Apa Itu Landed Cost (Harga Perolehan) dan Rumus untuk Cara Menghitungnya?

apa_itu_landed_cost__harga_perolehan__dan_rumus_untuk_cara_menghitungnya

Pembahasan kali ini akan membantu anda para pengusaha memahami apa yang dimaksud dengan landed cost. Seringkali anda yang berkecimpung dalam dunia bisnis dan perusahaan, tidak memahami apa itu landed cost dan apa manfaatnya dalam pelaksanaan usaha dari perusahaan anda. Mungkin landed cost hanya faktor yang kecil bahkan sangat kecil dalam pelaksanaan suatu usaha, tapi ketahuilah bahwa sangat besar perannya.Seringkali karena dianggap kurang memiliki peran yang penting, landed cost diabaikan dalam perhitungan dan pemahaman maksud dari hasil perhitungannya. Anda tidak boleh seperti itu tentunya. Anda harus memahami dengan baik apa itu landed cost dan bagaimana rumus untuk dapat melakukan perhitungannya.Tidak cukup hanya sampai di situ. Mengetahui macam-macam kegunaan dari perhitungan landed cost ini pun dapat membuat anda memaksimalkan fungsi usaha dari perusahaan anda. Oleh karena itu, tidak perlu menunggu lebih lama lagi simaklah penjelasan mengenai landed cost yang akan disampaikan pada bagian berikutnya.

Mengenal Istilah Landed Cost dalam Bisnis Perusahaan

Hal pertama yang harus anda pahami dalam pembahasan kali ini adalah apa yang dimaksud dengan landed cost itu sendiri. Anda tidak cukup hanya tahu dan hafal pengertian dari landed cost, tetapi anda harus mengenalnya lebih dalam. Sebagai pelaku bisnis dalam perusahan, memahami landed cost ini sifatnya wajib.Cobalah anda mulai memahami landed cost sebagai segala pengeluaran yang harus dikeluarkan oleh perusahaan mulai dari pembelian barang modal atau langsung barang dagangan, hingga barang tersebut sampai di gudang penyimpanan yang membelinya.Biasanya, landed cost ini akan mencakup harga dari bahan baku, biaya pengiriman, biaya asuransi, hingga pajak, dan biaya lain yang harus dilakukan dari seluruh kebutuhan dalam perjalanan. Itulah mengapa hasil perhitungan keseluruhannya dinamakan sebagai landed cost atau harga setelah barang sampai.Tentunya, anda akan lebih mudah memahami mengenai landed cost ini melalui sebuah contoh. Contoh dari landed cost ini bisa anda dapatkan dari pembahasan berikutnya pada bagian ini. Jadi silahkan simak terus penjelasannya dan pahami berapa landed cost dari barang, produk, atau jasa yang anda produksi.

Bagaimana Cara Menghitung Landed Cost (Rumus Perhitungannya)?

Anda pastinya setelah memahami apa yang dimaksud dengan landed cost akan penasaran mengenai bagaimana cara menghitung landed cost ini juga. Tentunya yang perlu anda ketahui terlebih dahulu adalah rumus umumnya. Rumus umum dari landed cost ini akan memerlukan beberapa penjelasan mengenai komponen-komponen di dalamnya.Silahkan anda simak rumus menghitung landed cost yang tergolong sederhana di bagian berikut ini:Landed Cost = Biaya Pengiriman + Biaya Pajak + Biaya Asuransi + Biaya Tak Terduga LangsungPerlu anda ketahui bahwa yang dimaksud dengan biaya pengiriman biasanya adalah biaya yang anda butuhkan untuk mengirim barang menggunakan ekspedisi. Anda bisa memilih ingin pengiriman melalui darat atau udara.Anda juga perlu memahami mengenai custom. Tentunya setiap negara memiliki aturan pajak yang berbeda. Anda harus memperhitungan biaya ini juga masuk ke dalam landed cost tadi. Begitu pula dengan biaya asuransi yang dibayarkan untuk membantu anda terhindar dari berbagai resiko.Masih ada juga beberapa jenis biaya lainnya yang perlu dihitung masuk dan dijumlahkan menjadi landed cost dari barang produksi perusahaan anda.


You Might Also Like