8 Manfaat Laporan Keuangan Bagi Perusahaan

8_manfaat_laporan_keuangan_bagi_perusahaan.png

Dalam menjalankan sebuah bisnis, kita tidak bisa lepas dari hal-hal  yang berkaitan dengan keuangan. Untuk itu kita memerlukan adanya laporan yang berkaitan dengan keuangan tersebut atau yang kita sebut sebagai laporan keuangan. Laporan keuangan yang disajikan di dalamnya berupa berbagai informasi terkait transaksi keuangan yang dilakukan perusahaan di dalam menjalankan bisnisnya. Transaksi keuangan yang dilakukan akan memberikan informasi yang berkaitan dengan asal-usul uang yang digunakan untuk berbisnis.Selain itu, melalui laporan keuangan kita juga bisa mengetahui berapa besar jumlah pengeluaran dan pemasukan. Laporan keuangan menjadi salah satu bentuk pertanggungjawaban. Maka dari itu, setiap perusahaan atau orang menjalankan bisnis harus membuat laporan keuangan dengan baik. Laporan keuangan tidak boleh dibuat sembarangan dan harus mengikuti standar yang ada.Apalagi laporan keuangan memiliki beberapa karakteristik seperti sesuai dengan kondisi, mudah dipahami, detail, dan lain sebagainya. Laporan keuangan berhubungan langsung dengan kelangsungan perusahaan di dalam menjalankan sebuah bisnis. Dari sini kita tahu bahwa laporan ini memang harus ada.

8 Manfaat dari Laporan Keuangan Perusahaan

Di bawah ini kami akan menjelaskan beberapa manfaat laporan keuangan bagi perusahaan.

  1. Sebagai Bahan Evaluasi Kerja

Sebuah laporan keuangan memiliki manfaat di dalam menilai kinerja dalam kurun waktu setahun. Perusahaan tidak selamanya selalu berhasil atau selalu berada dalam fase naik. Ada masanya dimana perusahaan berada dalam fase turun atau mengalami masa sulit. Kondisi ini bisa diakibatkan oleh persaingan, bencana, atau beberapa masalah lainnya.Laporan keuangan akan menampilkan hasil kinerja perusahaan. Melalui laporan ini kita bisa mengetahui hal-hal  yang berkaitan dengan penjualan produk, investasi, biaya produksi, sampai dengan untung dan rugi. Laporan ini juga biasanya digunakan untuk mengetahui kinerja perusahaan selama beberapa tahun terakhir yang dipakai sebagai pembanding.Perlu dipahami bahwa angka penjualan yang mengalami peningkatan tidak menjadi sebuah jaminan bahwa kinerja perusahaan tersebut baik. Ada berbagai faktor yang mempengaruhinya baik dari faktor eksternal misalnya kurs dollar terhadap Rupiah atau BI Rate.

  1. Laporan Bagi Pemegang Saham

Sebuah perusahaan, baik perusahaan besar maupun kecil biasanya dilandasi oleh kepemilikan bersama. Sebagian mungkin perusahaan tersebut dikuasai oleh founder-nya. Mereka kemudian menyisakan setidaknya 30% sampai 50% sebagai bagian dari investasi. Dikarenakan perusahaan tersebut berdiri atas dasar kepemilikan bersama, kinerja perusahaan harus selalu dilaporkan oleh para pemegang saham.Para pemegang saham mempunyai hak untuk ikut mengawasi kinerja perusahaan. Mereka memiliki hak dan memang harus tahu tentang seperti apa kondisi yang terjadi pada perusahaan. Apakah perusahaan berhasil mencapai target, mendapatkan keuntungan yang besar atau malah mendapatkan hasil yang tidak sesuai dengan ekspektasi.Berkaitan dengan hal tersebut, pemegang saham perusahaan juga mempunyai hak di dalam menentukan siapa pengelola perusahaan. Mereka dapat memberikan suara tentang siapa orang yang akan memimpin perusahaan agar berjalan pada jalur yang diinginkan serta mencapai target yang ditentukan.

