banner iklan

Ciri-ciri Bisnis Pasar Persaingan Sempurna Dan Pasar Persaingan Tidak Sempurna

pasar_persaingan_sempurna_dan_tak_sempurna

Pasar persaingan sempurna merupakan pasar dimana jumlah pembeli dan penjual sangat banyak dan barang yang ditawarkan pun serupa atau sejenis. Beberapa contoh barang yang dijual di sini antara lain beras, gandum, kentang, batu bara, dan lain-lain. Di sini penjual dan pembeli sama-sama tidak dapat mempengaruhi harga, sehingga harga yang tercantum tersebut memang merupakan harga kesepakatan berdasarkan interaksi tawar menawar dan juga permintaan.Permintaan tersebut merupakan cerminan dari keinginan konsumen (pembeli). Sementara penawaran merupakan cerminan dari keinginan penjual (produsen). Di pasar persaingan sempurna ini, kedua belah pihak tidak memiliki kemampuan untuk saling mempengaruhi harga pasar karena sudah terjadi ikatan batin antara pembeli dan juga penjual mengenai informasi dan struktur yang ada di pasar tersebut.Ciri-ciri Pasar Persaingan SempurnaDi bawah ini kami akan memberikan beberapa ciri dari pasar persaingan sempurna:

  1. Memiliki banyak penjual dan pembeli

Seperti yang telah dijelaskan pada definisi, pasar persaingan sempurna memiliki jumlah penjual dan pembeli yang banyak. Kondisi ini membuat kedua belah  pihak tidak dapat saling mempengaruhi harga pasar. Artinya, mereka hanyalah sebuah bagian kecil dari unsur pasar itu sendiri. Interaksi yang terjadi antara penjual dan pembeli merupakan pengikut harga atau price taker, sehingga harga yang diterapkan di pasar adalah bersifat datum.Datum merupakan istilah dimana harganya akan tetap seberapa banyak barang yang dijual karena mekanisme atau penerapan pasar ditentukan oleh interaksi maupun kekuatan penawaran dan permintaan masyarakat.

  1. Kebebasan Membuka dan Menutup Perusahaan

Ciri yang kedua dari pasar persaingan sempurna adalah terdapat kebebasan untuk menutup maupun juga membuka perusahaan atau dalam istilah kerennya dinamakan free entry and free exit. Maksudnya, tidak terjadi suatu gangguan atau hambatan ketika sebuah perusahaan ingin mendirikan bisnis baru jika memang menguntungkan dan bisa menutup perusahaannya jika merugikan. Berbeda dengan jenis pasar yang lain dimana masih ada keterikatan ketika hendak membuka dan menutup pasar karena sudah ada surat perjanjian.

  1. Barang Yang Dijual Bersifat Homogen

Perusahaan memproduksi barang yang sebenarnya ia merupakan pengganti yang sempurna bagi barang-barang yang dihasilkan oleh perusahaan lainnya dalam seluruh aspek. Hal ini yang menyebabkan produk atau barang yang dijualbelikan sama alias homogen. Jika anda membeli di suatu perusahaan, sudah hampir dipastikan bahwa kuantitas dan kualitasnya sama persis dan tidak bisa dibedakan.

  1. Pembeli dan Penjual Memiliki Pengetahuan Sempurna Seputar Pasar

Kedua belah pihak sudah paham betul mengenai kondisi pasar, baik dalam hal harga yang diterapkan di pasar tersebut maupun tentang kondisi lainnya. Dengan adanya pengetahuan seperti ini, maka dapat menimbulkan:

  • Semua sumber daya yang ada digunakan sepenuhnya agar dapat memperoleh keuntungan yang maksimal.
  • Tidak ada satupun produsen yang menjual barangnya dengan harga yang lebih murah dibandingkan harga pasar.
  • Tidak ada satupun  konsumen yang membeli barang dengan harga yang lebih mahal dibandingkan harga pasar.
  1. Mobilitas Sumber Ekonomi Yang Cukup Sempurna

