Apa itu Sistem ERP?

By Kristianto Poluakan, 02 Juni 2017
Google Plus Share   Facebook Share   Linkedin Share

ERP (Enterprise Resource Planning) adalah sebuah konsep untuk merencanakan dan mengelola sumber daya sebuah perusahaan. ERP terdiri dari 3 elemen yaitu Enterprise (perusahaan), Resource (sumber daya), dan Planning (perencanaan), yang berarti menekankan aspek perencanaan dan analisis sumber daya perusahaan seperti, Finansial, Akuntansi, Sumber Daya Manusia (SDM), Rantai Suplai, dan sebagainya.

ERP merupakan sistem terintegrasi yang mempunyai tujuan untuk merangkum proses bisnis yang ada sehingga menjadi satu kolaborasi yang efisien dan efektif. Sistem tersebut didukung dengan teknologi informasi yang dapat menghasilkan informasi untuk menunjang perusahaan agar menjadi lebih kompetitif.

Konsep ERP dapat dijalankan dengan baik, jika didukung oleh seperangkat aplikasi dan infrastruktur komputer baik software maupun hardware sehingga pengolahan data dan informasi dapat dilakukan dengan mudah dan terintegrasi.

Kata kunci utama pada ERP, yaitu adanya aspek perencanaan yang terintegrasi di suatu organisasi atau perusahaan dengan tujuan agar dapat merencanakan dan mengelola sumber daya organisasi dan dapat merespon kebutuhan pelanggan dengan baik.

Karakteristik ERP

Sistem ERP memiliki beberapa karakteristik sebagai berikut:

  • Merupakan paket software yang didesain pada lingkungan client-server baik tradisional (berbasis desktop) maupun berbasis web.
  • Mengintegrasikan mayoritas proses bisnis yang ada.
  • Memproses seluruh transaksi perusahaan.
  • Menggunakan database skala enterprise untuk penyimpanan data.
  • Mengijinkan pengguna mengakses data secara real time.

Teknologi “Cloud Computing”

Cloud Computing merupakan gabungan pemanfaatan teknologi komputer (komputasi) dalam suatu jaringan dengan pengembangan berbasis internet Cloud (awan) yang mempunyai fungsi untuk menjalankan program atau aplikasi melalui komputer – komputer yang terkoneksi pada waktu yang sama, tetapi tidak semua yang terkoneksi melalui internet menggunakan cloud computing.

Keuntungan dari Cloud Computing telah sangat terbukti dalam menekan biaya dengan berbagai cara, dikarenakan:

  • Menghindari biaya upfront untuk semua infrastruktur komputasi seperti hardware dan server data.
  • Menekan biaya IT support, karena sudah tersedia secara cloud sehingga semua kebutuhan hardware dan Infrasruktur sudah ada dalam Cloud.
  • Menghilangkan pembayaran di depan untuk lisensi software aplikasi.

Perpaduan teknologi Cloud Computing dan ERP sangat mempermudah user dalam penginputan data. Aplikasi ERP yang menggunakan teknologi Cloud pada umumnya dapat diakses dengan mudah karena menggunakan web browser. Dalam arti lain data bisa diinput dimana saja selama terkoneksi dengan internet. Sistem ERP juga bisa memudahkan user untuk mendapatkan informasi secara real-time dan bisa diakses dengan perangkat apa saja selama perangkat tersebut mempunyai browser.

Kelebihan ERP dengan Teknologi Cloud Computing

  1. Mengintegrasikan semua area fungsional seperti; Purchase, Sales, Inventory, Finance, Accounting, Human Resource, dll.
  2. Menawarkan sistem terintegrasi di dalam perusahaan, sehingga proses dan pengambilan keputusan dapat dilakukan secara lebih efektif dan efisien.
  3. Memungkinkan melakukan integrasi secara global karena bisa diakses menggunakan perangkat seperti, smartphone, tablet, dan PC komputer selama dia memiliki Web Browser. Halangan yang tadinya berupa perbedaan valuta, perbedaan bahasa yang dapat dijembatani secara otomatis sehingga data dapat diintegrasikan.
  4. Memungkinkan manajemen mengelola operasi, tidak hanya sekedar memonitor saja. Dengan ERP, manajemen tidak hanya mampu untuk menjawab pertanyaan ’Bagaimana keadaan kita ?’ tetapi lebih mampu menjawab pertanyaan ’Apa yang harus kita kerjakan untuk menjadi lebih baik?’
  5. Membantu melancarkan pelaksanaan manajemen supply chain yang berfungsi untuk membantu menjaga persediaan/stok agar tetap ada dan sesuai dengan penjualan (just-in-time).

Cr: Berbagai sumber

© 2021 PT Ukirama Solusi Indonesia Bahasa Indonesia | English   Google Plus   Instagram   Facebook   Linkedin