7 Ide Bisnis Ini Bantu Anda Menghasilkan Uang Tambahan Jelang Lebaran

7_ide_bisnis_ini_bantu_anda_menghasilkan_uang_tambahan_jelang_lebaran

Tak dapat dipungkiri bahwa momen Lebaran merupakan momen yang paling ditunggu oleh umat Muslim di Indonesia. Hari Lebaran sangat identik dengan mudik dan bagi-bagi THR. Mudik atau pulang kampung kini telah menjadi tradisi tersendiri yang dilakukan setiap tahun oleh jutaan umat Muslim di Indonesia untuk pulang ke rumah atau mengunjungi sanak saudara yang berada di luar ibukota dan sekitarnya atau bahkan di luar pulau.Selain itu, Hari Lebaran juga identik dengan bagi-bagi THR atau Tunjangan Hari Raya. Kegiatan bagi-bagi THR ini pun juga sudah menjadi tradisi tersendiri bagi masyarakat Indonesia, dimana mereka yang mampu atau memiliki rezeki lebih dapat memberikan amplop berisi uang kepada sanak saudara, terutama anak-anak. Tidak hanya merupakan momen untuk kumpul keluarga dan menjalin tali silaturahmi, Lebaran juga merupakan momen untuk saling memaafkan.Di setiap rumah pasti tersedia aneka kue kering, ketupat, rendang, sayur labu hingga opor ayam. Tentunya tradisi yang telah berjalan bertahun-tahun ini membutuhkan dana yang tidak sedikit. Bagi Anda yang harus mudik ke daerah lain, pasti dibutuhkan biaya untuk transportasi dan pada saat dalam perjalanan. Sedangkan yang tinggal di daerahnya sendiri harus mempersiapkan aneka kue serta makanan untuk menyambut tamu yang datang. Belum lagi mempersiapkan amplop berisi uang yang akan diberikan kepada keponakan dan sanak saudara lainnya. Oleh karena itu, tak sedikit yang mencoba mencari pendapatan tambahan menjelang Lebaran untuk dapat memenuhi seluruh kebutuhan tersebut. Bagi Anda yang juga sedang mencari penghasilan tambahan menjelang Lebaran, berikut dibawah ini ide bisnis yang bisa dijadikan referensi untuk Anda lakukan.

  1. Bisnis Kue Lebaran

Seperti yang telah disebutkan sebelumnya, bisnis kue Lebaran bisa jadi alternatif sumber pemasukan tambahan yang bisa dicoba dimana Anda bisa menjual kue nastar, putri salju, kue keju, dan kue kering khas Hari Lebaran lainnya. Target pasar yang dibidik untuk usaha inipun bisa dimulai  dari teman, tetangga, sanak saudara atau bahkan dengan memanfaatkan teknologi seperti membuka online shop khusus pesanan kue Lebaran. Untuk membedakan produk Anda dengan penjual kue Lebaran lainnya, Anda bisa mencoba dengan memberikan lebih banyak variasi aneka macam kue yang dapat dipilih oleh calon pembeli. Bahkan, jika Anda bisa kreatif, hal ini akan lebih menguntungkan lagi. Misalnya, Anda bisa membuat kue nastar dengan bentuk cupcake. Inovasi yang didukung dengan kualitas dan rasa yang mumpuni tentunya akan mendatangkan banyak konsumen yang tertarik untuk membeli.

  1. Usaha Amplop atau Kartu Ucapan Lebaran

Tradisi selanjutnya yang identik dengan Hari Lebaran adalah bagi-bagi Tunjangan Hari Raya atau sering disebut juga dengan THR. Oleh karenanya, tradisi ini juga bisa dijadikan sebagai ide bisnis berikutnya yang patut untuk Anda coba dengan menjual amplop Lebaran atau kartu ucapan Hari Raya yang bisa digunakan untuk memberikan THR kepada teman dan sanak saudara. Kartu ucapan Lebaran juga cocok untuk digunakan ketika seseorang ingin mengirimkan bingkisan parcel atau bahkan sekedar ingin memberikan kartu ucapan yang manis kepada teman yang merayakan.Amplop atau kartu ucapan kreasi Anda ini dapat dijual melalui online agar target calon pembeli semakin luas. Apalagi jika amplop dan kartu ucapan tersebut memiliki desain yang menarik. Sudah dipastikan pembeli akan datang kepada Anda. Oh ya, bisnis ini tergolong masih belum terlalu banyak diminati di media sosial sehingga kemungkinan besar Anda tidak akan memiliki pesaing yang terlalu banyak.

