Contoh Laporan Keuangan Bulanan Excel

contoh_laporan_keuangan_bulanan_excel

Sebagai pihak yang ikut bertanggung jawab dengan perkembangan perusahaan secara keseluruhan, anda tentu harus mampu mengawasi dan mengelola bisnis dengan benar. Salah satu cara sederhana untuk mengetahui kondisi dan perkembangan bisnis adalah melalui laporan keuangan. Seperti yang sudah kita bahas sebelumnya bahwa laporan keuangan bertujuan untuk memberikan informasi mengenai posisi keuangan, kinerja keuangan dan arus kas yang bermanfaat bagi pihak pengguna laporan. Selain itu, laporan keuangan juga menjadi hasil pertanggungjawaban manajemen atas penggunaan sumber daya yang dipercayakan oleh perusahaan kepada mereka.

Mengapa Harus Membuat Laporan Keuangan Bulanan Excel?

Kali ini pembahasan kita akan lebih fokus pada pembuatan laporan keuangan bulanan excel. Dalam bisnis apapun, anggaran yang dibuat tidak akan berarti jika anda sendiri tidak mengetahui dengan pasti tentang jumlah pengeluaran dan pemasukan. Hal inilah yang memicu kenapa perusahaan harus membuat laporan keuangan bulanan. Jadi setelah membuat anggaran, anda harus membuat laporan keuangan bulanan yang berisi rangkuman pemasukan dan pengeluaran. Untuk membuat ini semua, anda tentu memerlukan catatan transaksi pengeluaran harian kan? Nah, jika dulu semua anggaran dan catatan dicatat secara manual di buku. Maka saat ini ada banyak aplikasi yang bisa membantu anda membuat anggaran hingga laporan keuangan. Salah satunya adalah aplikasi Microsoft Excel. Pembuatan laporan keuangan di excel juga mempermudah pekerjaan anda karena praktis.

Bagaimana Cara Membuat Laporan Keuangan Bulanan Excel

Setelah tahu alasan kenapa anda harus membuat laporan keuangan bulanan, maka selanjutnya anda harus tahu bagaimana cara membuat laporan ini. Berikut ini adalah beberapa tahapan membuat laporan bulanan keuangan yang harus anda ketahui:

  1. Mencatat Transaksi Pengeluaran Harian

Mengingat dalam menyusun anggaran diperlukan catatan transaksi pengeluaran harian, maka anda harus menyediakan space sendiri untuk melakukan pencatatan. Anda mungkin bisa mencatat di smartphone karena benda ini adalah benda yang sulit terpisahkan dari kehidupan anda. Setiap malam, anda bisa memindahkan catatan pengeluaran harian dari smartphone ke sheet anggaran yang sudah anda buat tadi.

  1. Melengkapi Data Anggaran Bulanan

Sebelum mulai membuat laporan, anda harus mempersiapkan dan melengkapi data-data yang dibutuhkan seperti data pemasukan dan pengeluaran pada file Anggaran Bulanan ini. Sebisa mungkin anda harus mengisinya dengan lengkap dan teliti. Jangan sampai ada transaksi yang terlewat ya..

Jadi dalam file excel, anda bisa membuat pos pengeluaran dan pos pemasukan dalam satu sheet. Pastikan untuk memberikan highlight warna yang berbeda agar anda lebih mudah dalam membaca anggaran ini.

Nah, setelah catatan pengeluaran dan anggaran bulanan tersedia, maka selanjutnya anda bisa membuat laporan keuangan bulanan excel. Beberapa poin yang bisa anda masukkan dalam laporan ini adalah sebagai berikut:

  • Pos Pendapatan (Perkiraan pendapatan, pendapatan yang sebenarnya dan selisih)

  • Pos Pengeluaran (Perkiraan pengeluaran, pengeluaran yang sebenarnya dan selisih)

  • Saldo pendapatan dan pengeluaran

Membuat Pembukuan Hingga Laporan Keuangan Untuk Bisnis Anda

Dalam menjalankan sebuah bisnis, penting bagi anda untuk melakukan pembukuan. Pembukuan akan membantu anda dalam mengatur keuangan, mengambil keputusan dan juga menentukan kebijakan ke depannya. Bagi orang awam mungkin pembukuan terlihat rumit dan membingungkan. Padahal kenyataannya, jika anda memahami langkah-langkah pembuatannya maka tidak ada yang rumit atau membingungkan. Untuk itulah berikut ini kami membagikan beberapa cara membuat pembukuan hingga laporan keuangan:

  1. Mengumpulkan dan Menganalisis Bukti Transaksi

Langkah pertama untuk membuat pembukuan adalah dengan mengumpulkan semua bukti transaksi seperti bukti pembayaran, bukti penerimaan dan lain sebagainya. Kemudian lakukan identifikasi terhadap bukti-bukti tersebut agar keabsahan nilai dan status transaksinya pasti.

  1. Membuat Jurnal Transaksi

Setelah bukti transaksi selesai dianalisis, maka anda harus mencatatnya ke dalam jurnal transaksi. Sebaiknya anda mencatat transaksi secara rutin setiap kali transaksi terjadi agar tidak ada kesalahan dalam proses pencatatan.

  1. Memindahkan Transaksi Ke Buku Besar

Setelah selesai mencatat transaksi ke jurnal maka anda harus memindahkannya ke buku besar. Jika di jurnal, akun-akun tercatat sesuai dengan jenis transaksinya (seperti penjualan, pembelian, dll). Maka untuk buku besar, pengelompokan dilakukan berdasarkan akun masing-masing.

  1. Membuat Neraca Saldo

Langkah selanjutnya adalah membuat neraca saldo (trial balance). Neraca ini biasanya dibuat setiap menjelang penutupan buku untuk memastikan bahwa total nilai debit dan kredit sama atau seimbang. Nah, jika dalam neraca saldo ini ternyata total nilai debit dan kredit tidak sama, maka ada dua kemungkinan yang bisa terjadi. Kemungkinan pertama, ada transaksi yang belum dicatat dan kemungkinan kedua adalah adanya transaksi yang salah perhitungan.

  1. Membuat Laporan Keuangan

Langkah terakhir adalah membuat laporan keuangan. Laporan ini menjadi poin yang sangat penting dalam menjalankan sebuah perusahaan. Perlu anda ketahui bahwa laporan keuangan merupakan salah satu produk Akuntansi yang terdiri atas Laporan Laba Rugi, Laporan Perubahan Modal, Laporan Neraca dan Laporan Arus Kas.

Untuk memudahkan anda dalam mengelola laporan keuangan, akan lebih baik jika anda menggunakan sistem keuangan yang terintegrasi seperti Ukirama ERP. Sistem keuangan yang satu ini mampu mencatat, menganalisa dan mengatur keuangan dan akuntansi bisnis anda dengan berbagai fitur dan layanan yang ditawarkan. Beberapa fitur keren dari Ukirama ERP adalah manajemen stok, pembelian, penjualan, pengelolaan SDM, manufaktur, reparasi hingga sistem akuntansi. Tidak hanya itu, Ukirama ERP juga menampilkan laporan secara terperinci dan terintegrasi dengan bagian akuntansi.

Anda bisa mendapat informasi lebih lengkap mengenai Ukirama ERP di sini..


You Might Also Like