8 Karakteristik Wirausaha Ini Perlu Anda Miliki Jika Ingin Sukses

8_karakteristik_wirausaha_ini_perlu_anda_miliki_jika_ingin_sukses

Apakah Anda ingin menjadi seorang wirausahawan sukses? Jika ya, maka memiliki konsep atau ide bisnis hebat saja tidak cukup. Seorang wirausahawan harus mampu menindaklanjuti ide-ide tersebut dengan mengerahkan kemampuan yang ada atau dalam beberapa kasus menciptakan kemampuan yang bahkan tidak dimiliki sebelumnya. Berawal dari hal itu, penting juga memiliki sifat-sifat/ karakteristik wirausaha yang secara umum dapat ditemukan pada diri seorang pengusaha-pengusaha sukses.Namun, ini bukan berarti Anda harus mutlak memiliki semua karakteristik yang akan disebutkan dibawah ini jika ingin menjadi sukses. Karena pada akhirnya kesuksesan ditentukan oleh banyaknya kerja keras dan sedikit keberuntungan. Hanya saja, dengan mempelajari dan memelihara karakteristik wirausaha yang baik maka Anda memiliki keunggulan tersendiri untuk menjalankan bisnis secara lebih matang dan terarah seiring berjalannya waktu. Berikut adalah 8 karakteristik terbaik seorang wirausaha yang harus dipelihara:

Profesional

Profesional adalah salah satu karakteristik terpenting yang harus dipenuhi setiap wirausahawan. Istilah profesional sendiri dapat didefinisikan dengan cara yang berbeda-beda. Mulai dari mengacu pada keandalan untuk menjalankan suatu pekerjaan, hingga sikap menawarkan jasa atau layanan sesuai dengan protokol dan peraturan yang berlaku. Terlepas dari perbedaan definisi tersebut, pada intinya profesional secara umum dapat menghasilkan kredibilitas/ kepercayaan. Kredibilitas yang tercermin pada diri wirausahawan akan membuat orang-orang dalam organisasi termotivasi dan bersedia memberikan yang terbaik. Selain itu juga dapat mendorong pemangku kepentingan untuk mempercayakan pemenuhan kebutuhannya kepada Anda.

Disiplin

Seiring dengan profesionalisme timbullah sifat disiplin. Disiplin adalah sikap patuh terhadap suatu aturan dan nilai profesionalitas. Dengan melatih kedisiplinan maka dapat menciptakan rasa tanggung jawab yang tinggi. Selain itu juga bisa mengurangi rasa malas dan kebiasaan dari berleha-leha atau membuang waktu dengan percuma.Pada akhirnya, disiplin diri memungkinkan seorang wirausaha untuk mencapai target mereka dengan optimal karena ia dapat mengatur waktunya dengan baik. Adapun sikap disiplin dapat terlihat dari semangat menjalankan usaha secara terorganisir dan mengerjakan segala sesuatu sesuai dengan target yang ingin dicapai dan dalam tenggat waktu yang telah ditetapkan.

Kreatif dan inovatif

Karakteristik penting selanjutnya yang perlu dimiliki oleh wirausaha adalah kreatif. Kreatif menjadi salah satu karakter penting bagi wirausaha karena ini memicu lahirnya sesuatu yang baru. Tanpa kreativitas, tidak mungkin ada inovasi. Sementara itu dalam berwirausaha, inovasi dan kreativitas adalah dua hal yang beriringan. Karakteristik ini sangat diperlukan untuk menciptakan ide-ide baru seperti melakukan proses/ teknik baru, menghasilkan produk atau jasa baru, menghasilkan nilai tambah baru, dan sebagainya. Berpikir kreatif juga dapat membantu dalam menghasilkan solusi baru dengan cara yang out of the box.

