7 Karakter Pengusaha Sukses yang Patut Jadi Inspirasi

7_karakter_pengusaha_sukses_yang_patut_jadi_inspirasi

Pengusaha yang sukses adalah pengusaha yang mampu membawa bisnis yang dirintisnya berkembang dan mengalami kemajuan. Hal ini bisa dilihat dari banyak kuantitas produk yang terjual, manfaat produk yang dirasakan oleh konsumen sehingga memberikan loyalitas pada produk, serta dari sisi pengusahanya pun memberikan impact positif. Baik pada lingkungannya atau bahkan kepada kondisi yang lebih luas. Hal itu karena pengusaha yang sukses selain mendapatkan laba yang besar, pengusaha tersebut mampu menciptakan lapangan pekerjaan serta menyerap tenaga kerja. Dari sana perusahaan akan mengurangi tingkat pengangguran suatu wilayah bahkan negara, menggerakkan laju ekonomi wilayah atau negara sehingga masyarakatnya menjadi sejahterah. Apalagi untuk pengusaha yang mampu meluaskan pasar hingga mancanegara akan membuat juga terjalin hubungan bisnis antar dua negara. Begitu besar dampak positif yang diberikan oleh pengusaha, tak heran menjadikan mereka sosok inspiratif bagi banyak orang mengikuti jejak mereka. Lantas, karakter apa saja yang membuat pengusaha menginspirasi. 

Kreatif dan Inovatif

Pengusaha haruslah kreatif dan inovatif. Hal ini karena pengusaha harus menciptakan atau mengetahui produk serta strategi pemasaran yang harus dilakukan untuk memenuhi kebutuhan serta keinginan pasar. Misalnya, seperti yang dilakukan pengusaha dengan produk mie instan mereka terus saja mengasah kreatifitas dalam merancang mie makanan instan. Proses tersebut dilakukan mulai dari kondisi mie yang awalnya ada goreng dan kuah berkembang dengan pilihan banyak rasa bahkan menghadirkan citarasa nusantara dalam varian rasa mie. Bahkan berkembang dalam cara penyajian yang sudah instan ketika memasak dalam hitungan menit semakin berkembang tanpa membutuhkan memasak di atas kompor atau menyiapkan wadah untuk mengkonsumsinya dengan menghadirkan mie dalam kemasan cup yang cukup disiram dengan air panas ketika mengkonsumsi. Hal ini karena hendak menjawab dan memenuhi kebutuhan beserta keinginan konsumen dan dalam mewujudkan dibutuhkan inovasi beserta kreatif yang tinggi.

Mandiri

Kemandirian menjadi syarat mutlak pengusaha tersebut menginspirasi. Hal ini karena pengusaha akan menghadapi berbagai tantangan dan hambatan dalam menjalankan usaha dan menuntut untuk diselesaikan. Apalagi jika pengusaha tersebut dalam fase merintis dimana dalam mengelola bisnisnya mulai dari merancang produk, melakukan promosi, mengurus keuangan dll semuanya dilakukan sendiri karena belum punya karyawan maka karakter mandiri ini sangat perlu dimiliki. Terlepas jika nanti saat usahanya berkembang dan mempunyai karyawan, kemandirian ini tetap harus menjadi karakter karena pengusaha pengambil keputusan dalam setiap kebijakan dalam menjalankan usaha. Jika pengusaha tidak memiliki kemandirian tentu dia akan kebingungan dalam menjalankan aktifitas bisnis ketika masih merintis atau bahkan tidak melakukan apapun, sehingga usahanya tidak berjalan. Dan jika usahanya sudah berkembang, pengusaha yang tidak mandiri tidak akan memberikan arahan dan pemecahan masalah dalam bisnis yang kelolanya. 

