Apa itu Aplikasi Penjualan

apa_itu_aplikasi_penjualan

Untuk menjalankan bisnis agar dapat berkembang pesat, tidak cukup hanya berbekal produk/ layanan unggul dan mempekerjakan tim penjualan yang terampil saja. Melainkan Anda juga perlu menerapkan strategi termutakhir untuk menyederhanakan operasional bisnis menjadi lebih efisien seperti dengan menggunakan aplikasi penjualan. Apa itu aplikasi penjualan?Singkatnya, aplikasi penjualan adalah sebuah produk teknologi berupa software atau perangkat lunak untuk membantu pekerjaan manusia dalam aktivitas jual-beli. Untuk lebih jelasnya mengenai aplikasi penjualan mari simak informasi di bawah ini.

Apa itu Aplikasi Penjualan?

Aplikasi penjualan merupakan sebuah perangkat lunak atau software aplikasi yang dirancang dengan fitur sedemikian rupa. Sehingga penggunaan aplikasi tersebut mampu membantu pengguna dalam manajemen transaksi jual beli secara lebih mudah, praktis, efisien, dan akurat dibandingkan dengan cara konvensional. Pada umumnya, sebuah perusahaan memanfaatkan aplikasi penjualan ini bersamaan dengan aplikasi lain seperti software ERP.

Manfaat Menggunakan Aplikasi Penjualan

Apa itu manfaat aplikasi penjualan? Manfaat yang dapat diperoleh perusahaan ketika memilih menggunakan aplikasi penjualan antara lain:

  • Memungkinkan perusahaan mencatat/ merekam, menyimpan, serta melihat profil pelanggan dengan mudah. Yang mana informasi pelanggan tersebut dapat digunakan untuk berbagai hal sesuai dengan kebutuhan transaksi perusahaan.
  • Memudahkan tim penjualan untuk mempertahankan rutinitas penjualan yang konsisten dan terintegrasi dengan seluruh tim sehingga segalanya menjadi lebih efisien - menghemat waktu dan tenaga maka demikian produktivitas pun bisa meningkat.
  • Memudahkan perusahaan untuk memantau serta menganalisa bisnisnya karena melalui aplikasi penjualan secara otomatis riwayat transaksi tercatat dalam sistem dan memungkinkan pelaporan secara real time. Hal ini sangat berguna untuk mengevaluasi kinerja penjualan untuk merumuskan strategi bisnis yang lebih efektif untuk diterapkan di waktu mendatang.

Tips Memilih Aplikasi Penjualan yang Tepat dan Benar

Saat ini banyak sekali aplikasi penjualan yang beredar dengan berbagai fiturnya masing-masing. Sehingga tak ayal hal ini sering membuat bingung para pengusaha yang ingin menggunakan aplikasi penjualan untuk menunjang produktivitas timnya. Dari banyaknya fitur yang ada, berikut ini kami rangkum beberapa fitur penting yang harus Anda pelajari sebelum memilih aplikasi penjualan.

Mobile friendly

Fitur pertama yang harus Anda pertimbangkan ketika akan memilih aplikasi penjualan adalah memastikan apakah aplikasi tersebut mobile friendly. Cari tahu apakah aplikasi penjualan tersebut hanya bisa digunakan di perangkat komputer atau desktop saja dan tidak bisa diakses dari perangkat lain. Atau aplikasi tersebut merupakan aplikasi ramah seluler yang artinya selain dapat diakses melalui komputer juga dapat diakses dengan efisien melalui berbagai perangkat seluler seperti smartphone, tablet, phablet, dan sebagainya. Hal ini perlu Anda pastikan karena idealnya aplikasi penjualan mobile friendly agar tenaga penjualan tidak kehilangan produktivitas atau fungsionalitas saat mereka berada di luar kantor atau tidak memiliki akses ke komputer kantor. Dengan kata lain, aplikasi yang ramah seluler memungkinkan tim penjualan dapat melayani klien secara optimal tanpa bergantung dengan perangkat komputer. 

