banner iklan

8 Fitur yang Wajib Ada Dalam Software Akuntansi Anda

8_fitur_yang_wajib_ada_dalam_software_akuntansi_anda

Banyak orang yang menilai bahwa tidak mudah untuk menjadi seorang pelaku usaha atau mendirikan bisnisnya sendiri. Setiap kali ada seseorang yang mengatakan bahwa mereka akan menjalankan usahanya sendiri pasti akan disambut decak kagum oleh orang lain. Sudah bukan rahasia umum lagi jika menjadi seorang pebisnis membutuhkan mental yang lebih kuat serta kesabaran ekstra. Hal ini dikarenakan bisnis dibangun secara bertahap dan hasilnya pun membutuhkan waktu, tenaga, usaha, dan modal yang tidak sedikit. Selain itu juga para pelaku bisnis diwajibkan untuk terus belajar jika ingin bisnisnya berkembang dan tidak dikalahkan oleh zaman maupun pesaingnya. Oleh sebab itu, banyak yang berpikir bahwa menjadi pelaku bisnis terlalu sulit.Tidak hanya harus tahu tentang cara melakukan pemasaran yang baik, mengatur persediaan barang yang ada, merekrut karyawan, memahami tentang perpajakan yang berkaitan dengan bisnisnya, seorang pebisnis juga wajib tahu mengenai cara pembukuan yang baik dan benar. Salah satu topik yang paling sulit untuk dipelajari oleh orang awam biasanya adalah tentang perpajakan serta pembukuan. Apalagi pembukuan merupakan salah satu elemen paling penting dalam menjalankan sebuah bisnis. Pasalnya, pembukuan yang dilakukan dengan baik dapat menunjukkan perkembangan bisnis serta apa saja yang perlu ditingkatkan atau diperbaiki dari bisnis itu sendiri. Dari pembukuan akuntansi yang dilakukan dengan baik dan benar pun juga bisa memberikan informasi kepada pemilik usaha mengenai potensi berkembangnya bisnis serta prediksi sampai berapa bisnis bisa berjalan, apakah bisa melakukan perluasan bisnis atau tidak.Karena sifatnya yang penting, tidak sedikit yang merasa kesulitan untuk membuat pembukuan yang baik dan benar karena untuk sebagian orang hal ini tidak bisa dipelajari hanya dalam waktu singkat. Untungnya di jaman yang serba digital seperti sekarang ini dimana teknologi semakin bermanfaat untuk mempermudah kehidupan banyak orang, para pelaku usaha kini bisa mengurangi salah satu kekhawatirannya ketika menjalankan bisnisnya, yaitu melakukan pembukuan dengan baik dan benar. Saat ini pelaku bisnis bisa memanfaatkan software akuntansi yang bisa mempermudah dalam pencatatan setiap transaksi dalam bisnisnya tanpa harus terlalu pusing lagi dan bisa lebih mengarahkan fokusnya untuk hal lain yang bisa meningkatkan pertumbuhan usahanya.Jika Anda berencana untuk menggunakan software akuntansi untuk membantu bisnis Anda, selalu pastikan 8 fitur berikut ini yang wajib ada di dalam software akuntansi Anda agar penggunaannya bisa dioptimalkan :

  1. Accounting

Fitur yang satu ini bisa dikatakan sama dengan laporan keuangan yang dibuat secara manual. Bedanya, Anda hanya perlu memasukkan informasi yang diperlukan dan pencatatan serta penyimpanan akan dilakukan secara otomatis di dalam software akuntansi tersebut. Sebagai fitur utama dalam sebuah software akuntansi, dari fitur ini Anda bisa mengetahui dan melakukan analisis terhadap posisi keuangan bisnis Anda yang dapat dilihat di bagian laporan neraca. Selain itu juga fitur ini bisa menyediakan laporan laba rugi, laporan buku besar, laporan perubahan modal, laporan arus kas serta laporan jurnal.Bukan hanya sekedar menyusun laporan keuangan bisnis Anda, tetapi tujuan dari adanya fitur Accounting ini adalah untuk memastikan bahwa Anda mendapatkan informasi mengenai performa bisnis dalam suatu periode dengan lebih mudah.  

