banner iklan

Cara Mendapatkan EFIN Pajak 2023

Aththaariq Rizki
Cara Mendapatkan EFIN Pajak

Daftar Isi


Apa itu EFIN Pajak?

Apa yang dimaksud dengan EFIN pajak? Mungkin sering menjadi pertanyaan di benak kamu yang baru pertama kali ingin melaporkan pajak melalui sistem elektronic filing (e-Filing) atau pelaporan pajak secara online.

EFIN diperlukan bagi setiap wajib pajak yang baru pertama kali akan menggunakan fasilitas e-Filing dari DJP ataupun ASP (Application Service Provider).

EFIN atau Electronic Filing Identification Number adalah 10 digit nomor identitas yang diterbitkan oleh Direktorat Jenderal Pajak (DJP) kepada wajib pajak. Kode EFIN digunakan sebagai identifikasi bagi setiap wajib pajak agar dapat melakukan transaksi elektronik seperti pelaporan SPT.

EFIN merupakan syarat yang wajib untuk melakukan e-Filing, misalnya di website DJP Online. Dengan EFIN, wajib pajak dapat melaporkan SPT (Surat Pemberitahuan) tahunan via online dengan aman karena sudah terenkripsi, sehingga kerahasiaan data terjamin.

Cara Mendapatkan EFIN Pajak Pribadi

Untuk membuat e-FIN kamu harus datang langsung ke KPP terdekat dan tidak bisa diwakilkan, ketentuan ini tertuang dalam peraturan DJP Nomor PER-32/PJ/2017 tentang Pengamanan Transaksi Elektronik Layanan Pajak Online.

  1. Download Formulir Aktivasi EFIN Sebelum datang ke KPP kamu bisa download formulir permohonan aktivasi e-FIN lalu melengkapi datanya (tapi kosongkan bagian kolom nomor e-FIN, bagian ini akan diisi oleh petugas KPP).
  2. Ajukan Formulir & Dokumen yang dibutuhkan ke KPP Lalu datang ke KPP terdekat dengan membawa berkas-berkas berikut ini:
    1. Formulir aktivasi e-FIN yang sudah diisi.
    2. Alamat email yang aktif untuk mengirimkan verifikasi.
    3. Identitas diri asli dan fotokopi (KTP untuk WNI atau KITAS/KITAP untuk WNA).
    4. NPWP asli dan fotokopi.

    Jangan lupa untuk menjaga kerahasiaan e-FIN kamu agar terhindar dari penyalahgunaan oleh pihak yang tidak bertanggung jawab.

  3. Aktivasi EFIN kamu
  4. Setelah kamu mendapatkan e-FIN (berupa nomor 10 digit) dari petugas KPP, kamu dapat melakukan aktivasi di website resmi DJP Online pada tautan kirimkan link aktivasi. Kemudian, kamu akan mendapatkan email konfirmasi yang didalamnya terdapat password sementara. Klik tautan pada email lalu ganti dengan password baru yang kamu inginkan.

    Perlu diperhatikan bahwa e-FIN harus langsung diaktivasi atau didaftarkan pada aplikasi pajak yang kamu gunakan, segera setelah kamu mendapatkannya. Jika sudah lebih dari 30 hari kamu lupa melakukan aktivasi, maka harus melakukan pembuatan e-FIN baru lagi.

Cara Mendapatkan EFIN Pajak Badan

Kini permohonan e-FIN ke KPP sudah tidak bisa diwakilkan oleh orang lain. Setiap wajib pajak harus datang sendiri ke KPP terdekat untuk bisa mendapatkan e-FIN.

  1. Lengkapi Formulir EFINIsi formulir EFIN, tetapi kosongkan bagian kolom e-FIN, petugas KPP akan mengisinya untuk kamu.
  2. Cetak dan bawa formulir EFIN tersebut, berikut dokumen pendukung ke KPP terdekat.

Ukirama ERP memudahkan ratusan perusahaan mengelola bisnis setiap hari

Jadwalkan Demo

Aththaariq Rizki
Aththaariq Rizki

Saya seorang konsultan yang tertarik pada penulisan terkait software ERP, Data Analisis, dan Supply Chain Management

You Might Also Like