  1. Acuan Dalam Pengambilan Keputusan

Manfaat laporan keuangan yang ketiga yaitu sebagai acuan di dalam pengambilan keputusan. Apa yang terjadi saat ini akan menentukan keputusan di masa yang akan datang. Jika laporan keuangan memberikan informasi bahwa kinerja perusahaan berada di track yang bagus dan sesuai apa yang ditargetkan, pihak manajemen bisa leluasa di dalam menentukan atau mengambil keputusan untuk tahun yang akan datang. Contohnya keputusan dalam menentukan dana yang dialokasikan untuk kebutuhan investasi.Laporan keuangan yang diberikan hasil detail dan juga valid. Berkaitan dengan validasi, hal ini bisa dilakukan dengan konsolidasi oleh pihak ekstern serta harus independen. Biasanya keterangan tentang konsolidasi ini akan disertakan di akhir laporan.

  1. Informasi untuk Pemerintah

Ternyata laporan keuangan juga bisa bermanfaat untuk pihak ekstern selain para stakeholder, yaitu pemerintah. Bagi pemerintah, laporan keuangan perusahaan tersebut akan digunakan sebagai acuan dalam penilaian pajak yang dibebankan pada perusahaan tersebut. Semakin laporan keuangan menunjukkan peningkatan yang signifikan, maka perusahaan tersebut dianggap mampu membayar pajak lebih baik.Sebagai tambahan, tidak semua perusahaan rela membayar  pajak dalam jumlah yang besar yang ditentukan oleh pemerintah. Untuk hal ini biasanya perusahaan akan mengambil sebuah tindakan berupa Corporate Social Responsibility atau Program Tanggung Jawab Perusahaan maupun kinerja sosial. Hal ini bertujuan untuk mensejahterakan masyarakat sehingga mampu menekan nominal pajak yang dibebankan.

  1. Informasi Bagi Karyawan

Lalu apa manfaat  laporan bagi karyawan? Ternyata laporan keuangan juga bisa bermanfaat bagi perusahaan. Mereka memerlukan informasi yang berasal dari laporan keuangan dari perusahaan tempat dia bekerja. Melalui informasi ini, karyawan bisa mengetahui tentang keuntungan atau profit perusahaan tersebut. Bahkan laporan keuangan juga  bisa digunakan sebagai acuan apakah karyawan tersebut tetap bekerja di sana atau tidak.

  1. Informasi Bagi Selain Stockholder

Sebelumnya kami sudah menjelaskan seperti apa manfaat laporan keuangan perusahaan baik bagi pihak internal, stakeholder, maupun pemerintah. Ternyata laporan ini juga bermanfaat bagi para supplier atau pelanggan yang juga menjadi bagian eksternal perusahaan. Bagi pelanggan, laporan ini akan digunakan untuk mengetahui serta menilai kinerja perusahaan yang nanti juga bisa digunakan sebagai acuan dalam menjalin kerja sama.Sementara itu, bagi supplier laporan keuangan digunakan untuk menilai apakah perusahaan yang bersangkutan masih mampu memenuhi kewajibannya di dalam membayar barang-barang yang disuplai.

  1. Informasi Bagi Kreditur

Lalu apa manfaat dari laporan keuangan bagi kreditur? Seperti yang kita tahu bahwa kreditur mempunyai peran penting dalam memberikan pinjaman dana. Di dalam laporan tersebut, kreditur akan dijadikan sebagai salah satu patokan dalam pengambilan keputusan mengenai berapa besar dana yang dipinjamkan dengan memperhatikan beberapa faktor.

  1. Masyarakat Umum

Lalu apa manfaat laporan keuangan bagi masyarakat umum? Ternyata masyarakat umum juga  bisa mengambil manfaat dari adanya laporan keuangan perusahaan. Melalui laporan ini masyarakat bisa mengetahui seberapa besar peluang mereka untuk diterima kerja di perusahaan tersebut.Demikian informasi yang bisa kami sampaikan. Kesimpulannya, laporan keuangan bukan hanya bermanfaat bagi beberapa pihak saja melainkan ada pihak lain yang bisa mengambil manfaat laporan keuangan. Semoga bermanfaat.


You Might Also Like