  1. Sales

Software akuntansi yang baik tentunya wajib memiliki fitur Sales di dalamnya. Fitur yang satu ini sangat bermanfaat dalam membantu pelaku bisnis untuk mencatat setiap transaksi dengan cara yang lebih efisien dan efektif karena secara otomatis tercatat dalam fitur tersebut sehingga pengguna hanya perlu melihat catatan transaksi tersebut tanpa harus repot mengumpulkannya secara manual.

  1. Purchases

Sangat mustahil apabila Anda tidak melakukan pembelian atau purchasing dalam menjalankan bisnis. Hal ini dikarenakan pembelian  akan menjadi penyeimbang penjualan Anda. Bahkan tak terkecuali jika Anda memproduksi sendiri bahan-bahan dari produk yang akan dijual.Fitur Purchases ini memungkinkan Anda untuk mengetahui status transaksi yang dilakukan, seperti pembelian yang belum dibayarkan, yang akan jatuh tempo serta yang harus dilunasi dalam waktu dekat. Selain itu juga fitur Purchases harus memberikan keleluasaan bagi penggunanya untuk menambahkan informasi yang dibutuhkan seperti penambahan deposit pemesanan untuk beberapa pembelian.Pada fitur ini juga memungkinkan penggunanya untuk melakukan pembuatan faktur dan retur pembelian, pelacakan daftar pengeluaran, pengiriman pembelian, dan lain sebagainya. 

  1. Items

Fitur items berguna untuk mengetahui item mana saja yang masih tersedia untuk mendukung operasional bisnis.

  1. Warehouse

Seperti yang diketahui bahwa pergudangan atau juga warehouse merupakan tempat yang memiliki fungsi untuk menyimpan barang yang kemudian akan dijual dan distribusikan ke lokasi tertentu sesuai dengan permintaan.Dengan adanya fitur Warehouse ini, Anda dapat mengontrol semua proses yang harus dilakukan seperti pengiriman, penerimaan barang, penyimpanan, pergerakan barang, dan pengambilan barang dengan lebih mudah.

  1. Finance

Fitur Finance pada software akuntansi Anda berfungsi untuk mencatatkan segala transaksi yang terjadi yang kemudian akan digunakan untuk membuat laporan keuangan.

  1. Inventory

Fitur lain yang wajib ada di dalam software akuntansi Anda yang tidak kalah pentingnya adalah fitur Inventory. Banyak pelaku usaha yang kesulitan dalam melakukan pencatatan atas persediaan yang dimiliki. Dengan adanya fitur Inventory ini, melakukan manajemen persediaan akan menjadi lebih mudah dan tersusun dengan rapi karena Anda dapat mengetahui nilai dan kuantitas dari barang persediaan yang dimiliki, rincian persediaan seperti SKU dan juga informasi mengenai waktu keluar barang. Melalui fitur ini, Anda bisa lebih mengontrol serta memprediksikan persediaan barang yang ada di gudang terutama pada pada saat-saat tak terduga ketika Anda terpaksa harus menyimpan persediaan atau barang lebih lama atau menghabiskannya dengan cepat.

  1. Project

Fitur project bisa dimanfaatkan untuk mengontrol kegiatan promosi apa saja yang sedang dijalankan serta performanya sehingga Anda bisa menilai apakah project tersebut memberikan hasil yang diinginkan atau tidak.Adapun salah satu software akuntansi yang memiliki fitur lengkap seperti yang disebutkan di atas adalah Ukirama ERP dimana Ukirama ERP bisa memenuhi kebutuhan bisnis Anda. Selain itu juga Anda bisa mengajukan demo gratis untuk mengetahui lebih jauh layanan yang diberikan oleh Ukirama ERP!


You Might Also Like