7 Peluang Bisnis Dengan Modal Kecil Yang Bisa Anda Mulai di Tahun 2021

7_peluang_bisnis_dengan_modal_kecil_yang_bisa_anda_mulai_di_tahun_2021

Memulai untuk berbisnis bisa dikatakan mudah namun juga berat. Salah satu hal berat yang terbilang paling sering ditemui adalah soal modal. Bagaimana tidak, untuk memulai bisnis umumnya memang harus memiliki modal terutama uang. Bahkan banyak calon pebisnis yang berani untuk mencari pinjaman demi melancarkan rencana bisnis mereka.Namun pertanyaannya adalah apakah semua bisnis harus diawali dengan modal yang besar? Jawabannya tentu saja tidak. Apalagi di era modern seperti sekarang, modal bisa ditekan melalui pemanfaatan teknologi. Sebut saja untuk marketing, saat ini pebisnis bisa memanfaatkan media sosial untuk melakukan pemasaran. Tentu saja biaya pemasaran atau iklan di media sosial bisa lebih hemat dibandingkan menyebarkan brosur atau sejenisnya. Semakin menarik lagi, di tahun 2021 ini dunia bisnis makin variatif. Hal-hal yang mungkin dahulu tidak menarik, sekarang bisa menjadi peluang bisnis yang menjanjikan. Tak terkecuali dengan modal, semakin banyak alternatif bisnis yang bisa dijalankan dengan modal kecil. Tak percaya? Berikut adalah 7 contoh peluang bisnis bermodal kecil yang bisa Anda mulai di tahun 2021 ini.

  1. Reseller

Salah satu jenis bisnis yang sangat menjanjikan berkat kemajuan teknologi adalah reseller. Seperti namanya, reseller adalah jenis usaha dengan menjual kembali suatu produk dari supplier kepada konsumen dengan harga yang lebih tinggi.  Bisnis jenis ini sangat populer karena tidak hanya mudah untuk dijalankan, tetapi juga bisa dengan modal yang kecil. Modal dibutuhkan kecil lantaran produk tidak perlu diproduksi sendiri serta produk yang akan dijual bisa disesuaikan dengan besaran modal yang dimiliki. Apalagi dengan keberadaan media sosial, marketplace, atau e-commerce, Anda bisa menjaring pelanggan secara luas.

  1. Dropshiper

Hampir mirip dengan reseller, bisnis Dropshiper juga sangat mudah dan murah untuk dijalankan. Bahkan bisnis jenis ini dianggap jauh lebih hemat modal lantaran Dropshiper tidak perlu menyetok barang. Ya, bisnis ini hanya bermodalkan kemampuan marketing agar suatu produk dibeli oleh konsumen. Nantinya jika ada pembelian, Dropshiper langsung melakukan pemesanan ke penjual. Keuntungan sendiri didapatkan melalui markup harga. Artinya, seorang dropshiper bahkan tidak perlu mengeluarkan modal untuk membeli produk hingga menyewa gudang penyimpanan. Modal biaya bisa jadi hanya untuk internet atau pulsa yang digunakan dalam komunikasi dan pemasaran.

  1. Kuliner Online

Jika Anda gemar memasak dan memiliki menu andalan, tak ada salahnya untuk mulai berbisnis kuliner. Bisnis kuliner di tahun 2021 terbilang sangat menjanjikan karena konsumen dewasa kini menyukai tren berbelanja online. Kebiasaan bekerja, belajar, atau beraktivitas di rumah juga mungkin akan berlanjut sehingga lebih banyak orang yang memilih memesan makanan secara online dibandingkan membeli langsung ke toko. Secara modal, berbisnis kuliner online juga sangat hemat karena Anda bisa menjalankannya di rumah atau tidak perlu menyewa tempat sebagai toko offline. Pemasaran semua dilakukan secara online baik dengan mempostingnya di media sosial dan marketplace, atau mendaftarkan produk ke penyedia jasa antar.

