Apa Saja Manfaat Utama Sistem ERP Bagi Bisnis Anda

apa_saja_manfaat_utama_sistem_erp_bagi_bisnis_anda

ERP (Enterprise Resource Planning) merupakan sistem untuk perencanaan dan pengelolaan seluruh sumber daya pada sebuah perusahaan atau bisnis. Seperti namanya, ERP terdiri dari tiga elemen pembangun yaitu enterprise atau perusahaan/organisasi, resource atau sumber daya, dan planning atau perencanaan.Menurut Daniel E. O’Leary, ERP merupakan suatu sistem berbasis komputer yang didesain untuk memproses berbagai transaksi perusahaan dan memfasilitasi perencanaan yang terintegrasi secara real time, produksi, dan respon konsumen. Sedangkan menurut O’Brien, ERP adalah software lintas fungsi terpadu yang merekayasa ulang proses manufaktur, distribusi, keuangan, sumber daya manusia, dan proses bisnis lainnya dari suatu perusahaan untuk memperbaiki efisiensi, kelincahan, dan profitabilitas.Berdasarkan pengertian-pengertian para ahli diatas, bisa dilihat bahwa ERP berfungsi sebagai alat untuk integrasi proses produksi atau jasa suatu perusahaan serta untuk integrasi data yang mereka miliki.Perkembangan software ERP menunjukkan tren positif yang artinya sistem ini benar-benar berdampak baik bagi pelaku bisnis yang menggunakannya. Jika dahulu sistem ERP hanya digunakan oleh perusahaan besar, namun kini sudah mulai banyak perusahaan kecil dan UKM yang mengadopsinya.Saat ini setidaknya ada 4 pemain besar dari software ERP yang banyak dijumpai. Pertama yaitu SAP yang berasal dari Jerman dan menjadi yang paling populer untuk perusahaan skala besar. Kedua yaitu Microsoft Dynamic yang merupakan produk dari perusahaan microsoft sehingga membuatnya dipercaya oleh banyak orang. Selanjutnya ada Oracle ERP Cloud suite yang merupakan perusahaan database terbesar di dunia, serta Odoo yang berhasil mencuri perhatian dengan fitur-fitur unggulnya.Lantas mengapa sistem ERP dirasa perlu untuk sebuah bisnis? Berikut 10 manfaat utama dari software ERP untuk keperluan bisnis anda.

  1. Menyederhanakan Proses

Sistem pada software ERP memang dibuat untuk menyederhanakan berbagai proses pada sebuah kegiatan bisnis dari mulai perencanaan, produksi, inventaris, pembuatan laporan keuangan, dan lain sebagainya. Hal ini karena sistem ERP menerapkan data terpusat sehingga semua data dari semua divisi bisa terpadu. Selain itu ERP bisa memberikan data real time yang berarti memudahkan untuk melacak berbagai kebutuhan termasuk untuk olah data yang menjadi lebih cepat namun tetap akurat tanpa harus dilakukan secara manual. Hasil olah data dari ERP bisa membantu dalam perencanaan bahan baku, pemanfaatan tenaga kerja, penjadwalan, alokasi sumber daya, inventaris, dan lain sebagainya.

  1. Menghemat Biaya

Menggunakan sistem ERP artinya sebagian besar proses bisnis dilakukan secara otomatis. Hal ini tentu menguntungkan perusahaan karena bisa memangkas biaya seperti untuk tenaga kerja. Selain itu, ERP yang bersifat terpadu juga berarti perusahaan tak perlu membeli beberapa aplikasi berbeda untuk masing-masing manajemen.Hasil olah data ERP akan menghasilkan laporan yang lengkap dan akurat sehingga perusahaan bisa dengan tepat memprediksi pendapatan, kebutuhan inventaris, permintaan konsumen, dan faktor lain sehingga pemangku kebijakan bisa mengatur anggaran perusahaan dengan lebih tepat dan bijak.

