banner iklan

Bisnis Laundry Lagi Hits, Ini 7 Tips Sukses Cara Mengelolanya

bisnis_laundry_lagi_hits__ini_7_tips_sukses_cara_mengelolanya.png

Bisnis laundry kiloan kini kian menjamur. Setidaknya, Anda pasti akan menemui toko penyedia jasa laundry kiloan sekali dalam sehari. Seiring dengan berjalannya waktu, ada saja cara orang untuk mencari peluang bisnis dari permasalahan baru yang ada di masyarakat atau permasalahan yang masih belum ada solusi yang tepat untuk menanganinya. Salah satunya adalah bisnis laundry kiloan yang makin diminati dan menjadi solusi bagi salah satu permasalahan yang terjadi di masa kini. Di zaman yang serba cepat ini, tidak sedikit orang yang sudah tidak memiliki waktu cukup untuk mengurus rumah, seperti mencuci dan menyetrika baju. Hal ini bisa jadi karena sibuk bekerja hingga tidak sempat, terutama bagi kaum millennial. Inilah alasan mengapa bisnis laundry mulai dilirik dan menjadi peluang emas untuk dikembangkan.Jika Anda sedang mencari ide untuk berbisnis, bisnis laundry ini bisa menjadi pilihan yang tepat.Mengapa Bisnis Laundry?Mungkin Anda bertanya-tanya kenapa harus bisnis laundry? Sementara masih banyak bisnis lain yang sama menguntungkannya atau bahkan lebih. Bagi banyak orang, bisnis laundry memang terlihat sepele. Anda hanya bertugas untuk mengurus pakaian kotor orang lain. Namun, Anda perlu tahu bahwa bisnis ini memiliki peluang yang cukup besar. Pasalnya, bisnis laundry memiliki target pasar yang cukup luas meskipun tidak dapat diakomodir seluruhnya. Beberapa target pasar yang potensinya bisa digali adalah sebagai berikut.

  • Mahasiswa

Ya, mahasiswa memang selalu menjadi salah satu target pasar yang paling potensial untuk kebanyakan bisnis. Tidak sedikit mahasiswa yang mengenyam pendidikan di kota-kota besar berasal dari luar daerah. Tak sedikit dari mereka yang merupakan anak-anak dari kalangan menengah ke atas yang belum pernah mencuci sebelumnya. Para mahasiswa juga cenderung untuk menyewa rumah kontrakan atau kosan selama menempuh pendidikan.Dengan kesibukan yang dimiliki serta keterbatasan peralatan yang dimiliki, banyak dari anak kos yang lebih memilih untuk memanfaatkan jasa laundry kiloan alih-alih melakukannya sendiri.

  • Pekerja Kantoran

Target pasar ini memang memiliki kebutuhan dan permasalahan yang tidak beda jauh dengan mahasiswa. Tak sedikit pekerja kantoran yang memilih untuk hidup mandiri entah karena alasan jarak perjalanan dari rumah ke tempat kerja yang jauh, atau sekedar ingin memiliki privasi, dan lain-lain. Bagi pekerja kantoran, waktu merupakan sesuatu yang sulit untuk didapat. Hal ini dikarenakan mereka harus pergi bekerja dari pagi hingga malam dan sesampainya di kosan, akan lebih memilih untuk beristirahat. Akhir pekan pun tak jarang dimanfaatkan untuk melepaskan penat pekerjaan, sehingga tidak memiliki waktu untuk mengurus pakaian kotor yang menumpuk. Oleh karena itu, biasanya para pekerja kantoran tidak akan sungkan untuk menggunakan jasa laundry karena telah memiliki penghasilan sendiri.

  • Pasangan Suami-Istri

Zaman ini memang berbeda dengan sebelumnya, dimana profesi istri merupakan ibu rumah tangga dan bertanggung jawab atas semua pekerjaan rumah, mulai dari memasak, menjaga anak hingga mencuci baju. Namun, di zaman sekarang ini profesi sebagai ibu rumah tangga menjadi kurang populer dan sedikit demi sedikit banyak para ibu yang juga bekerja entah untuk menambah penghasilan keluarga atau atas keinginan sendiri.Dikarenakan kesibukan masing-masing, akhir pekan biasanya digunakan untuk bersantai bersama keluarga. Akhirnya, mereka akan memilih untuk membawa cucian mereka ke laundry.Melihat dari target pasarnya, Anda bisa menyimpulkan bahwa bisnis laundry akan selalu mendapatkan tempat di pasar. Hal ini dikarenakan akan selalu ada mahasiswa, pekerja kantoran, dan pasangan suami istri baru setiap tahunnya sehingga dapat membuat bisnis laundry dapat bertahan cukup lama. Selain itu, modal yang dibutuhkan untuk membuka bisnis laundry dalam skala kecil pun tidak besar. Pada tahap awal, Anda hanya perlu menyiapkan beberapa peralatan seperti mesin cuci, setrika, timbangan, deterjen, pewangi, pelicin pakaian, ember, gantungan baju, dan lain sebagainya yang dibutuhkan untuk operasional bisnis.7 Tips Sukses Cara Mengelola Bisnis LaundrySetelah menyiapkan modal yang akan dibutuhkan untuk menjalankan bisnis laundry, Anda harus membuat strategi agar calon pelanggan datang dan memilih jasa Anda secara berulang. Berikut beberapa tips yang bisa Anda terapkan agar dapat memulai bisnis laundry hingga sukses.

