banner iklan

Cocok Untuk Pemula! Ketahui 6 Usaha Modal Kecil yang Menjanjikan di Tahun 2023

Ketahui 6 Usaha Modal Kecil yang Menjanjikan di Tahun 2023

Pengen punya penghasilan sampingan di tahun 2023 ini?Well, Anda patut mencoba enam usaha modal kecil yang menjanjikan yang kami rekomendasikan di bawah ini. Meski modal yang dibutuhkan sedikit, namun Anda berpeluang mendapatkan banyak keuntungan.Apa saja usaha-usaha bermodal kecil namun untung besar yang kami maksud tersebut? Simak keenam daftarnya di bawah ini. Selain keenam daftar di atas, sebenarnya masih ada banyak usaha bermodal kecil lain yang cukup menjanjikan dan patut untuk Anda coba. Beberapa contohnya adalah sebagai berikut.

1. Usaha Jasa Titip: Cocok Untuk Anda yang Hobi Traveling

Punya hobi traveling keliling Indonesia dan luar negeri? Mengapa Anda tak coba membuka usaha jasa titip? Seperti namanya, dalam jasa titip atau jastip ini, Anda akan bertindak sebagai seseorang yang akan membelikan barang untuk customer atau konsumen usaha Anda tergantung di daerah atau negara mana yang akan Anda kunjungi. Modal yang dibutuhkan pun dapat Anda sesuaikan dengan budget yang sudah disiapkan sebelumnya. Jika misalnya biaya pesanan melebihi budget yang ada, maka tinggal batasi saja jumlah pesanannya.Lantas, dari mana keuntungannya diperoleh?Keuntungan usaha jastip bisa didapatkan dari margin antara harga jual dan harga beli Anda pada konsumen jastip.Seiring dengan semakin majunya teknologi saat ini, usaha jastip menjadi semakin marak diminati. Jenis usahanya pun bermacam-macam. Ada usaha jastip untuk luar negeri yang biasanya dibuka oleh siapa saja yang sering traveling ke luar negeri. Ada juga jastip barang untuk kota-kota besar yang ada di seluruh Indonesia.Beberapa contoh barang paling laris untuk dititip berikan selama ini adalah seperti makanan, pakaian, kosmetik, furniture, hingga mainan dan barang keperluan anak-anak.Supaya bisa sukses menjalani bisnis yang satu ini, maka ada dua hal yang harus Anda perhatikan. Berikut diantaranya.

  • Promosi. Hal paling penting yang harus gencar Anda lakukan jika ingin usaha jastip Anda semakin dikenal banyak orang adalah promosi. Tujuannya adalah agar Anda bisa mendapatkan kepercayaan dari pembeli yang melakukan titip beli tersebut 
  • Target Pasar. Hal lainnya yang harus Anda perhatikan juga adalah target pasar Anda. Jika misalnya Anda suka melakukan jastip barang-barang branded, maka target konsumen Anda haruslah mereka yang berasal dari kalangan-kalangan tertentu yang seringkali mencari barang branded untuk dititip belikan

Lalu, bagaimana cara kerjanya? Ada dua metode atau cara yang bisa dilakukan. 

  • Pertama, ambil gambar suatu produk yang akan dititip belikan lalu share kepada para followers atau orang-orang lewat media sosial Anda.  Saat dibagikan, tanyakan apakah ada diantara mereka yang berminat membeli produk tersebut. Jika ada, maka orang itu nantinya akan mengirimkan sejumlah nominal uang untuk membeli barang tersebut termasuk biaya jasa Anda.
  • Kedua, carilah kenalan atau koneksi atau kolega orang-orang yang tinggal di daerah tertentu. Kemudian, ambil gambar produk yang dijual di daerah dekat kenalan, koneksi atau kolega Anda tersebut. Nah, orang-orang yang tertarik untuk membeli nantinya dapat meminta tolong kenalan atau koneksi tersebut melalui Anda

