8 Alasan Kenapa Perusahaan di Indonesia Sebaiknya Memilih Software ERP yang Juga Berada di Indonesia

8_alasan_kenapa_perusahaan_di_indonesia_sebaiknya_memilih_software_erp_yang_juga_berada_di_indonesia.png

Software ERP kini mulai banyak digunakan perusahaan. ERP diyakini mampu meminimalisir kesalahan data, membuat data menjadi lebih akurat, dan meningkatkan efisiensi perusahaan dalam bekerja. Dengan sistem manual, perusahaan memerlukan waktu yang lebih lama dengan anggaran yang membengkak.Namun, memilih software ERP juga tidak sembarangan lho! Banyak hal yang harus dipertimbangkan termasuk lokasi vendor. Dalam artikel ini, akan diulas 8 alasan mengapa perusahaan di Indonesia sebaiknya memilih software ERP yang juga berada di Indonesia. Yuk, simak ulasannya berikut ini!

Lebih Terjangkau 

Walau banyak vendor dan penyedia jasa ERP menawarkan variasi harga yang kompetitif tetap saja memilih vendor yang berada di Indonesia akan jauh lebih terjangkau. Bukan hanya itu, vendor yang berada di satu lokasi akan memengaruhi besaran biaya ERP. Proses instalasi akan lebih mudah dilakukan dengan harga sesuai daya beli perusahaan lokal.Sejak lama, pemasangan ERP memang masih menjadi kendala bagi perusahaan khususnya karena faktor biaya yang tinggi. Hal ini wajar karena ERP menggunakan sistem digital yang terintegrasi mulai dari pengembangan produk, staff, hingga akuntansi perusahaan. Maka dari itu, memilih software ERP yang juga berada di Indonesia akan lebih menguntungkan dengan biaya yang lebih murah.

Kolaborasi Lebih Mudah 

Fitur-fitur pada setiap software ERP berbeda-beda walau secara umum, masing-masing dari software akan menawarkan kelebihan tersendiri. Bisa dibayangkan, apabila vendor software ERP tidak berada di Indonesia, maka proses penjajakan dan kolaborasi akan sangat sulit dilakukan. Perusahaan harus ekstra hati-hati karena ketika software ERP telah diinstalasi, maka proses penyesuaian dan penggantian membutuhkan biaya tinggi.Namun, ketika vendor ERP juga berada di Indonesia, proses penjajakan dan kolaborasi akan lebih mudah dilakukan. Sistem ERP yang ditawarkan pun akan sesuai dengan sistem-sistem yang biasa diterapkan perusahaan di Indonesia. Hal ini dapat meningkatkan kolaborasi dengan mengurangi risiko eror dan high cost of adjustment.

Sistem Yang Lebih Sesuai 

Berhubungan dengan alasan sebelumnya, ERP yang berada di Indonesia tentu memiliki sistem yang lebih sesuai dengan perusahaan lokal. Dengan begini, ERP bisa menawarkan analisis yang lebih sesuai karena memang dibutuhkan oleh perusahaan. Ketika vendor mampu menawarkan dan menyediakan fitur-fitur kuat dan tepat, maka ERP bisa membuat perusahaan bekerja lebih mudah dan membantu karyawan dalam membuat berbagai jenis laporan.Dalam beberapa kondisi, software ERP bisa saja memaksa perusahaan untuk mengubah sistem menjadi cloud-based yang tentunya belum terlalu diminati oleh perusahaan lokal. Vendor-vendor yang berada di Indonesia pasti paham, kustomisasi apa saja yang biasanya diperlukan perusahaan di Indonesia sehingga ERP bisa diterapkan lebih cepat tidak sampai berbulan-bulan.

