7 Manfaat Cloud Computing (Komputasi Awan) untuk Bisnis Anda

7_manfaat_cloud_computing__komputasi_awan__untuk_bisnis_anda

Perkembangan teknologi informasi terbilang sangat cepat dan masif. Begitupun dengan keberadaan Cloud Computing yang dipercaya mampu membuat perkembangan bisnis semakin berdaya saing. Penggunaan teknologi Cloud Computing akan mengubah cara kerja sistem teknologi informasi dalam sebuah perusahaan karena pengaksesan data dan aplikasi bisa dilakukan di mana saja bahkan dengan menggunakan perangkat mobile.Cloud Computing sendiri merupakan pengembangan teknologi komputer yang memanfaatkan layanan internet. Dengan menggunakan Cloud Computing, maka semua program atau aplikasi yang berjalan di internet bisa jauh lebih mudah. Tapi perlu diketahui juga bahwa tidak semua aplikasi yang berjalan di internet pasti menggunakan Cloud Computing. Keberadaan Cloud Computing hanya digunakan untuk sebuah sarana dalam menjalankan sebuah aplikasi tambahan.Secara sederhana, Cloud Computing memungkinkan pengguna untuk login ke internet yang tersambung ke program untuk menjalankan aplikasi yang dibutuhkan tanpa perlu melakukan instalasi. Data dari pengguna disimpan secara virtual melalui jaringan internet kemudian perintah-perintah tersebut dilanjutkan ke server aplikasi. Setelah perintah diterima server aplikasi, kemudian data diproses dan akan disajikan kepada penggunanya. Contoh umum dari Cloud Computing adalah penggunaan email yahoo atau gmail dimana pengguna tak perlu mendownload software untuk menggunakannya. Cukup dengan koneksi internet, semua data dikelola langsung oleh Yahoo dan Google meskipun anda membuka dari perangkat yang berbeda-beda.Kini, banyak perusahaan membangun model bisnis dengan mengandalkan Cloud Computing. Hal ini dianggap sebagai solusi yang inovatif di tengah persaingan yang begitu ketat. Namun begitu, tak dipungkiri pula bahwa masih banyak yang beranggapan bahwa Cloud Computing hanya digunakan sebagai back-up untuk sistem yang tengah berjalan. Padahal, perangkat lunak ini memiliki banyak manfaat bagi suatu bisnis. Apa saja manfaat Cloud Computing bagi suatu bisnis? Berikut 7 diantaranya.

  1. Menghemat Biaya

Hadirnya teknologi Cloud Computing akan memangkas biaya teknologi informasi. Hal ini karena perusahaan hanya perlu mengeluarkan biaya berlangganan tanpa perlu berinvestasi pada pembelian dan pemasangan alat. Selain itu, biaya pemeliharaan perangkat dan penggantian alat yang rusak juga dapat dihapus dari anggaran.

  1. Fleksibilitas

Manfaat berikutnya dari penggunaan Cloud Computing untuk bisnis adalah faktor fleksibilitas. Bahkan faktor ini dipercaya menjadi manfaat yang paling membuat pelaku bisnis mau memakai Cloud Computing.  Lantas mengapa dianggap fleksibel?Hal ini lantaran Cloud Computing menawarkan akses ke dokumen dan data secara lebih mudah. Anda bisa mengakses atau berinteraksi dengan data tanpa dibatasi ruang dan waktu. Selagi memiliki akses internet, maka kapanpun dan dimanapun Anda seolah-olah bisa memiliki kantor virtual sendiri.

  1. Lebih Efektif dan Efisien

Cloud Computing memungkinkan adanya komunikasi dan interaksi dengan lebih mudah. Perangkat lunak ini menjadikan karyawan di sebuah perusahaan bisa berbagi dan mengerjakan data secara bersamaan. Bagi anda yang bekerja mobile atau sering bekerja di luar kantor, Cloud Computing juga tentu akan membuat pekerjaan lebih efektif dan efisien lantaran semua dokumen bisa ditransfer dengan cepat dan aman.

