Ciri-Ciri Laporan Keuangan Yang Baik Beserta Manfaatnya

ciri_ciri_laporan_keuangan_yang_baik_beserta_manfaatnya

Laporan keuangan merupakan salah satu bagian penting dalam perusahaan. melalui laporan keuangan anda bisa mengetahui besaran laba atau rugi yang dihasilkan. Laporan keuangan juga digunakan untuk memantau aktivitas kas dan ketersediaannya untuk operasional perusahaan. laporan keuangan juga dibutuhkan oleh pihak eksternal seperti perpajakan untuk menghitung tanggungan pajak yang harus dibayar. Laporan keuangan juga dibutuhkan investor dan pihak bank untuk memperoleh pendanaan. Bukan hanya itu saja laporan keuangan juga bisa digunakan untuk mengetahui pos-pos mana yang harus nya mendapatkan perhatian lebih untuk efisiensi. Komponen Laporan Keuangan Laporan keuangan sendiri terdiri dari beberapa komponen yang sama baik itu perusahaan jasa, manufaktur maupun dagang. Komponen laporan keuangan tersebut diantaranya ialah sebagai berikut :

  1. Laporan Laba Rugi

Laporan laba rugi merupakan laporan untuk memperhitungkan profit atau rugi dalam suatu periode. Dari laporan laba rugi ini anda juga bisa mengetahui pos beban mana yang menghabiskan banyak biaya.

  1. Harga Pokok Penjualan

Bagi perusahaan manufaktur dalam memperhitungkan harga pokok penjualan melibatkan berbagai persediaan sehingga perhitungannya lebih rumit. Tak heran jika biasanya perhitungan harga pokok penjualannya dibuatkan laporan tersendiri atau dipisah dengan laporan laba rugi.

  1. Neraca

Neraca ialah bagian dari laporan keuangan yang mencatat aset perusahaan, hutang dan ekuitas yang dimiliki perusahaan tersebut.

  1. Arus Kas

Arus kas merupakan komponen laporan keuangan yang menunjukkan aliran masuk dan keluar kas perusahaan dalam periode tertentu.Manfaat Laporan KeuanganSeperti dikemukakan sebelumnya bahwa laporan keuangan memiliki beragam manfaat baik bagi pihak internal maupun eksternal. Berikut beberapa manfaat laporan keuangan yang wajib anda ketahui :

  1. Bagi Investor

Bagi investor laporan keuangan berguna untuk meninjau kinerja perusahaan dan dijadikan dasar pengambilan keputusan untuk membeli, menjual maupun menahan investasi yang dimiliki pemegang saham dalam perusahaan tersebut.

  1. Bagi Pelanggan

Kini banyak perusahaan yang menggaet pelanggannya sendiri sebagai agen pemasaran. Bagi pelanggan yang terikat perjanjian kerja sama tentu perlu mengetahui laporan keuangan perusahaan guna mengetahui keberlangsungan bisnis.

  1. Bagi Pemerintah

Pemerintah juga memerlukan laporan keuangan untuk memungut kewajiban pajak perusahaan tersebut. Laporan keuangan juga dibutuhkan untuk mendata pertumbuhan ekonomi atau kapasitas produksi secara makro dalam suatu negara. Hal ini digunakan untuk dasar pengambilan kebijakan ekonomi bagi negara itu.

  1. Karyawan dan Manajemen Perusahaan

Pihak internal seperti karyawan dan manajemen perusahaan juga membutuhkan laporan keuangan untuk meninjau kinerja perusahaan tersebut apakah berjalan dengan baik atau tidak. Karyawan memerlukan laporan keuangan untuk mengetahui kemampuan perusahaan dalam membayar gaji mereka.

  1. Supplier dan Kreditor

Bagi kreditor laporan keuangan juga dibutuhkan sebagai bahan referensi untuk memberikan pinjaman atau tidak. Bagi supplier mengetahui laporan keuangan dapat membantu mereka menilai kemampuan perusahaan dalam membayar tagihannya.

  1. Akademisi

Laporan keuangan juga digunakan oleh akademisi untuk menunjang penelitian mereka di bidang keilmuan khususnya ekonomi. Dengan begitu para akademisi ini juga bisa mencarikan solusi yang tepat atas permasalahan yang berkaitan dengan akuntansi dan lainnya.Ciri – Ciri Laporan keuangan Yang BaikDikarenakan manfaat laporan keuangan yang begitu banyak inilah membuat laporan keuangan sangat penting untuk disusun oleh akuntan. Dalam menyusunnya anda tak boleh main-main dan laporan keuangan tersebut haruslah memenuhi poin-poin ini jika ingin dinyatakan sebagai laporan keuangan yang berkualitas :

  1. Dapat Dipahami

Laporan keuangan yang baik haruslah mudah dipahami pembacanya. Penyajian laporan keuangan harus jelas dan mudah dipahami agar bisa digunakan sebagai mestinya oleh pembaca. Biasanya perusahaan go public mempublikasikan laporan keuangan dengan menggunakan dua bahasa yakni bahasa Indonesia dan bahasa Inggris guna dimengerti oleh investor asing. Biarpun begitu mata uang yang digunakan tetap memakai rupiah sesuai dengan aturan standar akuntansi yang diberlakukan di Indonesia.

  1. Handal

Laporan keuangan yang baik juga harus dinyatakan handal yakni jujur, netral dan dapat diversifikasi. Laporan keuangan tidak boleh memihak pihak manapun sehingga dalam menyajikannya harus jujur dan wajar. Handal juga bisa diartikan memenuhi kelengkapan materialitas dan biaya.

  1. Dapat Dibandingkan

Laporan keuangan yang baik juga harus bisa dibandingkankan dengan laporan keuangan antar periode. Laporan keuangan juga digunakan untuk mengevaluasi atau mengidentifikasi kecenderungan trend dan kinerja perusahaan. Setiap laporan keuangan memiliki kesinambungan satu dengan lainnya sehingga isinya juga bisa dipertanggung jawabkan dan lebih transparan.

  1. Relevan

Terakhir, laporan keuangan juga diharapkan memiliki relevansi karena digunakan pula untuk mengambil keputusan. Adanya kebijakan baru yang diputuskan diharapkan mampu meningkatkan pendapatan dan perbaikan aspek yang bermasalah dalam perusahaan.Laporan keuangan ini juga diaudit oleh auditor untuk mendapatkan opini auditor sehingga meningkatkan kualitas dari laporan keuangan itu sendiri.


You Might Also Like