7 Ide Memulai Bisnis Dari Rumah Dengan Modal Kecil Tapi Untung Besar

ide_memulai_bisnis_dari_rumah_dengan_modal_kecil_tapi_untung_besar

Apakah Anda pernah berpikir untuk memulai bisnis sendiri? Atau mungkin saat ini sedang merencanakan untuk membuka bisnis pertama Anda? Apapun profesi Anda saat ini, baik ibu rumah tangga, mahasiswa semester akhir atau pekerja kantoran, memulai bisnis sebaiknya jangan ditunda-tunda. Memang, memulai bisnis bukanlah persoalan yang gampang. Dibutuhkan ketelitian, nyali untuk memulai dan juga modal. Hal yang terakhir seringkali membuat orang-orang mengurungkan niat untuk membuka bisnis sendiri. Namun, apakah Anda tahu bahwa memulai bisnis bisa dilakukan dari rumah dengan modal yang kecil? Walaupun menggunakan modal kecil, namun juga tidak sedikit yang menghasilkan keuntungan yang besar. Berikut kami rangkum 7 ide memulai bisnis dari rumah dengan modal kecil tapi menghasilkan keuntungan yang besar.

  1. Jual Beli Motor Atau Mobil Bekas

Bisnis jual beli motor atau mobil bekas merupakan bisnis yang sangat fleksibel. Anda tidak harus memiliki showroom unit sendiri, cukup mengiklankan motor atau mobil bekas yang ingin Anda jual di situs-situs penyedia penyedia layanan jual beli online. Anda juga bisa mengiklankan motor atau mobil bekas Anda di seluruh jaringan media sosial seperti Facebook maupun Instagram. Banyak grup-grup di media sosial yang dibuat khusus untuk keperluan jual beli motor atau mobil bekas. Apabila Anda ingin membeli motor atau mobil bekas untuk kemudian dijual lagi, Anda juga dapat menemukannya melalui website maupun media sosial tersebut diatas.Walaupun bisnis jual beli motor atau mobil bekas ini dapat dikerjakan dari rumah, namun bisnis ini tetap memerlukan modal. Modal yang paling utama adalah Anda harus memiliki unit motor atau mobil bekas yang akan dijual, atau, Anda harus memiliki sejumlah uang untuk membeli unit motor atau mobil bekas yang nantinya akan Anda jual kembali. Motor dan mobil bekas memiliki harga yang berbeda-beda sesuai merk dan tahun keluaran mulai dari 2 juta rupiah untuk motor bekas dan 20 juta rupiah untuk mobil bekas. Meskipun Anda harus memiliki modal sejumlah harga motor atau mobil bekas, namun Anda tidak akan rugi. Karena motor atau mobil bekas tersebut dapat Anda pakai untuk kebutuhan sehari-hari sambil menunggu pembeli menawarnya melalui website jual beli online maupun media sosial Anda. Apabila pandai mencari barang dan menjualnya kembali, margin yang didapat bisa sampai jutaan bahkan puluhan juta rupiah. Cukup gampang dan menggiurkan untuk dimulai, kan?

  1. Laundry Kiloan

Bagi Anda yang memiliki banyak waktu dirumah, membuka usaha laundry kiloan mungkin cocok untuk Anda coba. Usaha laundry kiloan merupakan usaha yang everlasting atau dapat dikatakan akan selalu ada karena berhubungan dengan kebutuhan primer manusia yaitu kebutuhan akan sandang/pakaian. Kehidupan yang makin lama makin sibuk, terutama di kota-kota besar, membuat orang tidak sempat lagi mencuci pakaiannya sendiri. Pekerja kantoran, mahasiswa maupun keluarga pekerja mungkin adalah pangsa pasar utama yang dapat Anda tuju.Modal untuk membuka usaha laundry sederhana bisa dikatakan cukup terjangkau. Berikut adalah daftar sederhana mengenai kebutuhan modal untuk membuka usaha laundry kiloan:Modal Usaha Laundry Kiloan