Nah, untuk memudahkan Anda melakukan usaha ini, kini jastip sudah tak melulu open pre order secara perorangan di media sosial lho! Dengan kemajuan teknologi, kini bisnis ini semakin profesional dengan banyaknya software jasa titip digital yang menawarkan berbagai macam keuntungan baik untuk pelanggan maupun kepada pebisnis seperti Anda. Salah satu keuntungan menggunakan aplikasi jasa titip adalah Anda bisa dengan mudah menemukan pembeli atau konsumen yang akan menggunakan jasa Anda tanpa harus repot-repot menawarkan ke teman atau kolega Anda. Beberapa contoh aplikasinya adalah seperti Airfrov, HelloBly, Neetip, Bistip, Jaztip, Prelo, dan Gibby. 

2. Bisnis Camilan atau Snack: Semua Orang Suka Snack!

Siapa yang tidak suka camilan atau snack sekarang ini? Baik itu pelajar maupun pekerja, semua suka snack. Mulai dari usia anak-anak, remaja, hingga dewasa dan orang tua pun suka snack atau camilan. Tentunya jenis snack atau camilannya tergantung selera masing-masing. Namun yang jelas, bisnis camilan atau snack tidak pernah ada matinya. Selain karena konsumennya berasal dari semua kalangan tanpa batasan usia tertentu, untuk berbisnis camilan atau snack juga tak harus punya modal besar. Jika Anda adalah seorang pemula yang memutuskan berbisnis snack untuk pertama kalinya maka sebagai langkah perdana tak perlu memakai bahan baku yang mahal. Anda bisa membuat snack berbahan dasar ubi, kentang ataupun ubi yang selalu punya banyak peminat. Misalnya saja, dengan membuat keripik beraneka rasa dari bahan-bahan tersebut. Untuk promosinya sendiri, bisa dilakukan dengan orang-orang terdekat terlebih dahulu. Contohnya, kepada rekan kerja, keluarga besar, teman dekat, teman sekolah atau kampus, dan sebagainya. Selain singkong atau ubi, Anda juga bisa membuat camilan tradisional yang juga punya banyak peminat lainnya seperti seblak dan basreng (bakso goreng). Atau apabila Anda lebih suka camilan atau snack yang lebih kekinian, cobalah corn dog, macaroon, croffle, crepes tart, jasuke, dan masih banyak lagi. Tak hanya itu, Anda juga bisa mencoba menjual frozen food yang juga memiliki banyak peminat beberapa tahun belakangan ini. 

3. Jasa Laundry: Cocok Dilakukan di Wilayah Padat Pemukiman

Jika Anda tinggal di daerah yang padat pemukiman, misalnya yang banyak ditinggali pekerja dan mahasiswa maka jasa cuci pakaian atau laundry bisa menjadi usaha sampingan yang menjanjikan. Terutama bagi Anda ibu-ibu rumah tangga yang ingin membantu pemasukan keluarga agar semakin meningkat. Dari berbagai literatur dijelaskan bahwa rata-rata modal awal untuk buka laundry relatif kecil yakni sekitar 5 juta rupiah. Anda pun tak perlu harus buka ruko untuk dijadikan markas usaha. Rumah sendiri pun bisa dijadikan tempat untuk usaha perdana ini lho! Selain itu, untuk peralatannya sendiri Anda bisa menggunakan mesin cuci di rumah sebagai awal. Barulah ketika suatu hari nanti usaha Anda sudah lumayan besar atau pelanggannya semakin bertambah, maka Anda bisa menambah mesin cuci lagi. Sebagai saran, jika ingin mengembangkan bisnis laundry ini, maka selain mencuci pakaian, Anda pun bisa mem-variasikannya lagi dengan membuka jasa serupa lain sebagai tambahan. Misalnya, jasa membersihkan tas ataupun sepatu. Anyway, jika ingin menambah lingkup pelanggan menjadi lebih luas, maka cobalah berbagai aplikasi jasa online untuk laundry yang sekarang sudah banyak beredar di internet. Beberapa contohnya adalah YeApps, Nyuci.in Laundry, Ethan Laundry, D-Laundry, Urusin, ataupun KliknKlin. 

