banner iklan

Bisnis Coworking Space Jadi Terobosan Baru Dalam Dunia Bisnis ? Cari Tahu 4 Keuntungan Membuka Bisnis Coworking Space !

Bisnis CoWorking Space Jadi Terobosan Baru Dalam Dunia Bisnis ? Cari Tahu 4 Keuntungan Membuka Bisnis CoWorking Space !

Apa yang menjadi pikiran anda jika anda mendengar “Co-working Space” ? Beberapa dari anda pasti sudah tidak asing lagi dengan istilah coworking space karena konsep ini sebenarnya sudah lama dikenal dalam dunia bisnis. Namun bagi orang awam konsep ini merupakan konsep yang cukup fresh karena menjadi konsep yang cukup booming akhir-akhir ini. Lantas apa itu coworking space dan apakah memang benar dapat menguntungkan ? Bahkan jika disandingkan dengan aplikasi coworking space terbaik 2023 dapat meningkatkan efektivitas dan keuntunganya ? Cari tahu selengkapnya disini !Apa Itu Co-Working Space ?Coworking Space adalah tempat kerja yang disediakan untuk bersama baik itu individu, atau lingkungan social, atau bahkan secara eksklusif untuk satu kantor. Biasanya coworking space disediakan oleh satu penyedia khusus (pihak ke-3) untuk disewakan dan dapat dipakai oleh penyewa dengan harga dan pelayanan yang beragam. Namun biasanya yang harus disediakan oleh penyedia adalah meja dan kursi utama yang dijadikan tempat bekerja nantinya. Lantas, dalam hal ini mengapa orang lebih memilih coworking space dibandingkan memiliki kantor secara khusus ? Dan apakah software manajemen coworking space dapat membantu meningkatkan peluang bisnis ? Simak keunggulan dan kelemahan dari coworking space berikut:Keunggulan dan Kelemahan Co-Working Space:Keunggulan Co-Working Space:

  1. Fasilitas Kerja yang Lebih Nyaman:

Salah satu alasan mengapa orang lebih menyukai coworking space adalah kenyamanan yang ditawarkan seringkali lebih nyaman dibandingkan dengan kantor pada umumnya yang cenderung serupa dan template. Sedangkan coworking space biasanya dapat dikustomisasi seperti cafe yang menjadi tempat kerja atau bahkan custom coworking space sesuai kebutuhan konsumen. Dalam hal ini fasilitas kerja yang nyaman akan lebih baik diseimbangi dengan software ERP terbaik 2023 sebagai software yang dapat mendukung kebutuhan data dibalik layanan yang ditawarkan untuk memaksimalkan pelayanan.

  1. Fleksibilitas, Kolaborasi, & Ber-Komunitas:

Alasan kedua terkait keunggulan coworking space adalah kenyamanan yang fleksibilitas yang ditawarkan lebih sesuai untuk bisnis berskala startup atau UMKM. Selain fleksibilitas, kolaborasi, dan sifat komunitas juga merupakan keunggulan dari coworking space yang sulit dikalahkan oleh model kerja biasa karena seringkali dari start up sendiri membutuhkan sifat kolaborasi dan komunitas yang tinggi karena satu divisi dan divisi lain yang saling berhubungan. Inilah mengapa coworking space menjadi opsi yang menguntungkan, tetapi untuk manajemen coworking space sendiri anda membutuhkan software ERP terbaik di Indonesia untuk dapat meningkatkan efektivitas

  1. Lingkungan Kerja “Creativity Based”:

Lingkungan kerja co working space seringkali didesain untuk meningkatkan produktivitas dan kreativitas. Inilah salah satu yang menjadi keunggulan dari coworking space juga dibandingkan kantor konvensional karena kantor konvensional cenderung mengutamakan kestabilan dan terstruktur sedangkan coworking space kolaborasi dan kreativitas. Apalagi jika hal ini didukung dengan pengelolaan coworking space dengan aplikasi ERP terbaik.Kerugian Co-Working Space:

  1. Sifatnya Sementara:

Seperti yang kita tahu sifat dari coworking space hanyalah menyewa suatu tempat dalam satu waktu atau berlangganan selama setahun, sehingga selain digunakan oleh kita saja seringkali co working space juga disewakan untuk orang lain. Namun jangan khawatir anda dapat menyewanya secara ekslusif selama jangka waktu tertentu. Namun hal ini juga merupakan hal yang sementara karena pihak penyewa memiliki wewenang untuk merubah harga persewaan sehingga kurang menguntungkan bagi perusahaan atau bahkan memutus kontrak jika mereka menginginkannya.

