Apa Itu Rasio Lancar dan Manfaatnya pada Perusahaan?

apa_itu_rasio_lancar_dan_manfaatnya_pada_perusahaan

Likuiditas merupakan hal yang penting dalam keberlangsungan sebuah bisnis. Oleh karenanya, dalam ilmu akuntansi dikenal istilah rasio lancar untuk menganalisis kemampuan keuangan sebuah perusahaan. Rasio lancar atau current ratio adalah adalah cara menghitung rasio likuiditas untuk mengetahui tingkat kemampuan perusahaan dalam memenuhi kewajiban, seperti utang dan upah  dalam jangka pendek atau selama setidaknya 12 bulan. 

Definisi Rasio Lancar

Rasio lancar adalah alat yang bisa kita gunakan untuk mengukur apakah aset lancer dalam perusahaan dapat melunasi kewajibannya atau tidak. Sebagai informasi, setiap perusahaan harus memiliki likuiditas atau kemampuan dalam melunasi utang dan juga kewajiban jangka pendek. Utang jangka pendek biasanya meliputi ajak, utang usaha, dividen, dan lainnya. Umumnya, tingkat likuiditas perusahaan ditunjukkan dengan angka tertentu. Nah, angka-angka tersebutlah yang disebut dengan rasio lancar, rasio cepat, dan rasio kas. 

Siapa yang menggunakan rasio lancar?

Pada umumnya, rasio lancar digunakan oleh investor, kreditur, atau trader. Berikut penjelasannya:

  1. Kreditur

Kreditur (creditor) bisa merupakan perorangan, perusahaan, perbankan, atau organisasi. Kreditur menggunakan rasio lancar untuk melihat apakah perusahaan memiliki tagihan ke pihak kedua atau pihak lain atas layanan yang telah diberikan. Dengan kata lain, kreditur menggunakan alat ini untuk melihat kesanggupan perusahaan dalam memenuhi kewajibannya. Semakin baik nilai rasio lancarnya, semakin besar potensi bank untuk menyalurkan kredit. 

  1. Investor

Investor menggunakan rasio lancar  digunakan untuk melihat kelayakan perusahaan apakah layak untuk dipilih sebagai tempat investasi. dan mendapatkan timbal balik dari usaha tersebut. Investor bisa perorangan, perusahaan, atau pihak lain seperti reksa dana. 

  1. Trader

Trader atau investor pasar modal memanfaatkan rasio lancar untuk melakukan transaksi jual-beli saham untuk mendapatkan keuntungan dalam jangka pendek. Nilai rasio lancar digunakan sebagai variabel untuk mengukur kinerja keuangan atau nilai pasar perusahaan. 

Kelebihan rasio lancar

Penghitungan rasio lancar dapat memberikan beberapa keuntungan bagi perusahaan, seperti:

  1. Alat pembanding aset

Rasio lancer bisa Anda gunakan sebagai alat perbandungan aset perusahaan dengan liabilitas yang dimiliki. Selain itu, rasio lancar dapat digunakan untuk melihat posisi sebuah perusahaan di antara perusahaan atau industri lainnya guna mengetahui perkembangan perusahaan secara periodik. Rasio lancar juga sering disebut working capital. Dengan demikian, alat ini dapat membantu investor untuk menganalisis kemampuan suatu perusahaan dalam membayarkan kewajiban jangka pendeknya. Alat ini pun bisa digunakan untuk menganalisis aset yang dimiliki. 

  1. Pengganti laporan keuangan

Keuntungan lainnya, rasio lancar bisa dipakai sebagai pengganti laporan keuangan yang kadang sulit dipahami oleh orang awam. Ini karena, current ratio disajikan dalam angka-angka yang mudah ditafsirkan dan dibaca. 

Kelemahan rasio lancar


You Might Also Like