Berikut Hal-Hal yang Perlu Anda Ketahui Mengenai Jurnal Khusus

berikut_hal__hal_yang_perlu_anda_ketahui_mengenai_jurnal_khusus

Pencatatan keuangan di dalam perusahaan pada umumnya menggunakan jurnal umum untuk mencatat semua transaksi yang berjalan dalam suatu periode. Pencatatan menggunakan jurnal umum akan sangat merepotkan khususnya bagi perusahaan besar yang memiliki transaksi berulang. Saat hal ini terjadi, maka penggunaan jurnal khusus akan sangat membantu untuk mengatasi permasalahan di atas. Lalu, apa yang membedakan antara jurnal umum dan jurnal khusus?Jurnal umum biasanya hanya terdiri dari 2 kolom dan sangat sederhana, sedangkan jurnal khusus biasanya memiliki banyak kolom pencatatan. Hal yang paling membedakan diantara keduanya adalah jurnal khusus digunakan untuk mencatat setiap transaksi yang bersifat sama dan terjadi secara berulang. Kami akan mencoba untuk menjelaskan dengan lebih rinci tentang jurnal khusus pada pembahasan selanjutnya.Pengertian Jurnal Khusus dan JenisnyaSeperti yang telah kami sampaikan di atas bahwa jurnal khusus ditujukan untuk mencatat transaksi yang terus berulang dan memiliki jenis yang sama. Jurnal khusus terbagi menjadi 4 jenis yaitu jurnal penerimaan kas, jurnal pengeluaran kas, jurnal penjualan, dan jurnal pembelian.

  1. Jurnal Penerimaan Kas

Jika perusahaan ingin mencatat semua transaksi yang berkaitan dengan penerimaan uang secara kas atau non kas, maka pencatatan bisa dilakukan dalam jurnal penerimaan kas. Penerimaan kas yang didapatkan oleh perusahaan bisa berasal dari berbagai sumber, misalnya saja saat menjual barang secara tunai, menerima pelunasan piutang dari konsumen, menerima pendapatan, atau terjadi retur pembelian.

  1. Jurnal Pengeluaran Kas

Sedangkan jurnal pengeluaran kas memiliki pengertian yang sebaliknya, dimana jurnal khusus ini bertujuan untuk mencatat semua transaksi yang berkaitan dengan pengeluaran kas kepada pihak lain.Pelunasan utang dagang kepada vendor, melakukan pembelian secara kas, pengambilan uang untuk kepentingan pribadi dari pemilik, dan pembayaran beban operasional perusahaan.

  1. Jurnal Khusus Pembelian

Jurnal khusus pembelian bermanfaat untuk mencatat setiap transaksi pembelian yang Anda lakukan secara kredit. Pembelian yang dimaksudkan disini bisa dalam bentuk barang atau bukan barang. Pembelian barang dagangan atau pembelian peralatan dan aktiva yang digunakan untuk operasional dan dilakukan secara kredit masuk dalam pencatatan jurnal pembelian.

  1. Jurnal Khusus Penjualan

Jurnal khusus yang terakhir adalah jurnal khusus penjualan yang digunakan untuk mencatat semua transaksi yang berkaitan dengan penjualan barang secara kredit.7 Manfaat yang Akan Didapatkan Saat Menggunakan Jurnal Khusus Dalam Pencatatan

  1. Memudahkan Proses Pencatatan

Pengelompokan transaksi menjadi 4 macam akan memudahkan Anda untuk melihat transaksi yang dilakukan oleh perusahaan. Laporan keuangan akan terlihat lebih sistematis dan sangat efisien daripada pencatatan yang dilakukan tanpa adanya pengelompokan. Anda bisa dengan mudah mengetahui pada periode mana saja penerimaan kas diterima dan dari mana sumbernya.

  1. Proses Transaksi yang Lebih Cepat

Mengelompokan transaksi akan memudahkan Anda saat akan memprosesnya ke dalam laporan keuangan. Sebab dalam jurnal khusus, transaksi berulang yang sering terjadi pencatatannya hanya dilakukan 1kali berdasarkan jenis akun. Hal ini tidak akan terjadi saat Anda melakukan pencatatan menggunakan jurnal umum.

  1. Data Tersaji Lebih Cepat

Bagi Anda yang ingin melihat data atau transaksi dengan lebih cepat, maka penggunakan jurnal khusus akan sangat membantu. Setiap transaksi yang terjadi akan mudah terlihat dengan cepat karena disajikan dalam pengelompokan yang sama.

  1. Lebih Mudah Saat Akan Input ke Buku Besar

Dikarenakan semua transaksi yang dilakukan sudah dikelompokan ke dalam jenis yang sama, maka hal ini akan sangat membantu Anda saat akan melakukan input data ke dalam buku besar.

  1. Memudahkan Proses Pemeriksaan

Pemeriksaan perlu dilakukan dalam pencatatan keuangan dan bisa dilakukan oleh pihak internal atau eksternal perusahaan. Jurnal khusus akan sangat membantu pihak pemeriksa saat mengaudit transaksi yang terjadi dalam perusahaan.

  1. Mencegah Tindakan Pemalsuan

Setiap transaksi yang dicatat dalam jurnal khusus dilakukan berdasarkan kronologis dan urutan terjadinya. Sehingga pihak yang mencatat memiliki tanggung jawab yang besar berkaitan dengan kebenaran transaksi tersebut.

  1. Meningkatkan Kontrol dan Pengawasan Internal

Saat perusahaan telah menerapkan pencatatan transaksi dengan jurnal khusus, maka mereka bisa membagi beberapa tugas pencatatan ke beberapa karyawan sekaligus. Hal ini akan meningkatkan kontrol dan pengawasan internal di dalam perusahaan.Dari pembahasan di atas dapat disimpulkan bahwa pencatatan transaksi keuangan menggunakan jurnal khusus sangat bermanfaat untuk memudahkan perusahaan dalam berbagai hal. Kemudahan utama yang akan didapatkan adalah saat harus mencatat transaksi yang sama dan terjadi secara berulang. Perusahaan dagang adalah pihak yang sangat memerlukan pencatatan menggunakan jurnal khusus, karena banyaknya transaksi yang berulang didalamnya.Dengan demikian perusahaan dagang dapat disimpulkan sebagai jenis perusahaan yang sangat membutuhkan jurnal khusus dalam setiap kegiatannya. Transaksi berulang bisa diatasi dengan adanya jurnal khusus yang sangat memudahkan dalam pencatatan. Sebaliknya, perusahaan jasa tidak akan terlalu membutuhkan jurnal khusus. Sebab di dalam perusahaan jasa tidak terlalu banyak transaksi yang berulang dan penggunaan jurnal umum masih bisa membantu kegiatan mereka dengan baik.Hal yang harus digarisbawahi disini adalah Anda bisa lebih mudah untuk melihat dan melakukan pengawasan secara efektif berkaitan dengan transaksi keuangan perusahaan. Kami sangat berharap apa yang telah disampaikan di atas bisa memberikan banyak manfaat untuk setiap perusahaan atau bagi Anda pemilik bisnis yang merasa kerepotan saat menghadapi transaksi yang berulang. Mulai gunakan jurnal khusus di dalam setiap pencatatan, jika Anda melihat sudah terlalu banyak transaksi yang berulang.


You Might Also Like