banner iklan

Cara Membuat Desain Kemasan Produk yang Unik dan Menarik

Cara_Membuat_Desain_Kemasan_Produk

Salah satu faktor yang menentukan seberapa laris sebuah produk di pasaran adalah kemasannya. Ketika dalam pengemasan menggunakan kemasan yang menarik, masyarakat Indonesia langsung penasaran dengan apa yang ada di dalam kemasan tersebut. Sebagai pebisnis, Anda harus paham bagaimana menghadirkan desain yang mampu memikat hati calon konsumen Anda.Meskipun produk Anda berkualitas namun karena kemasannya kurang menarik, konsumen pun cenderung enggan membelinya. Untuk itu, berikut ini kami sudah memiliki informasi yang akan membantu Anda untuk menghadirkan sebuah desain kemasan menarik pada produk Anda.

Cara Membuat Desain Kemasan yang Menarik?

Kunci utama untuk menghadirkan sebuah desain kemasan yang menaik yaitu membuatnya sederhana namun tetap fungsional. Dari sini akan tercipta respons emosional yang baik dan secara tidak langsung akan membujuk dan meningkatkan minat konsumen untuk membeli produk yang Anda tawarkan.Kemasan tersebut juga harus mampu menarik konsumen dari segi visual, rasional, serta emosional. Desain kemasan dikatakan bagus ketika mampu memberikan nilai tambah pada produk yang ada di dalam kemasan. Berdasarkan penelitian, dari semua aktivitas pengindraan manusia, sekitar 80% pengindraan manusia adalah lewat penglihatan.Maka dari itu, penting untuk menghadirkan unsur-unsur grafis pada kemasan produk. Misalnya memperhatikan bentuk, warna, merek, ilustrasi, huruf, maupun tata letak. Elemen-elemen tersebut mempunyai peran yang besar untuk bisa menghadirkan visual communication secara baik.Untuk berhasil, maka perlu menghadirkan kemasan yang mampu menarik minat calon pembeli. Daya tarik pada kemasan dapat digolongkan menjadi dua yaitu estetika (visual) dan fungsional (praktis).Sementara itu, desain produk bisa bermanfaat untuk:

  • Membantu dalam meningkatkan brand awareness serta kualitas produk tersebut. Produk akan semakin terkenal serta masyarakat juga akan semakin mempercayainya. Dari ini Anda akan mulai mendapatkan calon pelanggan yang lebih banyak.
  • Membantu kebutuhan pemasaran karena ketika desain kemasan yang Anda buat menarik misalnya dengan mencantumkan informasi seputar merek, label produk, jenis, tanggal kadaluwarsa, dan lain-lain.
  • Agar kualitas barang tetap terjaga, sementara untuk desain produk pada makanan membantu menjaga makanan tersebut agar tetap awet. Kemudian untuk alat elektronik membuatnya tidak mudah  rusak

Pertimbangan Ketika Mendesain Kemasan Produk

Ketika mendesain kemasan sebuah produk pastinya melalui banyak pertimbangan. Anda pasti ingin agar kemasan yang dihasilkan nanti bukan sekadar mampu menarik minat konsumen. Anda ingin agar kemasan tersebut juga memberikan jaminan akan kualitas produk di dalamnya.Maka dari itu, beberapa faktor penting ketika mendesain sebuah kemasan produk yaitu:

  1. Faktor Pengamanan

Kemasan yang Anda desain harus mampu melindungi produk terhadap segala kemungkinan  yang berpotensi mengakibatkan barang atau produk tersebut mengalami kerusakan.

  1. Faktor Ekonomi

Perhitungan terkait biaya promosi juga harus seefektif mungkin. Termasuk ketika melakukan pemilihan bahan yang membuat biaya produksinya tidak lebih dari proporsi manfaatnya.

  1. Faktor Pendistribusian

Kemasan tersebut juga harus mudah ketika proses pendistribusian. Hal ini mulai pabrik sampai menuju distributor atau pengecek hingga ke tangan para konsumen.

