pemasaran.

Seperti Apa Konsep Marketing Mix 7P?

Untuk membuatmu lebih memahami konsep marketing mix, di sini kami akan menjelaskan tentang konsep dari marketing mix 7P secara lengkap.

  1. Produk 

Produk adalah semua bentuk usaha yang dipasarkan baik produk yang digunakan maupun dikonsumsi sehingga mampu memenuhi kebutuhan konsumen. Jika kamu ingin menjalankan strategi marketing mix dengan sukses, maka kamu harus bisa membuat serta menghasilkan produk dan jasa yang berkualitas.Selain itu, pastikan bahwa produk tersebut memiliki nilai keunikan sehingga menjadi ciri khas yang membedakan dengan produk lainnya. Dengan menerapkan hal seperti itu maka produk yang kami miliki akan secara otomatis daya saingnya meningkat.

  1. Harga

Harga merupakan berapa besar uang yang harus mereka bayar terhadap produk yang ditawarkan. Itu artinya, seseorang akan memanfaatkan produk dan jasa yang ditawarkan dengan catatan jika pengorbanan konsumen berupa uang dan waktu sama dengan manfaat yang mereka dapatkan.Mengenai poin ini, yang menjadi fokusmu yaitu bagaimana cara agar konsumen atau calon pembeli tertarik dan merasa bahwa apa yang mereka keluarkan sesuai dengan yang mereka dapatkan. Jika kamu mampu melakukan hal tersebut, itu tandanya strategi marketing mix yang kamu lakukan berhasil.

  1. Tempat

Konsep marketing mix yang ketiga berfokus pada lokasi atau tempat di mana perusahaan berdiri. Semakin strategis lokasi perusahaan atau tempat usaha, maka semakin besar peluangnya untuk mendapatkan keuntungan sesuai yang diinginkan. Ketika lokasi perusahaan berada di tempat yang strategis, ini akan memudahka para konsumen karena mereka akan lebih mudah menjangkau bisnismu.Selain itu, lokasi yang strategis juga sangat bermanfaat untuk membuat transaksi menjadi lebih mudah dan efisien. Maka tidak heran jika tempat menjadi salah satu faktor penting yang akan menentukan seberapa besar keuntungan yang akan didapatkan oleh perusahaanmu.

  1. Promosi

Strategi yang keempat ini berfokus pada hal-hal yang berkaitan dengan promosi bisnis. Beberapa contohnya yaitu media yang digunakan, bagaimana cara memasarkan sebuah produk, dan lain-lain. Promosi juga merupakan sebuah strategi marketing yang memiliki beberapa tujuan sebagai berikut:

  • Mengomunikasikan sebuah produk baru
  • Mengidentifikasi serta menarik konsumen baru
  • Meningkatkan jumlah pembeli atau konsumen terhadap sebuah produk yang telah dikenal secara luas
  • Mengajak konsumen untuk mengunjungi tempat penjualan produk
  • Memberikan motivasi agar konsumen membeli produk tersebut dibandingkan dengan produk yang lainnya
  1. Orang

Orang atau dalam hal ini sumber daya manusia juga menjadi komponen penting di dalam menerapkan strategi marketing mix. Faktor SDM dapat menentukan kemajuan atau kemunduran sebuah bisnis yang kamu jalankan. Maka dari itu, perusahaan berlomba-lomba di dalam menemukan kandidat terbaik untuk menjalankan pekerjaan terbaik.Tidak jarang perusahaan rela menggaji mereka dengan nominal yang fantastis karena kemampuan yang mereka miliki. Oleh karena itu di dalam memilih sumber daya alam, perusahaan biasanya akan menerapkan seleksi yang cukup ketat, tergantung jabatan atau posisi yang dibutuhkan.

  1. Prosess

Proses yang dimaksud adalah bagaimana perusahaan tersebut melayani berbagai permintaan dari setiap konsumennya. Misalnya terkait konsumen memesan atau order sampai dengan mereka mendapatkan pesanannya tersebut. Beberapa perusahaan biasanya mempunyai cara yang khusus di dalam memberikan pelayanan terhadap konsumennya.Misalnya kamu berada di sebuah restoran. Beberapa restoran menawarkan fasilitas open kitchen. Konsumen atau pelanggan bisa melihat seperti apa proses pembuatan pesanan mereka. Cara ini juga merupakan salah satu strategi marketing mix yang efektif. Ini juga akan membangun rasa kepercayaan konsumen karena mereka mengetahui seperti apa proses pembuatan makanan atau pesanan mereka.

  1. Tampilan Fisik

Tampilan fisik perusahaan atau tempat usaha juga dapat menjelaskan seperti apa penataan bangunan dari perusahaan tersebut. Konsumen bisa memprediksi apakah perusahaan memakai interior unik, memiliki sistem pencahayaan yang unik, ruangan dengan desain menarik, dan lain-lain. Penataan bangunan tersebut juga akan berpengaruh terhadap mood para pengunjung, misalnya kamu memiliki usaha kuliner.Pastikan desain atau kondisi ruangan tempat pelanggan dibuat senyaman mungkin. Ketika suasana ruangan terasa nyaman, bukan tidak mungkin akan semakin banyak orang yang datang ke tempat usahamu.Jadi, terdapat beberapa strategi marketing mix yang dapat kamu terapkan. Strategi tersebut memberikan pengaruh terhadap bisnis yang kamu jalankan. Untuk itu, setiap pebisnis harus mengetahui strategi ini dan bagaimana cara menerapkannya. Semoga bermanfaat.


You Might Also Like