NoKebutuhanHarga
1Mesin CuciRp. 2.000.000,-
2Mesin PengeringRp. 3.500.000,-
3Setrika (2pcs)Rp. 300.000,-
4TimbanganRp. 100.000,-
5Rak BajuRp. 600.000,-
6Set Meja dan Kursi SetrikaRp. 500.000,-
7Set Hanger dan JepitanRp. 350.000,-
8Set Plastik pembungkus laundryRp. 100.000,-
9Modal Operasional (Pewangi, Deterjen, Pelembut Pakaian, dll)Rp. 1.500.000,-
10Gaji Karyawan (opsional)Rp. 1.000.000,-
TOTALRp. 9.950.000,-

Berdasarkan perhitungan estimasi modal diatas, maka Anda dapat memulai usaha laundry kiloan dari rumah dengan modal sebesar Rp. 9.950.000,- . Dengan modal ini, berapakah keuntungan yang bisa didapat? Apabila kita asumsikan tarif laundry per kilo adalah Rp. 7.000,- dan Anda dapat melayani sebanyak 30 Kg per hari, laba bersih yang didapat adalah :Laba Kotor Harian   : Rp. 7000/kg x 30 Kg/Hari = Rp. 210.000,-/hariLaba Kotor Bulanan : Rp. 210.000,- x 25 hari = Rp. 5.250.000,-/BulanLaba Bersih Bulanan: Rp. 5.250.000 – Rp. 2.500.000 (gaji & operasional)= Rp. 2.750.000/BulanBerdasarkan estimasi perhitungan keuntungan diatas, kita dapat memperoleh laba bersih dari usaha laundry ini sebesar Rp. 2.750.000,- per bulan setelah dikurangi biaya operasional dan gaji 1 orang karyawan. Dengan demikian, usaha ini bisa balik modal dalam kurun waktu 4 bulan. Gimana, sekarang tertarik untuk segera memulai usaha laundry kiloan?

  1. Makanan Ringan

Makanan ringan atau kudapan merupakan salah satu produk yang dikonsumsi sehari-hari. Apabila Anda memiliki hobi kuliner, maka tidak ada salahnya Anda mencoba bisnis menjual makanan ringan. Banyak sekali jenis makanan ringan yang praktis dan gampang dibuat, contohnya popcorn, pisang keju, atau telur gulung. Namun, apabila Anda tidak punya keahlian memasak dan ingin langsung memulai berbisnis makanan ringan, Anda dapat melakukan re-packaging makanan ringan tersebut menjadi merk Anda sendiri. Saat ini, banyak sekali toko yang menjual berbagai jenis makanan ringan yang dijual secara grosir. Anda dapat membeli makanan grosir tersebut lalu mengemasnya ulang menjadi merk Anda sendiri. Selanjutnya, Anda dapat mendistribusikannya ke kantor-kantor, sekolah-sekolah maupun warung-warung terdekat di rumah Anda.

  1. Sarapan Pagi

Berjualan sarapan pagi merupakan bisnis yang menyenangkan. Anda hanya perlu berjualan selama jam sarapan, dan sisanya waktu Anda sendiri yang mengatur. Bisnis ini juga hanya memerlukan keahlian memasak yang tidak berat. Masakan-masakan yang dijual untuk sarapan pagi tentunya tidak susah untuk dibuat, seperti nasi uduk beserta lauk pauknya, gorengan maupun kopi. Untuk tempat berjualan, Anda dapat menggunakan meja dan kursi di depan rumah Anda, dan dapat dipastikan Anda akan langsung dapat pelanggan di hari pertama. Tentunya dengan terus meningkatkan kualitas masakan Anda, pasti akan laris manis. Modal untuk membuka usaha berjualan sarapan pagi dapat dikatakan sangat kecil, Anda hanya perlu berbelanja kebutuhan dasar untuk membuat masakan sarapan serta tidak perlu menyewa tempat karena hanya menggunakan halaman rumah Anda sendiri. Potensi keuntungan yang bisa Anda dapatkan juga tidak sedikit, mengingat peminat konsumsi ini yang besar terutama di kota yang banyak pekerja kantoran atau mahasiswa.