  1. Faktor Ergonomi

Pertimbangan berikutnya adalah terkait faktor ergonominya. Ini berkaitan dengan kemasan yang mudah untuk kamu bawa maupun pegang, dibuka serta mudah untuk kamu ambil.

  1. Faktor Estetika

Tujuannya yaitu membuat kemasan yang memberikan daya tarik secara visual. Jadi calon pembeli pun langsung tertarik sekali pun belum terlalu familiar dengan produk di dalamnya.

  1. Faktor Identitas

Kemasan Anda harus memiliki ciri khas tersendiri sehingga berbeda dari kemasan yang lain. Pastikan kemasan tersebut mempunyai identitas sehingga mudah Anda kenali dan bedakan. Para konsumen bisa langsung membedakan bahkan hanya melihat kemasan tersebut dari jauh.

  1. Faktor Promosi

Faktor atau pertimbangan berikutnya yaitu seputar bidang promosi. Kemasan yang Anda desain sudah tentu harus mampu menjadi silent sales person. Maksudnya, kemasan tersebut secara tidak  langsung juga berperan untuk mempromosikan barang atua produk nada.

Begini Tips Membuat Desain Kemasan Produk yang Unik dan Menarik

Beberapa tips penting ketika hendak mendesain kemasan produk yang menarik serta unik yaitu:

  1. Menggunakan Desain Sederhana

Ketika Anda memiliki niatan untuk menghadirkan kemasan yang menarik dan baik, salah satu poin yang mesti Anda perhatikan adalah seputar desainnya. Anda harus mampu menghadirkan desain yang simpel serta harus tetap menarik.Jangan terlalu memaksakan diri untuk menghadirkan desain yang rumit. Ini malah memberikan kesan berlebihan dan kemungkinan juga konsumen malah bingung dengan desain yang Anda susun. Anda juga perlu membuat desain yang fleksibel, mudah dibawa ke mana pun serta memudahkan konsumen untuk membuka kemasan tersebut.

  1. Gunakan Warna Cerah serta Berbeda

Tips berikutnya agar Anda mampu menghadirkan sebuah produk yang menarik yaitu harus bisa memilih warna yang tepat. Gunakan warna cerah dan terlihat berbeda. Pemilihan warna memang menjadi salah satu faktor yang akan membuat kemasan Anda menarik atau sebaliknya.Anda bisa mencoba mengecek seperti apa desain yang dibuat kompetitor. Perhatikan warna atau  perpaduan warna yang biasanya mereka gunakan. Lalu carilah ide untuk menghadirkan warna produk Anda sendiri yang mampu memberikan kesan berbeda dari kemasan yang dimiliki oleh kompetitor Anda tersebut.Warna cerah cenderung akan langsung menarik perhatikan. Ini karena warna tersebut terkesan mencolok dari yang lain. Apalagi ketika  Anda meletakkannya bersama dengan produk yang lain di etalase.

  1. Manfaatkan Gambar Secara Tepat

Orang Indonesia lebih suka sesuatu yang sifatnya visual. Maka dari itu, gunakan gambar untuk menarik minat calon pembeli agar mau membeli produk Anda. Namun pemilihan gambar juga harus Anda perhatikan.Pastikan gambar yang Anda pilih tersebut masih ada kaitannya dengan produk. Anda juga dapat menambahkan gambar-gambar lucu serta karikatur yang masih ada kaitannya dengan pencitraan produk. 

  1. Menambahkan Data Legalitas 

Tips berikutnya yaitu mencantumkan data legalitas yang berasal dari lembaga berwenang terkait produk Anda. Tujuannya agar produk tersebut lebih terjamin dan masyarakat percaya akan kualitas dari produk yang Anda jual.Selain beberapa tips di atas, masih ada beberapa poin penting lainnya. Misalnya dengan menghadirkan informasi menarik melalui font unik, menggunakan bahan berbeda pada kemasan, dan lain-lain. Dengan menerapkan tips tersebut maka peluang produk Anda menang ketika bersaing di pasaran akan lebih besar.


You Might Also Like