7 Ide Dekorasi Ulang Ruang Kerja Dirumah Agar Nyaman Dan Produktif

7_ide_dekorasi_ulang_ruang_kerja_dirumah_agar_nyaman_dan_produktif

Sejak awal pandemi COVID-19, banyak perkantoran yang mematuhi aturan pemerintah untuk mempekerjakan karyawannya dari rumah atau WFH (Work From Home). Adanya kebijakan ini diharapkan bisa mengurangi kapasitas orang dalam kantor demi menghindari timbulnya klaster perkantoran.Merespon hal tersebut, tentu bagi sebagian orang bekerja di rumah mungkin menjadi hal yang menyenangkan karena tidak perlu repot datang ke kantor. Tetapi bagi sebagian yang lainnya bahkan termasuk Anda sendiri mungkin hal tersebut tidak begitu menggembirakan. Entah itu karena akan timbul rasa bosan sebab merasa terputus dari rutinitas kerja seperti sebelumnya. Maupun karena ruang kerja Anda dirumah tidak nyaman sehingga nantinya motivasi bekerja pun berkurang. Jika seperti itu kondisinya, mau bagaimana lagi? Tentu mau tidak mau Anda harus menciptakan sendiri suasana kondusif dan menyenangkan di rumah agar Anda dapat tetap menjalankan pekerjaan secara efektif selama pemberlakuan WFH. Oleh sebab itu, berikut ini kami sajikan 7 ide dekorasi ulang ruang kerja dirumah agar Anda nyaman dan bisa tetap produktif.

Menggunakan perabot kantor yang ergonomis

Pertama, meski Anda bekerja di rumah Anda tidak bisa melupakan sebuah kursi kantor. Kursi kantor merupakan salah satu elemen paling penting dalam dekorasi ruang kerja rumah karena kursi kantor yang nyaman akan membuat betah sehingga kerja lebih menyenangkan dan produktivitas meningkat.Pilihlah kursi yang ergonomis, yakni kursi yang dilengkapi dengan fitur roda, fitur pengaturan tinggi kursi, lengan hingga sandaran yang dapat diatur dan fitur-fitur lain yang mampu menghubungkan Anda dengan lingkungan kerja secara serasi. Selain itu penting juga untuk mengkombinasikan kursi dengan meja yang pas. Antara meja dan kursi harus menunjang Anda untuk menjaga kaki Anda di lantai dan siku Anda sejajar dengan pergelangan tangan. Yang mana itu berarti lebih sedikit ketegangan pada sendi Anda dan menciptakan postur yang lebih sehat.

Cat dinding dengan warna inspiratif

Selain perabot meja dan kursi, warna cat dinding ternyata juga mampu memicu semangat produktivitas Anda. Terdapat warna-warna tertentu yang dapat membantu menstimulasi otak, memiliki efek menenangkan, dan pengaruh positif lain yang dapat Anda manfaatkan. Oleh karena itu, cobalah mencari tahu terlebih dahulu tentang psikologi warna untuk mendapatkan pilihan warna yang cocok dengan selera dan kesan yang ingin diciptakan.Sebagai contoh, beberapa jenis warna yang sering digunakan sebagai cat dinding ruang kerja di rumah adalah warna putih yang hangat seperti off white (putih gading), beige, dan abu-abu. Warna-warna tersebut akan  memberikan nuansa kehangatan pada ruangan. Pun akan menenangkan pikiran dan membantu Anda fokus pada tugas-tugas Anda. 