4. Membuat Aneka Kue: Skill yang Bisa Jadi Cuan!

Ibu-ibu rumah tangga gemar memasak yang pengen dapat cuan tiap harinya harus mencoba bisnis yang satu ini. Tujuan penjualannya banyak. Mulai untuk pesta ulang tahun, pernikahan, anniversary, acara kantor, arisan, hari raya seperti lebaran, dan masih banyak lagi. Asalkan Anda punya skill membuat kue yang mumpuni, bisnis ini benar-benar bisa mendatangkan penghasilan yang lumayan lho!Modalnya hanya untuk bahan-bahan serta kemasan jika misalnya Anda sudah punya alat-alat untuk membuat kue. Untuk pemasarannya sendiri, selain lewat keluarga, rekan dan teman-teman dekat atau teman-teman sekolah dulu, Anda juga bisa mempromosikannya langsung lewat media sosial. Sebagai langkah awal, coba lakukan pre order agar kue yang dibuat tidak bersisa terutama untuk kue-kue yang tidak tahan lama. Namun bila dirasa masih bingung dan malu mempromosikannya secara langsung, Anda bisa coba memakai software penjualan kue baik itu yang berbasis web maupun Android untuk memasarkan kue-kue buatan Anda. Nah, salah satu contoh aplikasi penjualan kue berbasis Android adalah seperti m-commerce. 

5. Dropshipper & Affiliate Online Shop: Berbisnis Tanpa Modal? Bisa Banget!

Jika Anda benar-benar tak punya modal, namun pengen berbisnis maka menjadi dropshipper adalah salah satu jalan yang bisa ditempuh. Secara umum, definisi dropshipper adalah orang yang menjual produk milik orang lain, namun tak harus menyetok dan mengirimkan pesanan produk tersebut kepada konsumen. Lantas, siapa yang akan mengirimkan pesanan tersebut kepada pembeli?Pihak yang bertugas mengirim pesanan itu nantinya adalah produsen atau pihak ketiga misalnya supplier. Tugas dropshipper hanya memasarkan produk tersebut kepada konsumen lalu meneruskan pesanan produk itu kepada mereka. Selain dropshipper, Anda juga bisa mencoba bisnis affiliate online shop. Untuk menemukan berbagai online shop yang menawarkan sistem affiliate ini, Anda harus membuka aplikasi

marketplace online terlebih dahulu untuk mencari tahu apakah menyediakan sistem affiliate atau tidak.  Lalu, bagaimana dengan prinsip kerjanya? Sebenarnya prinsipnya kurang lebih sama dengan dropshipper. Anda menjual barang atau jasa milik orang lain misalnya dari sebuah brand. Ketika ada konsumen yang berhasil membeli barang tersebut, maka Anda akan mendapatkan komisi dari sang pemilik brand. Jadi, Anda tak perlu mengeluarkan modal dalam bisnis ini. Cukup tawarkan produk tersebut supaya mau dibeli oleh konsumen. Jenis usaha seperti ini sangatlah cocok ditekuni oleh mahasiswa atau karyawan. 