  1. Les Privat

Ide bisnis tidak harus seputar menjual barang. Anda juga dapat menjual jasa sebagai produk bisnis Anda. Menjadi pengajar les privat merupakan bisnis yang akan senantiasa ada. Hal ini disebabkan faktor pendidikan masih menjadi prioritas utama bagi masyarakat. Apabila Anda memiliki keahlian maupun pengetahuan lebih di beberapa bidang pelajaran,  Anda dapat membuka kelas privat di bidang pelajaran tersebut. Misalnya, Anda merupakan seorang sarjana ekonomi akuntansi, tentunya Anda bisa menjadi guru privat les pelajaran akuntansi bagi anak SMA/SMK.Tidak hanya anak sekolah, terkadang orang dewasa pun masih membutuhkan les privat. Contohnya, apabila Anda menguasai bahasa Inggris dengan fasih, Anda dapat menjadi guru les privat untuk mengajar Bahasa Inggris. Pelajaran bahasa seperti ini tidak hanya dibutuhkan anak sekolah, namun juga orang dewasa, karena menguasai bahasa asing dapat menambah nilai kompetensi seseorang baik di tempat kerja maupun disekolah.Modal yang dikeluarkan untuk membuka jasa les privat, selain pengetahuan Anda tentunya, bisa dikatakan sangat kecil. Anda dapat membuka kelas privat di rumah Anda sendiri, rumah murid Anda maupun di tempat umum lainnya seperti kafe, restoran, dll sehingga tidak perlu menyewa tempat atau ruang kelas sendiri. Juga peralatan lain yang dibutuhkan adalah laptop, speaker portable dan papan tulis kecil untuk keperluan belajar. Potensi pemasukan dari les privat juga tidak sedikit. Rata-rata uang les privat berkisar antara Rp. 500.000, sampai Rp. 1.500.000 perbulan perorang. Jadi kalau Anda punya murid yang banyak, bisa dibayangkan berapa penghasilan yang akan Anda dapatkan hanya dari mengajar les privat?

  1. Menjual Stok Foto di Internet

Hobi yang menghasilkan uang merupakan pekerjaan terbaik di dunia. Anda hobi fotografi? Coba saja jual hasil foto Anda secara online. Banyak sekali website yang menyediakan jasa penjualan foto seperti alamy.com, shutterstock maupun gettyimages.com. Anda cukup mengupload hasil foto Anda ke website-website tersebut lalu tinggal menunggu client membeli stock foto Anda. Biasanya stok foto ini dibeli oleh client untuk digunakan kembali untuk berbagai keperluan seperti iklan, majalah, dll.Modal yang diperlukan untuk memulai usaha ini tentu saja selain skill fotografi, juga kamera profesional atau kamera handphone. Saat ini, bahkan sudah banyak kamera handphone yang kualitasnya mendekati kualitas kamera profesional. Keuntungan yang didapat tentu tidak serta merta langsung besar, seiring dengan meningkatnya kualitas foto yang Anda jual, tentu peminat hasil karya Anda akan semakin bertambah.

  1. Dropship Online Shop

Jenis usaha yang satu ini bisa dikatakan hampir tanpa menggunakan modal. Biasanya dalam berjualan online, anda harus memiliki stok barang terlebih dahulu, memfoto barang, lalu mengiklankan barang secara online. Kemudian, apabila ada yang membeli barang yang anda jual, maka anda kemudian melakukan packing dan mengirim barang tersebut melalui ekspedisi. Namun dalam sistem bisnis dropship, seluruh proses tersebut tidak perlu anda lakukan. Anda hanya perlu mengiklankan produk yang akan dijual ke situs jual beli online maupun media sosial. Apabila ada pembeli yang berminat, maka anda tinggal melakukan order ke supplier barang dan supplier tersebut lah yang melakukan pengiriman langsung ke pembeli dengan mengatasnamakan anda sebagai penjual. Sangat gampang dan menguntungkan bukan?Modal utama yang diperlukan tentu saja hanya handphone atau laptop serta koneksi internet. Keuntungan yang didapat bisa sangat besar, tergantung dari seberapa besar margin yang anda ambil dari setiap transaksi penjualan.Contoh-contoh tersebut diatas adalah ide bisnis dari rumah yang hanya memerlukan modal kecil dan menghasilkan keuntungan yang besar. Apapun ide bisnis yang anda pilih, asal dilakukan dengan senang hati dan dikerjakan secara giat, pasti akan menghasilkan keuntungan yang memuaskan. Semoga informasi ini bermanfaat untuk anda.


You Might Also Like