Menambahkan hiasan dinding

Jika Anda ingin menciptakan suasana yang lebih atraktif dan tidak monoton, Anda bisa juga memasang hiasan dinding sebagai dekorasi ruang kerja Anda. Pilihlah pigura dengan gambar menarik, seperti lukisan pemandangan pegunungan, pantai, atau lukisan abstrak dan apapun itu yang sesuai dengan selera Anda.Saat merasa bosan dan mata lelah Anda bisa mengalihkan perhatian sejenak ke gambar tersebut untuk mendapatkan inspirasi baru dan merilekskan mata. Pastikan pula dalam pemasangannya Anda memperhatikan beberapa aspek seperti ketinggian dan komposisi. Jangan menggantung hiasan dinding setinggi mungkin seperti yang dilakukan oleh kebanyakan orang. Cukup posisikan pigura dalam posisi idealnya, yaitu setinggi kurang lebih 1,5 sampai 1,7 m dari permukaan lantai atau setara dengan pandangan mata rata-rata orang dewasa.Penting juga mengatur komposisi penempatannya. Jika hiasan dinding berukuran mungil, sebaiknya menggunakan beberapa hiasan sekaligus dan menyusunnya dalam bentuk grup. Ini lebih baik daripada memasang satu-satu secara terpisah atau menyebar di seluruh dinding ruangan.

Tambahkan aksesoris kerja yang selaras dengan konsep ruangan

Selanjutnya, Anda bisa menambahkan item-item yang bisa meningkatkan kinerja Anda. Ada baiknya terlebih dahulu tentukan barang-barang apa saja yang diperlukan baru kemudian menyesuaikan desainnya dengan konsep yang Anda inginkan. Apakah Anda akan menjadi minimalis atau menjadi unik dengan item-item dekoratif. Beberapa item yang perlu Anda pertimbangkan antara lain yaitu tempat alat tulis, map folder, rak buku, jam dinding, kalender meja, dsb. 

Gunakan ruang vertikal untuk meningkatkan pengorganisasian

Menggunakan ruang secara efisien merupakan hal yang sangat penting, terutama jika ukuran ruang tersebut tidak terlalu luas. Menyimpan dokumen atau benda lainnya di ruang lantai dapat terlalu memakan tempat. Oleh karena itu, cobalah untuk menyusun penyimpanan secara vertikal. Ini sering menjadi salah satu langkah yang terlewatkan orang ketika mengatur kantor mereka. Ada lebih banyak ruang yang tersedia saat Anda memilih konsep vertikal. Gunakan ruang dinding Anda untuk menggantung sistem pengarsipan, kalender, papan tulis, rak, dan lainnya. 

Biarkan cahaya natural masuk

Mengingat kualitas pencahayaan merupakan salah satu faktor kenyamanan seseorang saat bekerja di suatu ruangan, maka pastikan kantor Anda memiliki banyak cahaya natural untuk mengurangi ketegangan mata dan sakit kepala. Jika ruang Anda benar-benar sempit, coba pindahkan furnitur agar ruang kerja Anda bisa berada di sebelah jendela. Ini akan menciptakan suasana yang segar, terbuka, sekaligus mendapatkan cahaya natural dari sinar matahari. Selain itu, posisikan juga monitor komputer sedemikian rupa sehingga tidak ada silau dari jendela.

Menempatkan tanaman indoor

Meski tekanan pekerjaan berbeda-beda, namun yang namanya ruang kerja tentu tidak jauh-jauh dengan sebutan “zona stres”. Dalam hal ini, tanaman hijau merupakan salah satu elemen dekorasi alami yang bisa menjadi opsi terbaik untuk ditempatkan di ruang kerja Anda. Kebanyakan orang pasti setuju bahwa berada di dekat tanaman hijau membuat merasa lebih rileks dan nyaman. Ada tidaknya ruang lebih untuk meletakkan tanaman tidaklah menjadi penghalang agar bisa menikmati manfaat dari tumbuhan ini. Karena banyak sekali pilihan tanaman mini untuk pot kecil bahkan yang pas ditaruh di atas meja kerja. Selain menyejukkan pandangan, tanaman hias hidup juga memiliki manfaat lain, yaitu membantu membersihkan udara dan membuat kantor rumah Anda menjadi lingkungan yang lebih sehat.Jangan biarkan pandemi dan kebijakan WFH menghalangi produktivitas Anda! Semoga dengan pemaparan 7 ide ulang dekorasi ulang ruang kerja dirumah diatas dapat menjadi referensi dan motivasi untuk meningkatkan semangat dan konsentrasi kerja Anda kembali.


You Might Also Like