7 Manfaat Konsultasi Pajak untuk Perusahaan Anda

7_manfaat_konsultasi_pajak_untuk_perusahaan_anda

Bagi seseorang yang setiap hari memiliki kegiatan yang begitu padat, kemungkinan besar tidak terlalu familiar dengan hal-hal yang berhubungan dengan administrasi dan juga perpajakan. Beberapa di antaranya mungkin menganggap masalah perpajakan merupakan hal  yang rumit. Bagi mereka, berurusan dengan administrasi dan perpajakan akan menyita waktu dan menjadi tantangan tersendiri.Maka dari itu, konsultasi pajak hadir dengan solusi untuk membantu orang-orang yang memiliki kesibukan tinggi. Konsultasi pajak juga dengan senang hati membantu mereka yang kurang familiar dengan hal-hal yang berkaitan dengan administrasi dan perpajakan. Dengan hadirnya konsultasi pajak diharapkan mampu membantu pihak-pihak yang memiliki kesibukan serta tidak terlalu familiar dengan administrasi dan perpajakan. Dengan begitu, para wajib pajak baik pribadi maupun lembaga dapat melaksanakan kewajiban pajaknya dengan baik.

Mengenal Konsultasi pajak

Siapa itu konsultasi pajak? Konsultasi pajak merupakan orang yang memberikan jasa konsultasi pajak kepada para wajib pajak agar dapat memenuhi kewajiban dan hak perpajakan sesuai yang diatur oleh undang-undang perpajakan. Inilah yang sebagaimana disebutkan pada Peraturan Menteri Keuangan No. 111/PMK.03/2014 tentang Konsultan pajak.Para wajib pajak memiliki hak untuk memberikan kuasa kepada konsultan pajak di dalam menangani kewajiban perpajakannya. Kuasa yang diberikan tersebut meliputi mempersiapkan, menghitung, serta melaporkan pajak yang sudah mereka laporkan. Dengan begitu, mereka bisa terhindar dari kekeliruan mengenai perhitungan maupun pelaporan pajak yang berpotensi akan mengakibatkan kerugian bagi para wajib pajak.Meskipun sifatnya tidak wajib, akan tetapi dengan mempertimbangkan efisiensi dan efektivitas, maka menggunakan jasa Konsultasi pajak bagi wajib pajak merupakan hal yang direkomendasikan.Di Indonesia, tidak sedikit perusahaan yang telah memanfaatkan jasa konsultan pajak terkait efisiensi perusahaan. Di bawah ini merupakan beberapa layanan yang biasanya diberikan oleh para penyedia jasa konsultasi pajak kepada kliennya:

  • Kepatuhan pajak

jasa konsultasi pajak mengurusi hal-hal yang berkaitan dengan kepatuhan pajak para kliennya seperti menghitung, membayar, serta melaporkan pajak.

  • Perencanaan pajak

konsultan pajak membuat rencana perpajakan dengan tujuan untuk mengoptimalkan keuntungan klien atau dalam hal ini perusahaan.

  • Pemeriksaan laporan pajak

sebuah layanan yang menawarkan evaluasi terhadap data yang berkaitan dengan beban pajak yang berpotensi mengakibatkan kerugian bagi perusahaan.

  • Pemeriksaan dan pendampingan

konsultan pajak mempunyai tanggung jawab untuk mewakili maupun mendampingi klien ketika menjalani pemeriksaan pajak. Hal ini disebabkan karena tidak sedikit klien yang belum memahami permasalahan terkait perpajakan. Selain itu, konsultan pajak juga akan membantu menyiapkan dokumen atau data yang dibutuhkan pada saat pemeriksaan.

  • Konsultasi

konsultasi pajak menawarkan jasa konsultasi terkait permasalahan perpajakan yang sedang dialami.

  • Restitusi pajak

jika ada seseorang atau perusahaan yang memerlukan pengembalian kelebihan pajak atau restitusi, maka konsultan pajak bisa membantu dalam proses pelaksanaannya dimulai dari persiapan, penyampaian restitusi, sampai proses akhir yaitu diterimanya pengembalian kelebihan pajak tersebut.

  • Penyelesaian sengketa pajak

konsultan pajak juga menawarkan jasa untuk membantu dalam menyelesaikan sengketa pajak. Misalnya ketika ada klien yang keberatan dan ingin mengajukan banding, keberatan pajak, dan lain sebagainya.

