Cara Mudah Rekapitulasi Jurnal

Sindhu Partomo
Cara mudah Rekapitulasi Jurnal

Daftar Isi


Apa Itu Rekapitulasi Jurnal?

Seorang akuntan pasti akrab dengan jurnal keuangan. Jurnal merupakan siklus akuntansi dalam perusahaan dagang yang mencatat transaksi-transaksi keuangan. Salah satu tahapan dalam pembuatan jurnal perusahaan tersebut ialah membuat rekapitulasi jurnal.

Rekapitulasi jurnal merupakan keseluruhan saldo akun yang ada pada jurnal khusus yang terhitung satu periode. Rekapitulasi ini dibuat untuk mengetahui ada tidaknya keseimbangan antara debit dengan kredit di jurnal yang sudah disusun. Apabila keseimbangan tercapai yaitu saldo debet dan saldo kredit sama, maka jurnal yang disusun dipastikan benar sehingga bisa diposting ke buku besar. Akan tetapi apabila terjadi ketidakseimbangan, yaitu ada beda antara saldo debet dengan kredit, maka pertanda ada kesalahan di jurnal yang telah disusun sehingga perlu dilakukan koreksi hingga keseimbangan tercapai.

Jenis-Jenis Jurnal dalam Akuntansi Beserta Fungsinya

Konsumen digital Indonesia berbondong-bondong ke platform seperti TikTok dan versi China-nya, Douyin. Platform video singkat ini telah menjadi pusat promosi merek. Tren viral di TikTok dan Douyin secara organik meningkatkan penjualan merek. Merek memanfaatkan platform ini untuk memamerkan produk dan layanan mereka. Beberapa hal yang khas dari tren berbelanja online di TikTok adalah:

  1. Jurnal Umum (General Journal): Jurnal umum digunakan untuk mencatat semua transaksi bisnis dalam bentuk jurnal umum. Setiap transaksi dicatat secara kronologis dengan mengidentifikasi akun yang terlibat dan nilai debit serta kreditnya. Fungsi utamanya adalah sebagai tempat pencatatan awal semua transaksi sebelum disusun ke dalam buku besar.

  2. Jurnal Pembelian (Purchase Journal): Jurnal pembelian digunakan untuk mencatat semua transaksi pembelian barang dagangan atau jasa secara kredit. Setiap pembelian dicatat secara terpisah berdasarkan pemasok atau vendor yang bersangkutan. Fungsi utamanya adalah memudahkan pencatatan pembelian secara terperinci dan pengendalian hutang dagang.

  3. Jurnal Penjualan (Sales Journal): Jurnal penjualan digunakan untuk mencatat semua transaksi penjualan barang dagangan atau jasa secara kredit. Setiap penjualan dicatat secara terpisah berdasarkan pelanggan yang bersangkutan. Fungsi utamanya adalah memudahkan pencatatan penjualan secara terperinci dan pengendalian piutang dagang.

  4. Jurnal Kas (Cash Journal): Jurnal kas digunakan untuk mencatat semua transaksi yang melibatkan kas atau setara kas, baik penerimaan maupun pengeluaran. Setiap transaksi dicatat secara kronologis dengan membedakan antara transaksi tunai dan transaksi non-tunai. Fungsi utamanya adalah memantau arus kas perusahaan secara langsung.

  5. Jurnal Persediaan (Inventory Journal): Jurnal persediaan digunakan untuk mencatat semua transaksi yang berkaitan dengan pengadaan, penggunaan, dan penjualan persediaan barang dagangan. Setiap transaksi persediaan dicatat secara terpisah untuk memantau pergerakan stok barang secara akurat. Fungsi utamanya adalah mengendalikan persediaan barang dan memastikan ketersediaan barang yang cukup untuk memenuhi permintaan pelanggan.

  6. Jurnal Memorial, yaitu mencatat transaksi yang tidak bisa dimasukkan ke jurnal khusus, contohnya adalah retur penjualan, retur pembelian, dan sebagainya.