  1. Kerajinan Tangan

Keahlian membuat suatu karya handmade juga sangat potensial dijadikan peluang bisnis bermodal kecil. Sebelum adanya teknologi, menjual produk hasil kerajinan tangan memang terbilang sulit karena pangsa pasar yang terbatas. Tetapi sejak adanya media sosial, marketplace, e-commerce, dan sejenisnya, Anda yang suka membuat kerajinan tangan bisa langsung memasarkan produk ke berbagai platform tersebut. Pangsa pasarnya pun menjadi lebih luas karena bisa diakses oleh semua orang.

  1. Pre-Order Produk Fashion

Bisnis fashion saat ini berkembang dengan sangat pesat. Adanya media sosial nampaknya juga menjadi salah satu pendorong perkembangan dunia fashion. Hal ini menjadikan para seniman fashion makin menggeliat dan lebih bebas mengeksplorasi ide. Namun sayang, masih banyak yang menganggap bahwa membuka bisnis fashion harus bermodal besar. Kebutuhan persediaan koleksi produk hingga sewa toko menjadi modal yang memang tidak sedikit. Tetapi apakah harus demikian? Nyatanya berbisnis fashion bisa pula dilakukan dengan modal sedikit yaitu melalui sistem pre-order.Melalui sistem pre-order, artinya Anda hanya akan melakukan produksi ketika ada pesanan. Nantinya, produk yang sudah dibuat itulah yang bisa dijadikan media promosi karya. Produk fashion yang ingin dijadikan koleksi juga bisa diakali ketika membeli bahan produk. Biasanya ketika hendak membuat produk fashion seperti pakaian, maka ada bahan sisa yang bisa dimanfaatkan.

  1. Content Writer

Memiliki kemampuan menulis jangan dianggap sepele. Anda bisa mendapatkan uang dari kemampuan merangkai kata dengan bekerja secara profesional sebagai content writer. Pekerjaan penulis konten memang banyak dibutuhkan saat ini seiring dengan berkembangnya dunia online. Lihat saja ada berapa banyak situs media online yang memberikan ragam informasi. Semua artikel di situs-situs tersebut tak lepas dari buah tangan content writer. Menariknya, content writer saat ini banyak yang berstatus sebagai freelancer. Artinya, pekerjaan bisa dilakukan di mana saja bahkan tidak dibatasi oleh jarak. Seorang content writer biasanya cukup menyetorkan tulisannya untuk kemudian di cek editor sebelum akhirnya tayang di media online dan mendapat bayaran.

  1. Pembuatan Buket Bunga

Pernah terpikirkan untuk menjadikan buket bunga sebagai sebuah bisnis? Ya, peluang ini sangat menjanjikan di tahun 2021 lantaran semakin gemarnya seseorang untuk saling mengirim hadiah.  Tren mengirim hadiah seperti berupa buket bunga ini lagi-lagi tak terlepas dari keberadaan media sosial dimana orang semakin senang membagikan momen spesialnya. Menariknya, bisnis pembuatan buket bunga terbilang cukup murah. Dengan modal beberapa ratus ribu rupiah saja, Anda bisa membuat pesanan buket bunga. Berkaitan dengan bisnis buket bunga ini, promosi bisa Anda lakukan melalui kerjasama dengan kantor-kantor, instansi, atau penyedia jasa event organizer. Selain itu, iklan melalui media sosial juga tak bisa ditinggalkan karena hampir semua orang modern mencari informasi melalui media sosial.Selain ketujuh ide di atas, tentu masih ada banyak peluang bisnis modal kecil yang bisa Anda coba. Keberanian untuk memulai menjadi sangat penting tetapi juga harus memikirkan antisipasi akan risiko. Terpenting lainnya adalah mulailah bisnis dari sesuatu yang memang Anda sukai dan kuasai. Hal tersebut setidaknya sudah membantu banyak agar bisnis dijalankan dengan lebih meyakinkan.


You Might Also Like