Manfaat Konsultasi Pajak Untuk Perusahaan

Seperti yang sudah kami jelaskan bahwa wajib pajak baik individu maupun lembaga disarankan untuk menggunakan jasa Konsultasi pajak. Terutama perusahaan yang tidak ingin agar setiap perhitungan dan juga pelaporan pajaknya mengalami kekeliruan.Ada beberapa manfaat yang akan didapatkan oleh perusahaan ketika mereka memanfaatkan jasa Konsultasi pajak :

  • Lebih efisien

dikarenakan jasa konsultasi pajak menurunkan resiko terjadinya kesalahan di dalam penyusunan dan pelaporan pajak, maka hal ini akan lebih efisien dibandingkan harus mengerjakannya sendiri.

  • Tidak membebani wajib pajak

ketika memanfaatkan jasa konsultasi pajak, maka Wajib pajak tidak akan terbebani oleh berbagai urusan administratif pajak seperti menyusun laporan sampai dengan pelaporannya. Hal ini karena semua akan dikerjakan oleh konsultan.

  • Lebih terjamin keamanannya

dalam hal pemeriksaan pajak, wajib pajak atau dalam hal ini perusahaan bisa merasa lebih aman. Hal ini karena perusahaan tersebut akan didampingi oleh seorang Konsultan pajak yang memang benar-benar memahami seperti apa prosedur pemeriksaan. Selain itu, perusahaan ini juga lebih aman dari mengalami kesalahan-kesalahan perhitungan yang pada akhirnya berpotensi merugikan perusahaan tersebut.

  • Mudah menyelesaikan masalah perpajakan

setiap perusahaan pasti berpotensi mengalami masalah perpajakan. Salah satu cara untuk menurunkan risiko masalah tersebut adalah dengan menyewa konsultan pajak. Ketika terjadi masalah perpajakan, maka masalah tersebut akan lebih cepat diselesaikan sehingga tidak sampai menyita waktu dan pikiran.

  • Membuat rencana perpajakan tepat waktu

perusahaan bisa membuat sebuah rencana perpajakan dan dapat menyetorkannya tepat waktu. Dengan begitu, perusahaan tersebut bisa terhindar dari denda maupun berbagai sanksi lainnya yang disebabkan karena telat menyerahkan laporan perpajakan.

  • Bisa lebih fokus pada perusahaan

di awal kami sudah menjelaskan bahwa konsultasi pajak akan mengurusi semua hal-hal yang berkaitan dengan urusan pajak. Dengan begitu, perusahaan bisa lebih fokus untuk mengembangkan bisnisnya.

  • Lebih fokus dalam menjalankan kegiatan perusahaan: perusahaan tersebut juga lebih nyaman di dalam menjalankan setiap aktivitasnya karena tidak perlu lagi memikirkan hal-hal yang berhubungan dengan pajak

Itulah beberapa hal yang menjadi manfaat Konsultasi pajak bagi perusahaan. Di dalam memilih konsultasi pajak, tentunya wajib pajak harus benar-benar memilih konsultan yang diakui kredibilitasnya. Pastikan jasa Konsultan pajak tersebut memiliki kemampuan yang mumpuni serta terpercaya. Jangan sampai salah memilih seorang konsultan karena bukan malah membantu mengurusi perpajakan, malah berpotensi menimbulkan masalah perpajakan bagi wajib pajak dan bahkan juga bagi negara.Selain itu, Wajib pajak juga harus memastikan bahwa konsultan yang telah dipilih sudah mengantongi izin praktek yang dikeluarkan oleh Direktur Jenderal Pajak atau pejabat terkait. Hal lain yang tidak kalah penting adalah Konsultan pajak yang baik yaitu mereka yang transparan serta memberikan informasi yang akurat kepada kliennya. Maka dari itu, wajib pajak baik seseorang maupun perusahaan harus benar-benar bisa memilih Konsultan pajak yang dapat memberikan saran dan solusi yang sesuai. Pastikan untuk memilih jasa konsultasi pajak yang jujur dan memiliki track record yang bagus. Lalu bagaimana cara agar kita bisa mendapatkan konsultan pajak yang sesuai dengan syarat-syarat di atas?Salah satu cara yang bisa Anda lakukan adalah dengan bertanya kepada KPP terdekat dari lokasi tempat tinggal Anda maupun lokasi perusahaan. Anda juga bisa melakukan pengecekan melalui Sistem Informasi konsultan pajak atau yang disingkat SIKOP milik Dirjen Pajak.


You Might Also Like