7 Syarat Pinjaman Modal untuk Mengembangkan Usaha Anda

syarat_pinjaman_modal_untuk_mengembangkan_usaha_anda

Dalam membangun usaha, melakukan pinjaman untuk modal bisnis sangat lumrah terjadi bahkan dilakukan oleh pengusaha sukses saat ini.  Berhutang memang tidak disarankan namun tak selalu menawarkan dampak negatif. Ada pula beberapa manfaat yang bisa Anda dapatkan dari pinjaman modal usaha ini diantaranya adalah sebagai berikut :

  1. Membantu mewujudkan mimpi anda untuk mendirikan usaha yang sejak dulu diimpikan
  2. Membantu mengembangkan usaha yang dimiliki saat ini untuk lebih berkembang lebih besar lagi
  3. Membantu meningkatkan kualitas produk maupun jasa
  4. Memperoleh modal cepat untuk membayar tagihan
  5. Memenuhi tanggung jawab sebagai pemangku kepentingan perusahaan yang mana memiliki kewajiban untuk membayar gaji karyawannya

Sumber Pinjaman ModalPinjaman modal bisa dari beberapa sumber. Berikut beberapa sumber pinjaman modal yang bisa Anda coba untuk mendapatkan dana cepat demi memenuhi kebutuhan bisnis Anda :

  1. Dari Kerabat Atau Teman

Sumber pinjaman modal yang pertama bisa dari kerabat maupun teman Anda. Keuntungan meminjam dari orang terdekat adalah tidak memiliki persyaratan yang memberatkan Anda. Pinjaman jenis ini berlandaskan atas kepercayaan.  Terkadang juga tidak memiliki bunga sehingga meringankan Anda dalam mengangsur.

  1. Crowdfunding (Penggalangan Dana)

Crowdfunding merupakan pinjaman yang didapat dari penggalangan dana sejumlah orang secara online untuk memodali suatu proyek. Pemodal tak hanya sebatas dari dalam negeri saja bahkan hingga luar negeri.

  1. Angel Investor

Merupakan investor ternama yang tertarik dengan bisnis Anda sehingga  mau memodalkan usaha Anda khususnya pada tahap awal pendirian.

  1. Pinjaman Bank

Pinjaman juga bisa Anda dapatkan dari bank dimana Anda mengajukan kredit tanpa agunan yang biasa diandalkan pebisnis. Pinjaman tanpa agunan tidak menggunakan jaminan namun tentu perlu survey dan riset mendalam atas bisnis Anda yang dilakukan pihak bank.Syarat Pinjaman Modal BankApabila Anda tertarik untuk melakukan pinjaman ke bank, Anda harus menyiapkan beberapa persyaratan. Adapun syarat pinjaman modal bank bisa Anda simak sebagai berikut :

  • Tanda Pengenal

Untuk meminjam uang dari pihak bank akan dimintai tanda pengenal. Tanda pengenal ini bisa berupa kartu tanda pengenal (KTP) maupun paspor bagi warga negara asing. Bagi yang sudah menikah biasanya juga mengikutsertakan KTP pasangannya.  Alamat yang tercantum dalam KTP harus sesuai dengan alamat anda saat ini. Jika berbeda maka Anda akan dimintai pula surat keterangan tinggal dari pihak kelurahan.

  • Akta Menikah

Seperti diungkapkan sebelumnya, jika Anda sudah menikah maka pasangan akan dimintai tanda pengenal pula. Tak hanya itu saja Anda juga dimintai akta menikah yang digunakan bank untuk membuktikan bahwa harta yang dimiliki merupakan harta bersama.

  • Fotokopi Kartu Keluarga

Selain kartu keluarga Anda juga akan dimintai fotokopi Kartu Keluarga. Hal ini dimaksudkan apabila terjadi sesuatu pada Anda pihak bank mengetahui ahli waris Anda. Melalui Kartu Keluarga, pihak bank juga bisa mengetahui berapa jumlah tanggungan Anda.

  • Buku Tabungan

Untuk mengajukan pinjaman pada bank, Anda juga diharuskan memiliki rekening bank tersebut. Dari buku tabungan ini juga bisa diketahui kondisi keuangan Anda. Oleh karena itu, pihak bank biasanya akan meminta mutasi buku tabungan dalam jangka waktu tiga (3) bulan. Besaran dalam tabungan tersebut menunjukkan kesanggupan Anda dalam membayar pinjaman bank.

  • Slip Gaji

Tak ketinggalan, ada pula slip gaji bagi mereka yang bekerja sebagai pegawai swasta. Slip gaji menunjukkan penghasilan tetap anda sehingga membantu bank dalam melakukan penilaian apakah Anda layak mendapatkan pinjaman sejumlah yang Anda ajukan.

  • Bukti Memiliki Tanggungan

Jika Anda memiliki kartu kredit, maka Anda perlu menunjukkan tagihan dari kartu kredit Anda tersebut. Biasanya, bank akan memberi pinjaman jika Anda tidak punya tunggakan dalam kartu kredit Anda.

  • Minimal Penghasilan

Bagi Anda yang ingin  mengajukan kredit tanpa agunan biasanya minimal penghasilan sebulan harus sebesar Rp 3.000.000 (tiga juta rupiah).

  • NPWP

Anda akan dimintai pula nomor pokok wajib pajak atau NPWP.Prinsip Bank Memberikan KreditPihak bank akan memberikan Anda kredit atau pinjaman jika memenuhi prinsip 5C. 5C ini meliputi poin-poin berikut ini :Capital Pihak bank akan melihat aset dan kekayaan yang dimiliki.CharacterBank juga akan melihat karakter Anda melalui wawancara yang dilakukan oleh pihak customer service.CapacityPihak bank juga melihat kapasitas Anda dalam menjalankan atau mengatur keuangan.CollateralPrinsip selanjutnya ialah meliputi jaminan. Jika tidak bisa membayar hutang atau mengalami kredit macet, maka aset yang dijaminkan akan disita.ConditionFaktor luar juga mempengaruhi pihak bank memberikan kredit seperti kondisi perekonomian.


You Might Also Like