Produktivitas Meningkat 

Ketika sistem ERP yang digunakan sesuai dengan kehendak perusahaan sehingga proses adaptasi bisa dipersingkat maka, secara tidak langsung akan meningkatkan produktivitas. Perusahaan bisa langsung mengadopsi sistem ERP yang telah terpasang. Selain itu, dengan adanya kolaborasi yang lebih mudah dilakukan, perusahaan menjadi lebih leluasa untuk meminta saran-saran terbaik agar ERP bisa digunakan semaksimal mungkin.Bila perusahaan memilih solusi yang benar dengan mencari software ERP yang berada di Indonesia, maka para karyawan mungkin akan lebih mudah dalam menyesuaikan diri. Mereka tidak perlu mempelajari sistem baru yang sangat berbeda dari cara kerja perusahaan sebelumnya. Pendekatan yang dilakukan vendor juga akan lebih tepat sesuai gaya perusahan-perusahaan Indonesia. Dengan begitu, proses adaptasi akan berjalan mudah dan produktivitas akan meningkat dengan cepat.

Penyesuaian Sederhana 

Karena usaha akan terus berkembang dan cabang-cabang baru akan terus bermunculan, akan lebih baik bagi perusahaan untuk memilih satu software ERP yang berbasis di Indonesia. Hal ini agar proses penyelarasan bisa dilakukan dengan mudah.Perusahaan tidak hanya harus berpikir tentang pelanggan namun juga kondisi atau pasar di suatu negara khususnya Indonesia. Peraturan-peraturan daerah yang juga harus tetap dipatuhi menjadi alasan kuat mengapa memilih software ERP yang juga berada di Indonesia menjadi penting.Para vendor di Indonesia tentu akan lebih mengerti tentang tata aturan bisnis atau usaha daripada vendor luar yang terbiasa dengan lingkungan berbeda. Ketika ERP mampu menawarkan sesuatu yang sesuai dengan aturan-aturan negara, maka perusahaan bisa melangkah dengan lebih mudah.Selain itu, ERP yang berada di lokasi yang sama tentu akan menyediakan sistem audit tertentu atau khusus. Hal tersebut berguna untuk membantu perusahaan dalam memenuhi aturan-aturan khusus seperti penggunaan bahan kimia hingga ketentuan pajak yang tentunya berbeda-beda di setiap negara.

Risk Management 

Selain itu, software ERP yang berada di Indonesia akan mampu menyediakan sistem risk management yang baik dan tentunya sesuai dengan kebutuhan perusahaan lokal. Solusi ini mampu meningkatkan kondisi keuangan dengan mengurangi kesalahan sistem akuntansi. Dari perspektif lain, perusahaan bisa lebih mudah dalam mengatasi segala kemungkinan terburuk dengan ERP.Ketika eror, repairement, atau upgrade terjadi, maka perusahaan bisa menentukan langkah nyata dan mudah dilakukan karena vendor berada di Indonesia. Dengan begitu, segala bentuk antisipasi, baik dari anggaran, jadwal, dan rencana pengembangan bisa ditentukan lebih awal dan cepat.

Update Informasi Baru 

Memilih vendor atau bekerja sama dengan software ERP yang juga berada di Indonesia akan memberikan kemudahan bagi perusahaan dalam menerima informasi-informasi baru. Bahkan, proses komunikasi bisa dilakukan dengan  tatap muka dan menjajaki langsung di lapangan. Maka dari itu, negosiasi, bargaining, dan ekspektasi satu sama lain bisa terpenuhi. Hal ini tentu meminimalisir kesalahan komunikasi dan penyelarasan pembaharuan bisa lebih mudah dilakukan.

Pertimbangan Jangka Panjang

Alasan terakhir adalah pertimbangkan jangka panjang. Perusahaan tentu harus memikirkan kondisi perusahaan di masa depan. Ketika perusahaan memilih software ERP yang berada di Indonesia, perusahaan bisa dengan mudah untuk terus fokus mengembangkan perusahaan karena vendor bisa dengan mudah ditemui sehingga pekerjaan jadi lebih terstruktur.Alasan kolaborasi, penyesuaian, kesamaan budaya, hingga SOP yang sesuai pada perusahaan-perusahaan di Indonesia juga menjadi salah satu pertimbangan jangka panjang perusahaan dalam memilih software ERP yang berada di Indonesia. Selain itu, dengan munculnya pandemi COVID-19, tentu memiliki vendor yang berada di Indonesia menjadi nilai lebih baik dari segi kemudahan dan biaya. Hal ini juga menjadi dasar yang harus dipertimbangkan apalagi pandemi belum bisa ditentukan kapan berakhirnya. Semoga artikel ini bermanfaat!


You Might Also Like