Cloud Computing Menjadi Teknologi Pilihan untuk Menunjang Sistem ERP

cloud_computing_menjadi_teknologi_pilihan_untuk_menunjang_sistem_erp.png

Apa sih Cloud Computing itu? Apa hubungannya dengan sistem ERP? Mungkin ini pertanyaan yang anda pernah temui. Di era digital ini sering muncul istilah - istilah baru yang terkadang membuat kita bertanya-tanya. Artikel ini akan menjelaskan tentang apa teknologi cloud computing itu dan bagaimana teknologi ini dapat menunjang sistem ERP.

Teknologi Cloud Computing adalah..

Cloud adalah istilah dari penggunaan jaringan internet sebagai perantara antar komputer. Sebagaimana awan yang sering digambarkan di diagram jaringan komputer.

Teknologi Cloud Computing adalah teknologi yang membuat kita bisa menggunakan aplikasi/software dengan hanya menggunakan jaringan internet. Aplikasi yang akan kita gunakan cukup dibuka dengan browser saja dan bisa mengakses server yang sudah tersimpan di cloud.

“Teknologi Cloud Computing adalah teknologi yang membuat kita bisa menggunakan aplikasi/software dengan hanya menggunakan jaringan internet.”

Kenapa Teknologi Cloud Computing?

Pada saat teknologi ini pertama kali muncul internet masih sangat lambat. Pengetahuan tentang penggunaan internet juga masih kurang. Karena dulu selain internet harganya yang sangat mahal, infrastruktur pendukung teknologi ini masih sangat minim bahkan belum semua orang menggunakannya.

Namun di zaman sekarang teknologi berkembang pesat. Internet dengan kecepatan tinggi pun murah dan sangat terjangkau. Telepon genggam yang sekarang dikenal dengan nama smartphone memiliki tenaga sekuat komputer dan bisa mengakses internet kapan dan dimana saja.

Banyak software menggunakan cloud sebagai pendukung teknologi yang mereka buat, karena rata-rata orang sudah menggunakan perangkat-perangkat yang menggunakan internet seperti komputer, smart TV, tablet, dan smartphone. Internet membuat semua orang terhubung satu dengan yang lain.

“Teknologi Cloud Computing memudahkan orang untuk mengakses aplikasi melalui jaringan internet.”

Sistem ERP yang Memakai Teknologi Cloud

Sistem ERP (Enterprise Resource Planning) yang adalah software manajemen yang membantu menjalankan administrasi perusahaan.

Dulunya ERP menggunakan on-premise atau teknologi yang menggunakan server lokal. Artinya software hanya digunakan di jaringan lokal yang terhubung dengan server tersebut. Kekurangan lainya dari software on-premise yaitu adanya biaya tambahan seperti pemeliharaan hardware, biaya listrik dan pegawai IT yang ditugaskan khusus menjaga server.

“Sistem ERP on-premise membutuhkan perawatan server dengan biaya yang besar.”

Karena adanya kebutuhan perusahaan yang memiliki kantor cabang, toko, atau gudang di tempat berbeda maka teknologi ini sangat dibutuhkan untuk menghubungkan server dari satu tempat ke tempat yang lain sehingga data dan laporan bisa didapat dengan cepat dan akurat.

Oleh karena itu, teknologi cloud dipilih untuk menyempurnakan sistem ERP. Dengan teknologi cloud, tidak perlu menyediakan server lokal lagi, cukup dengan internet. Sistem ERP juga bisa diakses dimana saja dan bisa mendapatkan informasi secara real-time selama ada jaringan internet. Pengguna pun bisa menggunakan sistem ERP diluar kantor sehingga memungkinkan untuk bekerja secara remote (kerja jarak jauh) bisa terjadi

Contohnya ketika perusahaan memiliki beberapa cabang sehingga membutuhkan server di masing-masing cabang tersebut. Dengan cloud, tidak perlu lagi server ditiap-tiap cabang karena semua data telah disimpan di cloud.

“Tidak perlu lagi server di tiap-tiap cabang perusahaan karena semuanya sudah tersimpan di cloud.”

Cloud Melengkapi Sistem ERP

Dengan teknologi Cloud Computing yang menghubungkan satu komputer dengan komputer yang lain melalui jaringan internet, memungkinkan orang untuk menjalankan aplikasi secara online sekalipun aplikasi tidak diinstall.

Dibandingkan dengan teknologi on-premise yang membutuhkan biaya perawatan server yang tidak sedikit, cloud bisa memangkas semua pembiayaan perawatan server atau tidak perlu memakai server lokal.

Perusahaan yang memiliki kantor cabang tidak perlu lagi membeli server untuk diletakkan di masing-masing cabang karena semuanya sudah tersimpan di cloud dan terintegrasi satu dengan yang lain. Cloud juga memungkinkan sistem ERP dapat di akses melalui perangkat yang memiliki browser seperti komputer, laptop, tablet, dan smartphone.

Sekarang pun internet harganya terjangkau dan ada dimana-mana sehingga mudah diakses banyak orang. Itulah mengapa teknologi cloud dipilih untuk menunjang sistem ERP dan menjadi solusi bagi perusahaan .

Cr: Berbagai sumber


You Might Also Like