  1. Mengintegrasikan Informasi

Dengan menggunakan software ERP, artinya Informasi antar proyek ataupun antar divisi pada perusahaan bersifat terpadu, kolaboratif, dan terpusat. Hal ini artinya membuat pertukaran informasi menjadi lebih sederhana sekaligus real time. Setiap karyawan tidak perlu lagi terus menerus mencari update informasi dari divisi lain atau harus terlibat langsung di lapangan secara penuh.

  1. Meningkatkan Efisiensi

Mengurangi pekerjaan yang dilakukan secara manual, berarti penggunaan ERP juga bisa dikatakan dapat meningkatkan efisiensi. Berbagai proses dalam kegiatan bisnis dapat dilakukan dengan lebih cepat dan akurat karena semua dilakukan secara otomatis melalui software. Sebagai contoh sederhana ialah untuk mencari ketersediaan barang dan list pemesanannya bisa dilakukan secara cepat di satu sistem tanpa harus bolak-balik dari satu divisi ke divisi lain. Sistem ERP juga memungkinkan satu individu untuk melihat KPI (Key Performance Indicator) dari setiap divisi melalui dasbor sehingga tak perlu menemui setiap manajer divisi secara langsung.

  1. Memberi Data Akurat

Keakuratan data pada sebuah perusahaan tentu sangat penting dan krusial. Data perlu diolah untuk mengetahui kondisi asli perusahaan dan untuk membuat keputusan. Dengan menggunakan software ERP memungkinkan perusahaan menghasilkan laporan yang lebih akurat untuk membantu perencanaan dan pengembangan bisnis.

  1. Mengefisienkan Mobilitas

Jika tidak menggunakan sistem ERP, pelaku bisnis diharuskan hadir di kantor atau tempat bisnis berlangsung untuk memantau dan memastikan seluruh operasional berjalan sebagaimana mestinya. Menjadi tidak sulit jika hanya ada satu lokasi, tapi akan sangat merepotkan jika sudah memiliki banyak cabang atau gudang yang lokasinya berjauhan.Karena itulah software ERP yang berbasis web memungkinkan pelaku bisnis untuk memantau operasional bisnisnya hanya melalui perangkat seluler. Bisa dilakukan dimanapun dan kapanpun.

  1. Memaksimalkan Produktivitas

Melalui bantuan software ERP, setiap karyawan bisa mengurangi beban kerjanya yang artinya bisa lebih produktif melakukan pekerjaan lain. Hal ini tentu sangat berdampak bagi produktivitas perusahaan itu sendiri untuk melakukan pengembangan dan perencanaan hal-hal yang lebih krusial.

  1. Mengoptimalkan Keamanan Data

Monitoring data tentu akan lebih baik jika menggunakan software dibandingkan manual. Sistem ERP sendiri memiliki titik akses yang ketat dan pembatasan terhadap data yang bisa dikontrol oleh admin yang mengelola sistem. Penyimpanan data juga tetap aman sekalipun tidak dalam jaringan internet alias offline. Sinkronisasi data akan kembali diolah oleh sistem ketika jaringan internet terhubung.

  1. Meningkatkan Layanan Pelanggan

Keberhasilan suatu bisnis salah satunya dilihat dari pelayanan terhadap pelanggan yang baik. Menariknya, sistem ERP juga bisa mengatasi hal ini karena perusahaan bisa melihat informasi dan riwayat pelanggan untuk memahami kebutuhan spesifik mereka. Selain itu, karena kegiatan bisnis lebih efisien dari berbagai sisi, berarti produk bisa lebih tepat waktu diterima pelanggan.

  1. Meningkatkan Daya Saing

Jika semua proses bisnis bisa berlangsung efektif dan efisien serta layanan terhadap pelanggan sudah baik, tentu hal ini sangat berdampak bagi peningkatan daya saing. Sistem di software ERP dibuat untuk memberi fleksibilitas, kemampuan adaptasi, dan penentuan skala untuk pertumbuhan bisnis. Tidak hanya perusahaan di level yang sama, keberadaan ERP membuat persaingan positif juga bisa di antar level.


You Might Also Like