  1. Meningkatkan Daya Saing

Seperti yang sudah diungkap di awal, Cloud Computing adalah upaya perusahaan agar bisa bersaing dengan lingkungan global yang semakin ketat. Persaingan bisnis memaksa setiap bidang usaha untuk bisa menanggapi perubahan pasar yang dinamis. Melalui Cloud Computing, berbagai pekerjaan bisa berjalan lebih mudah karena sifatnya yang mudah disesuaikan dengan kebutuhan bisnis perusahaan atau kebutuhan pasar yang tengah menjadi tren.

  1. Mampu Mengontrol Dokumen dengan Aman

Keamanan dokumen adalah hal penting bagi sebuah bisnis. Apalagi untuk perusahaan yang memiliki banyak mitra kerja, dokumen dalam jumlah besar tentu perlu pengontrolan yang lebih ketat. Jika dahulu karyawan harus mengirim file bolak-balik sebagai lampiran email kepada klien dan karyawan lain pada satu waktu, maka dengan Cloud Computing hal tersebut tidak perlu dilakukan lagi. Konten, format, dan judul dokumen menjadi lebih rapi tersusun dan lebih aman tersimpan.Keamanan data pengguna Cloud Computing disimpan lewat server. Server ini disediakan oleh penyedia layanan Cloud Computing seperti jaminan platform teknologi, jaminan ISO, data pribadi, dan lain sebagainya.

  1. Skala yang Mudah Disesuaikan

Bisnis bersifat dinamis dan fluktuatif. Ada kalanya bisnis mengalami peningkatan permintaan namun ada kalanya juga mengalami penurunan. Oleh karena itu, Cloud Computing bisa menjadi alat untuk mengatasinya. Perangkat lunak ini bisa beradaptasi dengan skalabilitas perusahaan. Jika kebutuhan meningkat, maka peningkatan kapasitas cloud bisa dilakukan tanpa harus membeli peralatan tambahan seperti hardisk. Begitu pun jika diperlukan penghematan, maka kapasitas cloud bisa dikurangi dengan mudah.

  1. Minimalisasi Risiko

Banyak hal yang bisa terjadi dari sebuah kegiatan bisnis. Perusahaan bisa saja mengalami kegagalan sistem, bencana, atau krisis lainnya. Namun, dengan menggunakan perangkat lunak Cloud Computing, maka perusahaan tidak perlu menghentikan bisnisnya selama memperbaiki sistem. Teknologi cloud memungkinkan pengguna untuk menyimpan data secara terpusat di satu server berdasarkan layanan yang disediakan oleh penyedia layanan Cloud Computing tersebut. Semua kebutuhan juga saling terintegrasi sehingga risiko eror sebagian data bisa diminimalisir. Namun perlu diperhatikan pula bahwa pemanfaatan Cloud Computing juga harus memperhatikan beberapa hal agar manfaatnya bisa maksimal didapatkan. Dua tips yang bisa digunakan untuk memanfaatkan Cloud Computing dalam peningkatan bisnis tersebut adalah sebagai berikut.

  • Menyesuaikan dengan Kebutuhan

Cloud Computing digunakan untuk efisiensi dan efektifitas kerja. Namun kapasitasnya juga perlu disesuaikan dengan kebutuhan  penyimpanan masing-masing bisnis. Jika bisnis anda membutuhkan kapasitas atau space yang besar, maka anda bisa meng-upgrade sumber daya. Begitupun jika kebutuhan menurun, anda bisa men-downgrade menggunakan sumber daya yang rendah.

  • Memilih Penyediaan Layanan Cloud yang Tepat

Semakin banyaknya pengguna Cloud Computing di banyak perusahaan, penyedia layanan cloud pun semakin menjamur. Oleh karena itu anda harus lebih jeli memilih penyedia layanan cloud yang terpercaya agar pemanfaatannya menjadi tepat guna. Ukirama sebagai salah satu penyediaan layanan Cloud Computing tentu sangat bisa menjadi pilihan. Profesionalitas Ukirama bisa dilihat dari siapa saja yang sudah menggunakannya dan bagaimana testimoni dari mereka. Pengguna layanan Cloud Computing dari Ukirama tersebar luas dari berbagai jenis dan skala bisnis, sehingga pengalamannya sudah sangat teruji.


You Might Also Like