  1. Makanan Sahur dan Buka Puasa

Ide bisnis selanjutnya yang bisa Anda coba adalah katering makanan sahur dan berbuka. Tak sedikit orang yang beranggapan bahwa memasak untuk berbuka dan sahur terkadang dapat merepotkan, terutama ketika sahur. Hal ini dikarenakan mempersiapkan menu makanan untuk sahur berarti harus bangun lebih awal agar makanan dapat dinikmati tepat waktu.Anda bisa mencoba menjual makanan siap saji untuk berbuka ataupun sahur dengan harga ekonomis dan porsi yang cukup sehingga pembeli hanya perlu menghangatkan kembali makanan tersebut sebelum disantap. Pada bisnis ini, Anda bisa menjualnya di depan rumah dan juga media sosial seperti Instagram, Facebook, atau aplikasi chat seperti Whatsapp dan LINE. Untuk pemesanan melalui media sosial, Anda bisa menerapkan sistem pre-order beberapa jam sebelum buka puasa untuk daerah sekitar rumah Anda dan H-1 hari untuk daerah yang memerlukan waktu pengiriman lebih lama. Selain itu juga konsumen yang dapat Anda targetkan bisa mulai dari tetangga, sanak saudara, teman, dan juga orang-orang yang lewat depan rumah.Jangan lupa pilih menu makanan yang akan dijual dengan baik (utamakan yang tidak mudah basi) dan jaga kualitas rasa serta berikan harga yang terjangkau.

  1. Menjual Perlengkapan Ibadah

Bisnis yang satu bisa dikatakan merupakan bisnis yang tidak akan membuat Anda rugi. Mengapa demikian? Produk yang dijual tidak memiliki batas waktu sehingga jika barang dagangan tersebut tidak laku, Anda masih bisa menjualnya lagi setelah perayaan Hari Lebaran. Agar menarik perhatian calon pembeli, Anda bisa menjual set perlengkapan ibadah dengan model atau desain yang mengikuti jaman. Menggunakan perlengkapan ibadah yang serasi mulai dari sajadah dan mukena sedang menjadi tren saat ini, sehingga hal ini dapat menguntungkan bagi Anda.

  1. Kreasi Parsel

Apabila Anda merasa bisnis makanan terlalu rumit atau berisiko, mungkin usaha yang satu ini bisa menjadi alternatif solusi bagi Anda yang ingin memiliki penghasilan tambahan menjelang Lebaran. Bisnis parcel atau yang sering disebut juga dengan Hampers hanya memerlukan keahlian Anda dalam mengemas berbagai macam snack untuk dijadikan bingkisan yang menarik. Bahan-bahannya pun tergolong cukup mudah untuk didapat, karena Anda hanya perlu membeli aneka snack di supermarket, sedangkan untuk wadah atau keranjang bingkisannya, Anda bisa membeli dari toko yang menjual keperluan bingkisan.

  1. Penyalur ART

Sudah menjadi pengetahuan umum bahwa menjelang Ramadhan semua orang akan pergi mudik untuk silaturahmi kepada sanak saudara. Biasanya, pada saat ini banyak rumah yang kosong sehingga menjadi sangat kotor. Apalagi setelah pulang mudik kebanyakan orang enggan untuk membersihkan rumah akibat lelah dari perjalanan pulang. Oleh karenanya, Anda bisa memanfaatkan peluang ini untuk menjadi penyalur Asisten Rumah Tangga (ART) yang merupakan salah satu jenis usaha yang peningkatannya signifikan menjelang Lebaran. Penyaluran ART biasanya memiliki periode 15 hari, yaitu seminggu sebelum Lebaran dan seminggu setelah Lebaran. Sedangkan untuk besaran gaji yang diterima ART pada umumnya berkisar antara Rp 160.000 hingga Rp 250.000 per hari.

  1. Penyewaan Kendaraan Mudik

Ide bisnis berikutnya yang patut dicoba adalah penyewaan kendaraan mudik. Mungkin Anda memiliki kekhawatiran dalam meminjamkan kendaraan pribadi kepada orang lain. Ya, tak dapat dipungkiri hal ini bisa berisiko. Namun, Anda bisa menyewakan kendaraan Anda kepada orang yang sudah Anda kenal atau percaya. Selain itu, Anda juga dapat membuat peraturan dan perjanjian agar kedua belah pihak saling menguntungkan dan merasa aman. Penyewaan kendaraan banyak dicari oleh mereka yang ingin pulang kampung namun tidak mempunyai kendaraan sendiri.Itulah 7 ide bisnis yang bisa Anda coba untuk menghasilkan uang tambahan menjelang Lebaran. Jangan lupa untuk melakukan riset lebih lanjut sebelum memulai usaha yang diminati untuk menghindari hal-hal yang tidak diinginkan.


You Might Also Like