Mampu Membaca Peluang Masa Depan

Mengelola bisnis tidak hanya membicarakan usaha yang hanya bisa bertahan dalam era sekarang, namun dimasa depan apakah akan tetap bertahan dan berpengharapan dalam pesaingan yang makin kompetitif maupun dengan perkembangan masa bisa beradaptasi. Selain membicarakan umur bisnis adalah memperkirakan produk apa yang bisa diciptakan untuk menjawab kebutuhan masa depan. Adapun tentang gambaran produk yang bisa bisa punya masa depan salah satunya adalah ketika produk otomotif saat ini menggunakan bahan bakar minyak, seorang pembisnis memulai mencoba membuat produk baru yang akan laku di masa depan dengan membuat produk otomotif menggunakan energi listrik. Sedangkan untuk memperkirakan tentang umur bisnis seperti melakukan analisa bisnis buku fisik yang saat inu sedang bergempur dengan produk buku digital. Selain juga umur masa perusahaan rokok di tengah masifnya kampanye rokok yang membahayakan kesehatan. Kemampuan ini berguna untuk pengusaha tersebut akan meneruskan, menciptakan atau banting stir dengan bisnis yang dijalankan.

Berani Mengambil Resiko

Berani mengambul resiko adalah karakter seorang pembisnis yang harus dimiliki hal ini karena bisnis sangat fluktuatif dan tidak bisa selalu berharap selalu untung. Dalam setiap keputusan yang diambil pembisnis selalu mengandung risiko kerugian, gulung tikar bahkan sampai membuat pembisnis itu tidak hanya bangkrut melainkan sampai terlilit hutang. Terlebih di era superior digital, dimana keputusan cepat harus diambil demi memenangkan persaingan pasar, pengusaha harus segera mengambil keputusan yang mengandung risiko atau tidak bergerak sama sekali. Karena itu, pembisnis akhirnya tidak mengenal produk dan pemasaran yang sempurna melainkan berani mengambil keputusan menjual dan mempromosikan yang mengandung semangat melakukan perbaikan terus-menerus. 

Mampu Menganalisis Secara Mendalam

Pengusaha bukanlah pekerjaan praktis semata yaitu melakukan transaksi dengan pembeli dan selesai. Dalam menjalankan bisnis pengusaha tentunya akan melakukan analisis SWOT dalam perencanaan usahanya. Dalam fase ini akan menentukan arah strategi penjualan yang akan dilakukannya dan forecasting akan bisnisnya. Oleh karena itu kemampuan analisis mendalam sangat diperlukan ketika fase merencanakan bisnisnya. Dan urusan menganalisis ini tidak hanya di fase perencanaan, melainkan saat menjalankan usaha juga dibutuhkan terkait dengan persaingan yang makin kompetitif, pasar yang mempunyai perubahan perilaku konsumen atau lingkungan yang membutuhkan adaptif baru.

Komitmen Tinggi

Komitmen tinggi untuk pembisnis adalah sikap bahwa dia tidak akan mudah menyerah dalam menjalankan bisnisnya. Hal ini karena bisnis tidak setiap hari ramai pembeli yang membuat usaha mendapatkan omset yang besar dengan keuntungan yang besar pula. Namun adalakalanya bisnis mengalami penurunan omset dan penjualan. Di kondisi yang demikian ini pengusaha dituntut komitmen untuk tidak berputus asa dalam bisnisnya melainkan mencari alternatif strategi untuk memulihkan bahkan membuat lonjakan dalam penjualan atau pendapatnya.

Berjiwa Kepemimpinan

Pengusaha yang sukses tentu akan membawa usahanya berkembang dan maju. Bila dalam tahap demikian tentu akan berkembang dalam tenaga yang turut membantunya dalam mengelola usaha. Ketika sudah mempunyai karyawan, pengusaha tersebut akan menjadi pemimpin bagi para karyawan. Oleh karena itu jiwa kepemimpinan seseorang pengusaha ini dibutuhkan untuk mendorong dan memecahkan masalah SDM yang dimiliki demi kemajuan dan kelancaran usaha. Dan untuk pengusaha yang berjiwa kepemimpinan akan senantiasa ada di tengah-tengah pekerjanya akan menjadi teladan dan semangat pekerja untuk membantu mewujudkan visi pengusaha dalam bisnisnya.


You Might Also Like