banner iklan

Bisnis Anda di Bidang Kuliner? Mari Analisis SWOT dalam Bisnis Kuliner Anda

bisnis_anda_di_bidang_kuliner_mari_analisis_swot_dalam_bisnis_anda

Memulai sebuah usaha kuliner, terkadang tak segampang yang digadang. Ada celah peluang besar yang tak terlihat, tetapi di sisi lain titik lemah kecil justru terlihat. Atau sebenarnya nasib bisnis sedang berada di ujung tanduk, tapi malah bersikap seperti tak terjadi apa-apa. Untuk memastikan bisnis sedang berada pada posisi mana, maka perlu menggali informasi, menganalisa, dan membangun strategi.Dalam hal ini, penyusunan strategi untuk mengidentifikasi permasalahan yang mengintai bisnis atau usaha menggunakan metode SWOT. Teknik yang dibuat oleh Albert Humphrey yang memimpin proyek riset pada Universitas Stanford dengan menggunakan data dari perusahaan-perusahaan Fortune 500 tahun 1960-an dan 1970-an ini terbukti efektif untuk pengembangan usaha.Apa Itu SWOT?SWOT merupakan metode perencanaan strategis yang digunakan untuk mengevaluasi kekuatan (strengths), kelemahan (weaknesses), peluang (opportunities), dan ancaman (threats) dalam suatu proyek atau spekulasi bisnis. Sedangkan SWOT menurut Freddy Rangkuti (1997), merupakan identitas berbagai faktor secara sistematis untuk merumuskan strategi pelayanan.Keempat komponen dalam metode SWOT tersebut dikelompokkan ke dalam dua kategori, yakni kondisi internal dan eksternal. Kondisi internal perusahaan meliputi strengths dan weaknesses, sedangkan kondisi eksternal meliputi opportunities dan threats.Untuk dapat menganalisis sebuah bisnis atau usaha dengan metode SWOT ini dibagi menjadi tiga tahap, yaitu tahap pengumpulan data, tahap analisis, dan tahap mengambil keputusan yang strategis. Tujuannya tentu adalah untuk mendapatkan aspek vital dari sebuah usaha, baik yang sudah berjalan maupun yang masih dalam tahap perencanaan.Apa Manfaat Nyata SWOT bagi sebuah Usaha?Saat menggunakan teknik evaluasi SWOT, pengusaha akan paham bagaimana cara untuk memaksimalkan kekuatan, mengambil peluang, meminimalisasi kelemahan, dan menghindari ancaman yang dituangkan dalam strategi yang kemudian ditetapkan sebagai sarana persenjataan menghadapi pasar saat sekarang maupun di waktu yang akan datang.Empat komponen SWOT yang saling terkait dapat memberi kemudahan bagi seseorang dalam sebuah usahanya untuk mencapai visi dan misi yang telah ditetapkan. Adapun manfaat nyata analisis tersebut, perusahaan akan mudah menentukan langkah ke mana saat permasalahan itu datang di lain waktu.Bagaimana Menganalisis SWOT dalam Bisnis Kuliner?Anggap saja ada sebuah usaha kuliner warung makan pecel rumput laut bernama “Seaweed Lunch” sebagai contoh analisis SWOT dalam kancah perkulineran.Strengths (Kekuatan)

  1. Menu pecel rumput laut memiliki citarasa yang khas, unik, original, dan bergizi tinggi dibandingkan dengan menu lain yang banyak beredar.
  2. Saat pengolahan tidak menggunakan bahan tambahan Monosodium Glutamat beserta turunannya.
  3. Ketika panen, harga bahan baku murah dan stok melimpah.
  4. Memiliki tempat yang nyaman, berdesain ala anak muda, dan berkonsep menyatu dengan alam. Sangat Instagramable.

Weaknesses (Kelemahan)

  1. Minimnya aktivitas promosi.
  2. Jumlah tenaga kerja yang kurang.
  3. Ketersediaan bahan baku sangat tergantung musim.
  4. Kurang berinovasi dalam variasi menu.

Opportunities (Peluang)

  1. Belum ada produk atau menu sejenis di pasaran, sehingga pangsa pasar masih terbilang lebar.
  2. Masyarakat sangat menyukai makanan yang berbumbu kacang.
  3. Anak muda memiliki sifat ingin tahu yang tinggi, suka mencoba-coba tempat makan, dan me-review kuliner unik, untuk kemudian membagikannya di media sosial.