  1. Kurangnya Privasi:Dibandingkan dengan kantor konvensional yang lebih tertutup, coworking space seringkali memiliki konsep ruangan yang terbuka sehingga kurangnya privasi terhadap satu perusahaan dengan perusahaan lain. Hal ini tentu akan mempengaruhi proses bisnis perusahaan apalagi jika sifatnya konfidensial maka perusahaan akan berhati-hati dalam membahas hal tersebut.

Lantas, apa yang menjadi keuntungan dari bisnis Co-Working Space, berikut diantaranya:

  1. Lebih Ramah dan Diminati Seluruh Kalangan:Dibandingkan dengan konsep office yang cenderung terstruktur dan rapi, konsep co working space seringkali dianggap lebih ramah dan diminati oleh seluruh kalangan. Hal ini dikarenakan konsep coworking space yang fleksible dan tidak kaku sehingga dapat disesuaikan untuk berbagai kebutuhan. Bahkan dalam hal ini coworking space juga sering digunakan untuk mahasiswa untuk mengerjakan tugas karena dianggap nyaman tetapi dapat mendatangkan kreativitas. 
  1. Harga Lebih Murah:

Dibandingkan dengan kantor konvensional, coworking space cenderung memiliki harga yang lebih murah. Dari segi penyewaan hingga maintenance biaya yang diperlukan tentu lebih murah dibandingkan kantor konvensional. Hal inilah yang menjadi salah satu daya tarik masyarakat pada coworking space sehingga dapat dijadikan salah satu opsi untuk bisnis. Apalagi jika bisnis coworking space didukung dengan penggunaan aplikasi coworking space terbaik di Indonesia yang akan mendukung keefektivan proses bisnis anda.

  1. Manajemen yang Lebih Santai:

Dibandingkan dengan kantor resmi yang memiliki manajemen dan maintenance secara resmi, manajemen co working space akan memudahkan anda untuk melakukan manajemen tempat dengan lebih santai. Apalagi izin yang harus diperoleh tidak serumit kantor pada umumnya karena hanya tempat yang disewakan saja. Dalam hal ini, salah satu hal yang dapat membantu anda dalam menciptakan manajemen yang lebih santai yakni dengan aplikasi ERP terbaik 2023 karena anda dapat mengintegrasikan seluruh manajemen dalam satu aplikasi yakni ERP 

  1. ROI yang Lebih Cepat Kembali:Ketika anda menciptakan sebuah bisnis, anda tentu berharap anda memperoleh keuntungan dari bisnis anda tersebut. Namun sebelum anda mencapai titik untung, anda tentu harus melewati titik impas atau Break Even Point (BEP) sehingga anda memperoleh keuntungan dari bisnis tersebut, dan keuntungan tersebutlah yang dinamakan ROI atau Return on Investment. Kecepatan tersebut bukanlah didapat dari hal abstrak melainkan dari biaya modal pembuatan yang lebih murah tetapi revenue streams yang banyak karena diminati. ROI sendiri dapat dengan lebih mudah diperoleh dengan perhitungan yang tepat. Salah satunya adalah dengan menggunakan aplikasi keuangan untuk bisnis coworking space.

Itulah beberapa hal terkait co working space dari keunggulan, kerugian, hingga keuntunganya jika anda membuka sebuah bisnis co working space. Seperti yang sudah anda ketahui bahwa bisnis anda dapat memperoleh efektivitas dengan penggunaan software ERP untuk bisnis coworking space. Hal ini dikarenakan aplikasi coworking space tercanggih di Indonesia dapat membantu manajemen bisnis anda, bahkan lebih baik dari software custom yang terkadang hanya sekedar manajemen ruangan saja atau tidak dapat diupdate jika developer yang ada pergi, tetapi tidak dengan aplikasi coworking space terbaik 2023 yang terintegrasi secara online karena anda dapat menggunakannya untuk manajemen seluruh proses bisnis tanpa takut data yang ada hilang. Dan satu rekomendasi software ERP terbaik di Indonesia adalah Ukirama ERP. Itulah sekilas yang dapat saya bagikan terkait coworking space… Semoga bermanfaat !!


You Might Also Like