Bagaimana Software ERP Dapat Membantu Perusahaan Trading

bagaimana_software_erp_dapat_membantu_perusahaan_trading

Dalam artikel kali ini kami akan mengajak Anda untuk mengetahui bagaimana software ERP membantu perusahaan trading Anda untuk dapat memenuhi berbagai tantangan di setiap proses bisnis. Seperti yang telah kita ketahui, perusahaan trading adalah perusahaan yang bergerak dalam bidang jual beli barang maupun jasa. Pada umumnya jenis perusahaan ini beroperasi dengan model B2B dan B2C yang mana sasaran pelanggan dapat berupa toko-toko ritel hingga perusahaan yang lebih besar. Selain itu, perusahaan trading juga dikenal sebagai industri yang bekerja secara kompleks. Ya, operasional perusahaan trading melibatkan begitu banyak proses sehingga cukup banyak tantangan yang harus dihadapi. Mulai dari memperoleh barang dari pemasok, mendistribusikan ke ritel, pengecer atau ke konsumen akhir.Jika pekerjaan tersebut dilakukan secara manual atau hanya dengan sistem yang terpisah. Tentu akan cukup menguras tenaga dan waktu karena sulit bagi perusahaan untuk memantau dan menganalisis kinerja setiap prosesnya. 

Pengertian software ERP

Mari coba kenali terlebih dahulu atau ingat kembali apa pengertian software ERP itu sendiri. Software ERP (Enterprise Resource Planning) adalah sebuah perangkat lunak komputer atau sistem informasi yang dirancang khusus untuk mengkoordinasikan seluruh sumber daya perusahaan. Di dalamnya tersedia modul-modul dan fitur-fitur fungsionalitas yang saling terintegrasi yang diperlukan untuk proses bisnis. 

Manfaat software ERP bagi perusahaan trading 

Menggunakan software ERP untuk bisnis trading dapat membawa manfaat yang begitu besar. Seperti memungkinkan visibilitas data, akurasi dalam laporan, perencanaan, dan banyak lagi. Lebih jelasnya simak berbagai manfaatnya dibawah ini:

Memberikan informasi secara real-time

Salah satu fungsi dari software ERP yang sangat bermanfaat bagi perusahaan trading adalah dapat memberi Anda informasi secara real time. Dengan beberapa klik Anda bisa mendapatkan visibilitas yang lengkap mengenai data perusahaan yang Anda butuhkan. Misalnya data stok, data karyawan, data transaksi sukses, dll. Anda juga bisa mendapatkan insight secara real-time dari sistem ERP. Itu berarti, Anda dapat mengambil tindakan segera sebagai reaksi atas informasi apa pun yang Anda dapatkan. 

Meningkatkan efisiensi pekerjaan

Software ERP yang terintegrasi penuh dapat membantu Anda meningkatkan efisiensi dan produktivitas bisnis trading. Dengannya, proses rantai pasokan dari pembelian barang dari pemasok hingga pengiriman ke pelanggan menjadi lebih sederhana. Anda dapat memesan secara otomatis dengan pemasok favorit Anda, melacak barang yang masuk, menentukan lokasi penyimpanan barang-barang tersebut. Lalu mengelolanya di inventaris Anda, dan akhirnya mengirimkannya ke pelanggan Anda. Semuanya dapat direkam secara terorganisir dengan sistem ERP.Dengan begitu, Anda tidak perlu lagi mencatat secara manual dari pekerjaan yang biasanya berulang tiap harinya dan cukup memakan waktu. Pekerjaan pun semakin cepat terselesaikan karena sistem ERP mendukung otomatisasi. Pada akhirnya ini mendorong produktivitas meningkat, sekaligus melakukan penghematan biaya lebih lanjut karena efisiensi karyawan.

Manajemen inventaris lebih optimal

Manajemen inventaris adalah tugas yang tergolong berat bagi perusahaan trading. Pada perusahaan yang memiliki beberapa gudang terpisah untuk menyimpang barang, mungkin akan menunjuk sejumlah karyawan untuk mengkoordinasikan pengoperasian gudang. Tetapi dengan software ERP, Anda bisa mengelola stok bahkan dalam gudang yang berbeda secara cepat.Sistem otomatis ERP memungkinkan Anda untuk melacak tingkat stok secara real time. Sehingga memudahkan Anda untuk menjaga inventaris tetap stabil. Anda bisa mengetahui jumlah barang yang kekurangan maupun  kelebihan stok. Sehingga Anda bisa memperkirakan barang yang perlu disediakan pada periode berikutnya.