  1. Pilih lokasi yang tepat

Bagi usaha apapun, pemilihan lokasi yang tepat akan berdampak besar pada keberlangsungan usaha itu sendiri. Setelah menentukan target pasar yang akan Anda tuju, langkah selanjutnya yang harus dilakukan adalah melakukan survey lokasi bisnis laundry Anda berdasarkan target pasar yang dituju.Jika target pasar yang ingin didekati adalah mahasiswa, maka Anda harus mencari lokasi yang berada dekat dengan kampus atau asrama dan kosan. Begitupun juga dengan pekerja kantoran, carilah lokasi yang berada dekat kosan atau rumah kontrakan yang berlokasi di daerah perkantoran. Apabila Anda ingin menargetkan pasangan suami istri, maka carilah lokasi di lingkungan perumahan yang padat penduduk.

  1. Menentukan harga

Harga merupakan salah satu variabel penting yang dapat mempengaruhi proses pembuatan keputusan. Pasalnya, setiap orang pasti tidak ingin membayar terlalu mahal dari harga rata-rata di pasaran untuk sebuah jasa. Tentunya, hal ini akan berkantung dari target pasar yang ingin Anda tuju. Apabila pelanggan yang tergolong kalangan menengah ke atas, maka menaikkan harga dari harga pasaran dan diimbangi oleh kualitas hasil serta pelayanan yang baik tidak akan menjadi masalah. Ingat, Anda perlu menyesuaikan harga dengan target pasar yang Anda tuju.

  1. Tingkatkan pelayanan

Bisnis yang baik dan sukses adalah bisnis yang mampu memberikan pelayanan berkualitas bagi pelanggannya. Namun, bisnis yang terbaik adalah bisnis yang dapat mempertahankan kualitas serta meningkatkan pelayanan yang diberikan seiring dengan berjalannya waktu.Anda bisa menerapkan prinsip ‘ada harga, ada kualitas’, dimana Anda bisa memberikan harga yang tidak murah sebagai pengganti kualitas dan pelayanan yang diberikan. Jika ada pelanggan yang mengeluhkan mahalnya harga jasa laundry yang diberikan, maka Anda bisa menjawabnya dengan kualitas dari hasil laundry dan pelayanan yang Anda berikan.Selain itu, untuk memastikan Anda dapat terus memberikan yang terbaik untuk pelanggan, jangan lupa untuk sesekali melakukan survei kepuasan atas kualitas dan pelayanan yang Anda sediakan. Memastikan Anda mempekerjakan karyawan yang kompeten juga menjadi kunci agar pelanggan kembali menggunakan jasa bisnis laundry Anda.

  1. Perhatikan waktu

Seperti yang telah disebutkan pada poin di atas, bahwa Anda perlu menjaga kualitas dan memberikan pelayanan yang terbaik kepada pelanggan. Salah  satunya adalah dengan menjaga ketepatan waktu sesuai yang telah dijanjikan bagi mereka untuk menerima pakaian yang telah bersih. Jangan sampai ketika mereka datang dan pakaian masih belum selesai dicuci.

  1. Berikan pelayanan yang bervariasi

Jangan lupakan bahwa pelanggan adalah raja. Untuk memastikan kepuasan pelanggan terjaga, Anda bisa mengembangkan layanan yang diberikan untuk menambah opsi bagi mereka. Misalnya, Anda bisa membuat layanan laundry express, laundry khusus barang-barang tertentu seperti tas, karpet, dan sepatu, laundry untuk pakaian khusus, dan lain sebagainya. Selain itu juga, menawarkan varian pewangi yang dapat dipilih oleh pelanggan patut untuk dicoba.

  1. Hati-hati terhadap pakaian milik pelanggan

Selalu berhati-hati dengan barang milik pelanggan. Jangan sampai ceroboh dan akhirnya merusak hingga pelanggan akhirnya mengajukan komplain terhadap layanan bisnis laundry Anda. Berhati-hati dapat dilakukan dengan cara tidak mencampur semua jenis pakaian dalam satu kali cuci.

  1. Lakukan pemasaran

Yang terakhir adalah jangan lupa untuk melakukan pemasaran atas bisnis Anda. Penting sekali untuk memperkenalkan bisnis Anda ketika pertama kali muncul agar semakin banyak yang mengenal dan menggunakan jasa Anda.


You Might Also Like