Otomatisasi

Sudah tidak diragukan lagi, otomatisasi merupakan salah satu aspek penting yang harus ada dalam sebuah sistem. Karena dengan otomatisasi berbagai pekerjaan dapat diselesaikan dengan lebih mudah dan cepat. Perusahaan yang menggunakan otomatisasi penjualan biasanya berkinerja lebih baik daripada pesaing mereka yang tidak menggunakannya. Yang jadi pertanyaan, seperti apa otomatisasi pada aplikasi penjualan?Salah satu contohnya yaitu adanya data kunci mengenai pelanggan. Sehingga dalam satu kali klik informasi penting terkait setiap pelanggan dapat diketahui. Hal ini tentunya memungkinkan sasaran untuk ditentukan dengan tepat sekaligus menyederhanakan manajemen pelanggan. 

Fitur Pelaporan

Laporan diperlukan dalam aktivitas penjualan sebagai bahan evaluasi untuk meramalkan penjualan dan membuat keputusan bisnis. Dengan aplikasi penjualan handal yang dilengkapi dengan fitur pelaporan, maka Anda tidak perlu bersusah payah lagi dalam menyajikan data kinerja penjualan secara manual yang bisa jadi menguras tenaga dan waktu Anda. Fitur pelaporan pada aplikasi penjualan ini dapat menghasilkan laporan berdasarkan data yang telah terekam secara singkat. Jangan lupa untuk mertimbangkan laporan apa saja yang dapat dibuat oleh aplikasi penjualan tersebut. Dan apakah mungkin output laporan dapat disesuaikan dengan kebutuhan perusahaan.

Antarmuka Pengguna yang Intuitif

Yang tidak kalah pentingnya, pastikan bahwa aplikasi penjualan yang Anda gunakan nantinya memiliki tampilan antar muka yang intuitif. Yakni dapat dengan mudah diketahui cara kerja dan navigasi fitur-fiturnya. Hal ini cukup penting karena antarmuka intuitif dapat secara signifikan mempersingkat pengoperasian aplikasi sehingga tim Anda dapat meningkatkan produksi dengan cepat. 

Dukungan Berkelanjutan

Terakhir, saat ingin menggunakan aplikasi penjualan Anda juga harus mempertimbangkan tingkat dukungan yang ditawarkan oleh perusahaan penyedia aplikasi setelah Anda membeli aplikasi darinya. Dengan tingkat dukungan yang tepat sesuai dengan kebutuhan, maka Anda pun bisa mendapatkan hasil maksimal dari aplikasi penjualan Anda. Beberapa perusahaan penyedia aplikasi mungkin akan memberikan dukungan berkelanjutan 24/7, ada juga yang memberikan dukungan selama kurun waktu tertentu saja. Bahkan ada juga yang langsung lepas tangan begitu saja setelah aplikasi berhasil Anda jalankan.KesimpulanDi era industri yang semakin modern dan kompetitif kini, aplikasi penjualan menjadi instrumen yang sangat efektif untuk membantu mengoptimalkan kinerja bisnis apapun. Dengannya, proses transaksi jual beli, manajemen pelanggan, dan hal lain yang berhubungan dengan penjualan dapat dilakukan dengan mudah, cepat, dan akurat. Membuat bisnis Anda selangkah lebih maju dari para pesaing yang belum menggunakannya.Namun, saat ini memilih aplikasi penjualan yang tepat bisa menjadi hal yang membingungkan mengingat banyaknya penyedia aplikasi yang bisa ditemukan. Akan tetapi, tidak perlu khawatir karena kini Anda sudah berada di tempat yang tepat. Ukirama menawarkan aplikasi penjualan yang hebat dalam paket Ukirama ERP. Di Ukirama ERP Anda bisa mempercepat proses pembelian dan penjualan secara akurat dengan satu aplikasi. Serta membantu Anda membangun hubungan dengan pelanggan secara optimal. Ukirama ERP menawarkan uji coba gratis sehingga Anda beserta tim Anda bisa lebih memahami fitur-fiturnya sebelum membuat keputusan pembelian. Jadi, manfaatkan peluang ini sebaik-baiknya dan gunakan untuk mencapai tujuan bisnis Anda. Hubungi kontak kami sekarang juga untuk konsultasi dan mendapatkan uji coba gratisnya!


You Might Also Like