Threats (Ancaman)

  1. Masyarakat belum familiar dengan menu pecel rumput laut.
  2. Muncul pesaing yang mulai mengadu untung dengan membuka usaha yang sama.

Bagaimana Menyusun Strategi setelah Analisis SWOT?Supaya lebih jelas pengurainya, strategi yang dikenal dengan sebutan matriks SWOT ini menghasilkan empat kemungkinan alternatif strategis dalam mempertahankan bisnis atau usaha yang akan diperinci menjadi berikut ini.Strengths—Opportunities (Kekuatan — Peluang)Merupakan posisi yang sangat menguntungkan bagi sebuah bisnis atau usaha yang memiliki peluang dan kekuatan sehingga dapat memanfaatkan peluang yang ada. Strategi yang sangat bagus diterapkan dalam kondisi ini yaitu mendukung keunggulan secara agresif untuk mendapat keuntungan yang sebesar-besarnya.Weaknesses—Opportunities (Kelemahan — Peluang)Meskipun memiliki peluang pasar yang besar, tetapi sebuah bisnis atau usaha tengah menghadapi beberapa kendala internal. Fokus utama adalah meminimalkan permasalahan internal perusahaan lebih dulu agar dapat segera merebut peluang pasar yang lebar.Strengths—Threats (Kekuatan — Ancaman)Meskipun dirundung banyak ancaman, sebuah usaha masih memiliki keunggulan. Strategi diversifikasi dinilai paling menguntungkan dengan jalan memanfaatkan peluang jangka panjang bagi perusahaan.Weaknesses—Threats (Kelemahan — Peluang)Situasi yang sangat tidak menguntungkan bagi perusahaan yang menghadapi ancaman dan kelemahan internal sekaligus. Dalam kondisi defensif begini, untuk dapat terus menjalankan usahanya, perusahaan setidaknya harus meminimalkan masalah internal dan menghindarkan diri dari ancaman jauh di garis pertahanan.Taktik Matriks SWOT dalam Usaha Kuliner “Seaweed Lunch”Setelah menganalisis usaha kuliner warung makan pecel rumput laut “Seaweed Lunch” dengan empat komponen dan dua kategori di atas, maka dapat diambil strategi bisnis berdasar pada logika yang dapat memaksimalkan peluang untuk meraup untung yang sebesar-besarnya namun secara bersamaan dapat menekan kekurangan dan ancaman. Berikut adalah perumpamaan strategi dari usaha kuliner tersebut.Strategi Strengths untuk mengoptimalkan keuntungan dari Opportunities

  1. Konsisten menonjolkan dekorasi tempat yang kekinian dan nyaman agar menarik minat kawula muda yang jiwa ingin tahunya sedang pada tahap puncak.
  2. Tetap berpegang prinsip untuk tidak menggunakan Monosodium Glutamat supaya kepercayaan pelanggan tidak berkurang.
  3. Mengoptimalkan promosi agar khalayak ramai jadi tahu bahwa di tengah kesibukannya menjalani hari ternyata ada menu hasil laut yang layak untuk dikonsumsi.

Strategi mengatasi Weaknesses untuk menonjolkan Opportunities

  1. Menggencarkan aktivitas promosi baik melalui daring maupun luring, kalau perlu endorse para influencer di media sosial untuk mencicipi menu pecel rumput laut.
  2. Menambah jumlah tenaga kerja yang terlatih.
  3. Belajar teknologi tentang bagaimana menyimpan stok yang berlimpah saat panen, sehingga ketika sedang tidak musim mengunduh rumput laut, stok masih tersedia.
  4. Meluangkan waktu untuk bereksperimen dalam menciptakan varian menu baru.

Strategi Strengths untuk menghadapi Threats

  1. Memperkenalkan menu unik dan bergizi tinggi kepada masyarakat melalui promosi-promosi dan diskon.
  2. Menjaga ciri khas kenyamanan tempat dan keunikan citarasa agar mendapat tempat tersendiri di hati pelanggan dan terutama menjadi berbeda dari pesaing.

Strategi mengatasi Weaknesses untuk menghindari Threats

  1. Menggenjot promosi agar masyarakat luas melirik kuliner yang bagi mereka tak lazim  tersebut untuk tertarik menyempatkan diri mampir di warung makan.
  2. Selalu memunculkan inovasi varian menu secara berkala untuk bertahan hidup dari serangan pesaing.

You Might Also Like