ERP: Apa Itu Enterprise Resource Planning?

Sindhu Partomo
ERP

Daftar Isi


Apa itu ERP?

ERP (Enterprise Resource Planning) adalah sistem manajemen yang digunakan oleh sebuah organisasi, dalam hal ini perusahaan, untuk menghubungkan berbagai proses bisnis yang ada. Umumnya, istilah ERP mengacu kepada penggunaan software, aplikasi, dan teknologi yang mengintegrasikan pengelolaan berbagai kegiatan bisnis secara aktual atau real time. Salah satu contoh aplikasi ERP adalah Ukirama.

Memakai ERP, perusahaan kamu akan sangat terbantu dalam menjalankan banyak proses bisnis seperti penjualan, pembelian, produksi, pembukuan akuntansi dan keuangan, manajemen gudang serta supply chain, sampai mengelola perencanaan proyek dan human resource.

Asal Mula ERP

Kalau kamu baru akhir-akhir ini mengenal istilah ERP, ternyata cikal-bakalnya sudah ada sejak 1950-an, lho. Dulu, Rolls-Royce dan General Electric adalah yang pertama mengeluarkan istilah perencanaan pemakaian material untuk manufaktur. Di momen inilah muncul istilah “Material Requirements Planning”, atau MRP. Dari sini, sejarah ERP dimulai.

MRP secara sederhana adalah sistem yang memastikan ketersediaan bahan baku, mengatur supaya jumlah stok di gudang selalu tepat, dan merencanakan produksi maupun pengadaan bahan baku baru. Di awal perkembangannya, perusahaan seperti GE dan Toyota tentunya hanya punya komputer sederhana di tahun 60-an, dan menjalankan sistem MRP pertama.

Setelah puluhan tahun, perusahaan konsultan multinasional Gartner kemudian memperkenalkan istilah “enterprise resource planning” atau ERP sebagai sebutan untuk sistem perangkat lunak yang mengelola proses manufaktur, dan merupakan kelanjutan dari MRP. Pada akhirnya, istilah ERP dipakai untuk berbagai sistem yang mengelola bisnis dari awal hingga akhir, dan tidak terbatas pada industri manufaktur saja.

ERP Hari Ini

Sejak dekade 1990-an, Gartner terus menjadi salah satu perusahaan konsultan yang terkenal di ranah riset dan implementasi ERP. Pada tahun 2022, Gartner mengeluarkan hasil riset yang menunjukkan bahwa lebih dari 1,2 juta perusahaan di seluruh dunia sudah memakai ERP (2022), dan diperkirakan akan meningkat hingga 2 kali lipat di tahun 2030. Saat ini, banyak perusahaan dari tingkat UMKM, menengah, sampai korporasi multinasional yang memilih ERP, karena terbukti bisa menghemat biaya dalam jangka panjang.

Aplikasi ERP saat ini terbagi dua, yaitu jenis dengan implementasi server fisik yang dikelola sendiri oleh perusahaan pengguna (on premise), dan jenis lainnya adalah server yang ditaruh dalam cloud, seperti Ukirama.

Beberapa modul yang paling sering ada dalam ERP adalah:

  • Akuntansi dan Keuangan
  • Produk dan Inventory
  • Manufaktur
  • Manajemen Proyek
  • Pembelian dan Penjualan
  • Payroll dan Human Resource

Implementasi ERP Pada Perusahaan

Untuk menerapkan aplikasi ERP di perusahaan, kamu harus berkonsultasi dengan penyedia layanan ERP yang terpercaya, dan sesuaikan perencanaan dengan kebutuhan spesifik perusahaan kamu. Jangan lupa untuk melakukan simulasi sesuai dengan proses bisnis perusahaan. Pilihlah penyedia layanan yang memberikan jaminan customer support, yang memahami seluk-beluk sistem serta praktik bisnis industri kamu, baik itu retail, manufaktur, kuliner, atau yang lainnya.

Kalau kamu berminat dengan layanan cloud ERP, bisa cek layanan dari Ukirama yang didesain sesuai kebutuhan bisnis di Indonesia. Implementasi cepat, langsung bisa dipakai di berbagai device tanpa ribet.Cek Ukirama Selengkapnya >>>.

Ukirama ERP memudahkan ratusan perusahaan mengelola bisnis setiap hari

Jadwalkan Demo

Sindhu Partomo
Sindhu Partomo

Saya seorang konsultan yang tertarik pada penulisan terkait software ERP, Data Analisis, dan Supply Chain Management

You Might Also Like