6. Franchise atau Waralaba: Modal Kecil, Brand Terkenal, Keuntungan pun Menjanjikan!

Usaha yang dijalankan dalam bentuk kemitraan dengan perusahaan yang brand-nya sudah punya nama ini telah dikenal luas di tengah masyarakat. Dengan modal yang tak terlalu besar, Anda dapat memulai bisnis dengan menjual produk dari brand ternama untuk Anda kembangkan sendiri. Salah satu keuntungan menjual produk dengan brand terkenal seperti ini adalah Anda tak perlu repot-repot memperkenalkannya lagi kepada konsumen.Beberapa kunci penting dalam memilih sistem

franchise

terbaik adalah diantaranya memilih mitra bisnis waralaba yang terpercaya, jenis bisnisnya hingga peluang usaha waralaba mana yang sekiranya paling diminati oleh masyarakat. Nah, demi memudahkan Anda untuk menjalankan usaha waralaba Anda ini, maka tak ada salahnya mencoba menggunakan berbagai sistem

franchise

terbaik yang sudah banyak beredar di internet sekarang ini termasuk diantaranya software atau aplikasi stok barang .Beberapa contoh software usaha franchise populer yang banyak dipakai oleh para pemilik franchise adalah seperti FreshCheq, Chetu, Qontak.com, NetSuite, mHelpDesk, FranConnect, Equip, dan lain-lain. Software-software tersebut terutama Equip adalah salah satu contoh aplikasi yang punya sistem teknologi

software

ERP terbaik untuk mengelola bisnis franchise atau waralaba Anda. Anyway, selain keenam usaha bermodal kecil yang menjanjikan di atas, ada juga beberapa contoh usaha lain yang bisa Anda coba. Berikut beberapa diantaranya:

  1. Bisnis UKM dan UMKM. Saat ini, jenis UKM dan UMKM dengan modal terbatas dan produk yang beragam sudah semakin menjamur di seluruh Indonesia. Namun berbeda dari perusahaan besar yang sudah profesional dan ahli dalam melakukan pembukuan, masih ada banyak pebisnis UKM yang tidak tahu cara melakukan pembukuan akuntansi. Disinilah peran berbagai software akuntansi UKM sangatlah diperlukan. Aplikasi akuntansi UKM yang dimaksud bisa membantu para pebisnis untuk melakukan pencatatan transaksi serta pembukuan usaha mereka dengan mudah. Beberapa contoh software akuntansi berbasis cloud yang dimaksud adalah seperti SiApik, Lamikro, Finansialku, BukuWarung, dan masih banyak lagi
  2. Bisnis Fashion. Termasuk diantaranya adalah bisnis penjualan kaos atau baju kasual maupun pakaian yang akan digunakan dalam acara-acara tertentu seperti pakaian muslimah, hingga aksesoris seperti jilbab dan lain-lain. Untuk meningkatkan keuntungan bisnis fashion pakaian seperti ini, Anda harus mencoba menggunakan berbagai software fashion atau aplikasi fashion terbaik yang sekarang sudah banyak dipakai oleh para pebisnis fashion
  3. Budidaya berbagai tanaman hias yang digemari para kolektor dan pecinta tanaman
  4. Usaha ternak ikan konsumsi seperti ikan lele, nila, dan lain-lain
  5. Bisnis katering makanan untuk berbagai acara spesial seperti pernikahan, ulang tahun, anniversary, acara kantor, dan masih banyak lagi
  6. Budidaya berbagai jenis ikan hias seperti cupang, channa, koi, dan lain-lain
  7. Coffee shop atau kafe kekinian. Umumnya, Anda yang punya modal lumayan bisa mencoba bisnis yang sedang banyak digandrungi oleh para kawula muda saat ini
  8. Jual foto-foto hasil jepret atau koleksi ke berbagai situs terkenal seperti Shutterstock, Freepik, Fiver, Unsplash, dan sebagainya
  9. Menjual paket sayuran dan bumbu-bumbu seperti paket sayur bayam, sop, lodeh, asam, tumis, dan lain-lain
  10. Usaha katering makanan sehat misalnya untuk vegetarian, dari bahan organik, ataupun diet keto atau paleo
  11. Jual pulsa dan kuota internet

Demikianlah beberapa contoh usaha modal kecil yang menjanjikan di tahun 2023. Tertarik mencoba salah satunya? Take your action sekarang juga!


You Might Also Like