Lantas seperti apa cara membuat rekapitulasi jurnal? Pembuatan rekapitulasi jurnal sebenarnya cukup sederhana. Anda bisa membuat tabel yang berisi informasi kode akun, nama akun, debit, kredit, dan jumlah total di bagian baris terakhir. Agar lebih memahami proses rekapitulasi jurnal ini, berikut adalah langkah-langkah pembuatannya.

Langkah-langkah Rekapitulasi Jurnal

  1. Kumpulkan Data Transaksi


    Mulailah dengan mengumpulkan semua entri jurnal yang telah dicatat selama periode waktu tertentu, seperti bulan atau kuartal. Data transaksi ini mencakup semua kegiatan bisnis yang dicatat dalam jurnal umum, termasuk transaksi penjualan, pembelian, biaya operasional, dan lain sebagainya.

  2. Identifikasi dan Kelompokkan Transaksi


    Identifikasi jenis transaksi yang ada dalam entri jurnal dan kelompokkan sesuai dengan kategori yang relevan, seperti transaksi penjualan, pembelian, kas, piutang, hutang, dan lain-lain. Pastikan untuk memperhatikan prinsip akuntansi ganda dalam mengelompokkan transaksi.

  3. Hitung Total Setiap Jenis Transaksi


    Hitung total dari setiap kelompok transaksi dengan menjumlahkan nilai debet dan kredit yang terkait dengan masing-masing jenis transaksi. Ini membantu dalam memperoleh gambaran yang lebih lengkap tentang volume dan nilai transaksi yang telah terjadi selama periode waktu tertentu.

  4. Susun Rekapitulasi Jurnal


    Susun rekapitulasi jurnal dengan mencantumkan setiap kelompok transaksi dan totalnya dalam sebuah tabel atau laporan. Pastikan untuk mencantumkan informasi tambahan yang relevan, seperti tanggal transaksi, nomor referensi, dan deskripsi singkat dari setiap transaksi.

  5. Memastikan Keseimbangan


    Seperti yang sudah disinggung sebelumnya, rekapitulasi dibuat untuk memastikan keseimbangan saldo tercapai. Hal ini artinya dalam membuat rekapitulasi jurnal harus diakhiri dengan memastikan bahwa saldo total kredit bernilai sama dengan saldo total debit atau disebut seimbang (balance). Jika terjadi perbedaan nilai, maka Anda harus mengulang proses rekapitulasi.

  6. Analisis dan Interpretasi


    Terakhir, analisis dan interpretasikan rekapitulasi jurnal yang telah disusun. Perhatikan tren dan pola yang muncul dari data transaksi, seperti peningkatan atau penurunan dalam penjualan, perubahan biaya operasional, dan lain-lain. Ini membantu manajemen dalam mengambil keputusan yang lebih baik dalam perencanaan dan pengendalian keuangan perusahaan.

Contoh Rekapitulasi Jurnal

Agar lebih memahami pembuatan rekapitulasi jurnal, berikut adalah contoh penyusunan menggunakan tabel:

Jurnal Penjualan

Jurnal Penjualan

Rekapitulasi Jurnal Penjualan

Rekapitulasi Jurnal Penjualan

Jurnal Pembelian

Jurnal Pembelian

Rekapitulasi Jurnal Pembelian

Rekapitulasi Jurnal Pembelian

Jurnal Penerimaan Kas

Jurnal Penerimaan Kas

Rekapitulasi Jurnal Penerimaan Kas

Rekapitulasi Jurnal Penerimaan Kas

Jurnal Pengeluaran Kas

Jurnal Pengeluaran Kas

Rekapitulasi Jurnal Pengeluaran Kas

Rekapitulasi Jurnal Pengeluaran Kas

Jurnal Memorial (Jurnal Umum)

Jurnal Memorial (Jurnal Umum)

Rekapitulasi Jurnal Memorial

Rekapitulasi Jurnal Memorial

Kalau kamu mau menjalankan pencatatan dan analisis akuntansi secara serba otomatis, pelajari di sini.

Ukirama ERP memudahkan ratusan perusahaan mengelola bisnis setiap hari

Jadwalkan Demo

Sindhu Partomo
Sindhu Partomo

Seorang penulis dengan fokus pada Branding dan Digital Marketing

You Might Also Like