Bergairah atau memiliki passion

Apa passion atau gairah Anda? Apa yang paling Anda sukai? Apa yang membuat Anda senang? Semua itu adalah beberapa pertanyaan yang diajukan ketika mencoba mengetahui tentang apa yang membuat seseorang senang dalam menjalani kehidupan, termasuk dalam hal pekerjaan. Passion merupakan salah satu elemen penting yang harus dimiliki setiap wirausaha untuk unggul dalam bisnis. Pasalnya, jika pekerjaan Anda sudah menjadi passion Anda sendiri. Maka ketika Anda bekerja, Anda bisa menikmati apa yang Anda lakukan dan memiliki semangat yang menggebu untuk mencapai tujuan. Dengan kata lain, passion bisa menjadi alasan tersendiri yang dengannya Anda dapat termotivasi untuk tetap ‘tahan banting’ dan berusaha menjadi lebih baik. Seperti halnya ketika ada rintangan yang sesekali menghampiri dan menghambat bisnis Anda, passion yang Anda miliki akan menjadi bahan bakar tersendiri yang memastikan bahwa Anda mampu mengatasi hambatan ini dan terus maju menuju tujuan Anda.

Berwawasan luas dan senang belajar

Seorang wirausaha harus memiliki pengetahuan yang luas tentang niche market atau industrinya. Karena hanya dengan pengetahuan kesulitan dapat diselesaikan dan krisis dapat diatasi. Kemampuan ini akan membantu seorang wirausaha untuk untuk melacak perkembangan dan permintaan pasar yang terus berubah. Apakah itu tren baru di pasar, kemajuan teknologi atau bahkan masuknya kompetitor baru. Dengan mengetahui dan mempelajari hal tersebut, mungkin bisa menjadi kekuatan yang akan menuntun Anda untuk menyusun strategi baru yang diperlukan untuk memenangkan kompetisi pasar.Selain itu, seorang wirausaha yang baik juga harus selalu berusaha untuk menambah pengetahuannya. Oleh karena itu ia selalu menjadi pembelajar. Semakin baik seorang mengetahui area bermainnya, semakin mudah dia bisa bermain di dalamnya dan menjadi pemenang.

Berani mengambil risiko

Banyak pencapaian terbesar dalam hidup seorang wirausaha membutuhkan upaya keluar dari zona nyaman dengan mengambil langkah yang mungkin berisiko. Jika seorang wirausaha tidak berani dalam mengambil risiko bisnis, maka dapat menjadi penyebab Anda mengalami kesulitan dalam berinisiatif dan membuat bisnis berjalan stagnan.Pengambilan risiko ini selain dapat membuat bisnis Anda lebih berkembang, ada kalanya dapat menyebabkan kegagalan. Namun hal itu tidaklah mengapa karena pada gilirannya kegagalan dapat membantu Anda tumbuh sebagai pribadi wirausaha yang lebih baik lagi.

Berjiwa pemimpin

Yang dimaksud berjiwa pemimpin tidak berarti selalu mengacu pada kemampuan mengarahkan orang lain. Berjiwa pemimpin yang harus dimiliki wirausaha juga berarti kemampuan untuk mengenal dirinya dengan baik sehingga mampu mengakomodasi dirinya dengan baik di lingkungan sekitarnya. Adapun ciri seorang wirausaha berjiwa pemimpin antara lain dirinya dapat menjalankan bisnisnya secara transparan dan jujur, mendengarkan masukan/ sanggahan dari siapa saja tanpa interupsi, mandiri, berintegritas, dan lain sebagainya.

Berempati

Wirausaha yang baik harus berempati terhadap orang-orang disekitarnya dengan menunjukkan keterbukaan hati dan pikiran untuk memahami harapan, impian,dan masalah-masalah yang mungkin dialami para anggota. Anda bisa mencoba mengetahui kekuatan dan kelemahan setiap karyawan yang bekerja di bawah kepemimpinan Anda.Anda pun harus menyadari dan memahami bahwa orang-oranglah (tim kerja) yang membuat bisnis berjalan, tanpa adanya mereka mungkin bisnis Anda tidak berjalan lancar. Salah satu tujuan utama dari rasa empati tidak lain dan tidak bukan adalah untuk menciptakan terjalinnya hubungan pribadi yang kuat sehingga bisa menghadirkan suasana kerja yang lebih nyaman dan menyenangkan.Itulah beberapa karakteristik wirausaha yang dapat kami sampaikan. Semoga dapat memotivasi Anda yang ingin menjadi wirausaha sukses dan berkarakter. Juga mendatangkan manfaat lainnya bagi para pembaca secara umum. 


You Might Also Like