Data terpusat tingkatkan manajemen internal yang lebih baik

Menggunakan software ERP memungkinkan Anda memiliki database terpusat. Dengan ini karyawan dari semua departemen dapat melihat informasi dengan mudah tanpa bergantung pada tim lain. Misalnya, seorang karyawan dari departemen akuntansi tidak harus berinteraksi dengan tim penjualan setiap bulan untuk mendapatkan catatan terbaru dari pendapatan yang diproses oleh perusahaan. Adanya transparansi dalam alur kerja perusahaan ini mengarah pada produktivitas dan manajemen hubungan yang lebih baik.

Meningkatkan hubungan dengan pelanggan 

Software ERP memungkinkan bisnis untuk melacak tahapan penjualan dan secara efektif memprioritaskan tindak lanjut dari aktivitas penjualan yang sedang berjalan. Mana transaksi penjualan yang harus dilayani terlebih dahulu, mana yang harus ditunda, dsb. Sehingga dapat membantu mencapai target dan kepuasan pelanggan dengan sukses. 

Buat dokumen transaksi lebih mudah

Tak hanya itu, Anda juga bisa membuat faktur pelanggan, detail pembayaran, tanda terima, tagihan, dll tanpa kesulitan dengan fitur yang tersedia di software ERP. Dokumen tersebut juga bisa diotomatisasi untuk membantu dalam audit dan persiapan laporan di masa mendatang. 

Membantu mengelola SDM

Software ERP yang juga dilengkapi dengan modul SDM (Sumber Daya Manusia) dapat membantu Anda mengelola sumber daya manusia secara efektif dan efisien. Dengan modul ini Anda bisa secara berkala memeriksa informasi lengkap tentang karyawan. Termasuk informasi data diri, kontak, kehadiran, evaluasi kinerja, detail gaji, dan promosi.

Membuat laporan akurat dan cepat

Seperti yang telah kita ketahui, laporan menjadi suatu alat tidak bisa dipisahkan dari suatu bisnis. Laporan membantu perusahaan mendapat wawasan yang bermanfaat bagi manajemen. Dengan adanya laporan, Anda bisa mengetahui bagaimana bisnis Anda tumbuh dan berjalan. Berapakah pengeluaran, apakah untung atau rugi, dsb. Namun, terkadang pembuatan laporan ini dianggap cukup rumit dan memakan waktu. Dalam hal ini, software ERP juga menyediakan visibilitas data ujung ke ujung yang diperlukan untuk pengambilan keputusan. Hanya dengan beberapa klik, Anda bisa mendapatkan laporan yang akurat, tepat waktu untuk tujuan internal dan eksternal.

Semua semakin mudah dengan Ukirama ERP

Demikian penjelasan bagaimana software ERP dapat membantu perusahaan trading. Secara keseluruhan, ERP sangat membantu perusahaan trading melalui kemampuan alur kerja dan penjadwalan otomatis. Pengguna bisa mendapatkan keuntungan besar dan membantu bisnis tumbuh tanpa kerumitan apapun.Dan yang terpenting, perlu Anda ingat pula bahwa sebelum mengimplementasikan sistem ERP, sebaiknya kenali dahulu produk software ERP yang ada dan galilah dalam-dalam apa saja fitur dan modul yang tersedia pada sistem tersebut bisa mengatasi masalah-masalah yang ada di perusahaan Anda. Anda pun bisa berkonsultasi terlebih dahulu dengan kami sebagai penyedia software Ukirama ERP yang telah terbukti membantu banyak pebisnis diluar sana dalam mengontrol pembelian, penjualan, manajemen stok, akuntansi, keuangan, reparasi dan HRD, dll. Hubungi kami untuk informasi dan diskusi lebih lanjut dan segera daftar uji coba gratis produk Ukirama ERP!


You Might Also Like