Perpindahan atau mobilitas sumber ekonomi yang terjadi di pasar persaingan sempurna cenderung berjalan secara cukup sempurna. Artinya, tidak mengalami kesulitan sedikitpun pada saat sumber daya maupun faktor produksi bermaksud ingin dipindahkan dari suatu tempat ke tempat yang lainnya. Alasannya karena seluruh tempat produksi mempunyai kesamaan, baik di dalam metode pembuatan sampai dengan penjualannya kepada para pembeli atau konsumen.Pasar persaingan sempurna ini memang sangat sesuai bagi seseorang yang ingin mempunyai sebuah bisnis atau jasa yang sudah umum dilakukan oleh kebanyakan orang. Seseorang tersebut bisa dengan mudah mendapatkan kesuksesan bisnis dimanapun dan kapanpun asalkan sudah memiliki strategi pasar yang matang dan ampuh. Salah satu yang dilakukan adalah melakukan pencatatan terhadap keuangan perusahaan di dalam sebuah laporan keuangan.Bahkan, para pebisnis sudah semakin mudah di dalam membuat laporan keuangan karena adanya perangkat lunak atau software yang sudah terintegrasi dan perangkat lunak tersebut bernama Ukirama ERP . Ukirama ERP merupakan sebuah aplikasi lengkap yang berbasis cloud dimana aplikasi tersebut berfungsi untuk mengontrol akuntansi, manajemen stok, penjualan, reparasi, keuangan dan juga HRD.Beberapa produk yang dimiliki oleh Ukirama ERP antara lain:

  • Multi Gudang: Membantu memudahkan kontrol inventaris perusahaan
  • Multi Mata Uang: Memudahkan di dalam melakukan transaksi pembelian dan penjualan
  • Keuangan dan Akuntansi: Mempercepat proses akuntansi sera mengurangi kesalahan ketika entri data secara manual
  • Approval: Memberikan hak terhadap pihak yang berwenang mengenai pengesahan dokumen
  • Laporan: Memberikan laporan yang komprehensif untuk meningkatkan kecepatan pengambilan keputusan
  • Payroll: Menghitung otomatis gaji para karyawan

Pasar persaingan tidak sempurna merupakan pasar yang tidak terorganisir secara baik. Di pasar ini jumlah pembeli tidak sebanding dengan jumlah penjual. Di pasar persaingan tidak sempurna, jumlah pembeli sangat banyak dibandingkan jumlah penjual. Di dalam pasar persaingan tidak sempurna atau imperfect-competition market, hanya terdapat beberapa penjual saja yang dapat menguasai pasar. Hal ini membuat mereka bisa dengan bebas menentukan harga serta dapat mengambil keuntungan dalam jumlah besar. Alasan mengapa dinamakan pasar tidak sempurna adalah karena cacat sehingga menyebabkan ketidakadilan. Umumnya, pasar persaingan tidak sempurna menjual barang-barang yang bersifat heterogen dengan jumlah yang terbatas.Ciri-ciri Pasar Persaingan Tidak SempurnaSebenarnya tidak terlalu sulit mengetahui bahwa suatu pasar tersebut termasuk ke dalam pasar persaingan tidak sempurna. Yang perlu dilakukan adalah dengan melihat seperti apa karakter dari pasar tersebut. Di bawah ini kami akan memberikan penjelasan beberapa ciri dari pasar persaingan tidak sempurna.

  • Di dalam pasar ini hanya terdapat beberapa penjual saja, sementara jumlah pembeli yang sangat banyak.
  • Di sini terjadi monopoli karena penjual bisa dengan bebas menentukan berapa harga dari barang-barangnya tersebut serta mereka bisa mendapatkan keuntungan yang sebesar-besarnya.
  • Permintaan dan penawaran atau yang juga dikenal dengan interaksi ekonomi tidak memiliki peran yang signifikan di dalam menentukan harga.
  • Penjual atau produsen baru cenderung kesulitan ketika hendak masuk dan ikut bersaing di dalam pasar karena sudah merupakan kebiasaan bahwa pembeli akan membeli barang-barang di penjual lama.
  • Beberapa penjual atau produsen lama cenderung melakukan kerjasama agar bisa menjatuhkan penjual atau produsen baru sehingga hal ini menyebabkan ketidakadilan.
  • Di pasar ini, terdapat banyak jenis barang dan jasa. Akan tetapi, masih sulit untuk menentukan barang atau alternatif lain yang memiliki fungsi sama.

Demikian penjelasan dari kami seputar ciri-ciri yang dimiliki pasar persaingan sempurna dan tidak sempurna. Semoga bermanfaat.


You Might Also Like